Kesalahan Fatal Yang Sering Terjadi Dalam Website Toko Online

online shopp

Menjalankan bisnis online dengan berjualan suatu produk dengan memanfaatkan website toko online memang sangat menarik. Dengan memiliki sebuah website #toko online, Anda bebas memajang barang atau produk yang akan Anda jual. Tak ubahnya sebuah toko offline, toko online juga memerlukan penataan yang baik untuk memaksimalkan penjualan terhadap produk Anda.

Tak jarang banyak kita temui masih banyak toko online yang terkesan asal – asalan dalam menjajakan produknya. Hal ini menjadikan sebuah toko online tidak bisa menghasilkan pendapatan yang maksimal. Ada banyak kesalahan dasar yang sangat disayangkan sekali terjadi pada sebuah website toko online. Apakah #website toko online Anda termasuk di dalam nya, simak ulasan berikut ini.

1. Foto Produk Sama Sekali Tidak Jelas

Kesalahan yang sungguh disayangkan jika ini terjadi pada sebuah website toko online. Foto produk pada sebuah toko online bisa diibaratkan sebagai ujung tombak pertama kali dalam menarik pelanggan atau konsumen. Bagaimana Anda bisa mendapatkan konsumen jika gambar atau foto produk yang Anda pajang dalam toko online Anda sama sekali tidak jelas.

Bukan pelanggan yang Anda dapatkan, bahkan pelanggan yang masuk dalam toko online Anda akan segera pergi dan tidak akan pernah kembali lagi. Untuk itu, kesalahan mendasar ini jangan sampai Anda buat dalam toko online Anda.

Artikel lain: Inilah 6 Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri

2. Tidak Lengkapnya Detail Produk yang Anda Jual

Detail produk dalam sebuah toko online harus ada dan berikan informasi yang selengkap – lengkapnya. Informasi yang Anda pasang pada website toko online Anda sangat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap keseriusan atau kredibilitas website toko online Anda.

Selain itu, Karena berbelanja online pelanggan tidak bisa melihat secara langsung produk yang Anda jual, maka hanya dengan detail produk yang lengkap, jelas dan mudah dimengerti pelanggan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan pada produk Anda.

Detail produk bisa Anda isi dengan deskripsi sederhana produk Anda, warna, bentuk barang atau juga bisa Anda isi dengan ukuran jika ada. Dan jangan dilupakan, yang paling penting adalah harga serta ketersediaan produk yang Anda jual.

3. Keadaan Barang yang Tidak Sesuai Dengan Foto Di Website

Sangat fatal jika sampai ini terjadi terhadap bisnis yang Anda kelola. Kepercayaan dari pelanggan adalah segalanya dalam dunia jual beli online. Sekali Anda tidak bisa memberikan servis yang bagus pada pelanggan, maka niscaya pelangan tidak akan kembali lagi.

Apalagi jika kesalahan yang sangat fatal seperti barang yang tidak sesuai dengan yang di gambar atau juga keterlambatan pengiriman. Kesalahan ini sangat besar pengaruhnya terhadap para pelanggan Anda. Meskipun mungkin kesalahan ini bukan secara langsung kesalahan dari Anda (bisa juga dari jasa pengirim) namun konsumen tidak akan pernah mau tau.




Mereka hanya ingin mendapatkan produk dengan kualifikasi yang ada pada website toko online Anda. Untuk itu, jika terjadi hal yang demikian, sebaiknya segera Anda lakukan tindakan, seperti mengganti barang yang rusak dengan yang baru, atau dengan cara lainnya.

4. Tidak Melakukan Update Ketersediaan Barang

Dalam hal ini yang harus Anda lakukan adalah selalu melakukan cek secara rutin website Anda. Jika memang ada barang yang habis segerla lakukan up dating data. Jangan membuat calon pembeli Anda kecewa dengan produk yang Anda pajang. Banyak toko oline yang jarang melakukan pembaruan terhadap stok mereka, ini sangat tidak baik dalam membangun sebuah komunikasi dengan konsumen.

Kekecewaan dari konsumen bisa menjadi bumerang bagi toko online Anda. Jangan sampai terjadi hal tersebut, lakukan penjadwalan dalam melakukan cek stok produk Anda.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Toko Online

5. Lambat Dalam Merespon Pertanyaan Pembeli

Dalam #bisnis online, semua pelanggan tentu menginginkan serba cepat. Begitu juga dengan respon, pasti akan ada banyak sekali pertanyaan terhadap produk yang Anda pajang pada website toko online Anda. Berikan layanan yang maksimal pada pelanggan, salah satu nya yaitu dengan cepat tanggap terhadap pertanyaan dari pelanggan.

Respon cepat terhadap pertanyaan dari pelanggan bisa menjadi nilai tambah bagi toko online Anda. Pelanggan akan semakin puas dengan pelayanan dari toko online Anda dengan ada nya respon cepat terhadap pertanyaan yang disampaikan.



10 total comments on this postSubmit yours
  1. pemula perlu memahami hal-hal kecil seperti ini, sya juga pernah mengalaminya, terima kasih sudah mengingatkan…

  2. Belum pernah maen toko online nie
    Bisa mencoba berbagai tips di atas nie kayaknya…

  3. wah kalau hal seperti ini dibaca dari awal jadi gak salah langkah nih pak max
    sosial media memang besar sekali pengaruhnya ya, sudah terbukti
    jadi utk yg lain jgn lupakan sosmed dah
    mantap artikelnya berguna banget

    • benar sekali, sosmed bisa menjadi tempat yang potensial untuk sebuah bisnis online

  4. dalam memulai bisnis online pun kita harus juga memikirkan kualitas barang yang di jual,dengan setidaknya memberikan garansi produk agar konsumen tidak merasa was was telah membeli barang dari kita

    • yup, betul sekali

  5. salam pak,
    Pak apalah penting di setiap konten kita berikan share comentar G=? atau cukup FB dan Twiter saja ?

    terima kasih

    • sangat penting sekali, salah satu media untuk memaksimalkan branding Anda, selain itu juga bagus dalam SEO

  6. Setuju pak Max memang biasanya para pemula memang tidak sadar dengan kesalahan-kesalahan kecil yang berakibat fatal karena sibut utk optimasi SEO,
    Terimakasih tips-tipsnya sangat membantu kami.

    • yup, namun demikian jangan juga melupakan SEO sama sekali, semua harus berjalan beriringan dan bersinergi dengan baik

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud