Beranda Bisnis 7 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Toko Online

7 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Toko Online

Cara-Meningkatkan-Trafik-Pengunjung-Toko-Online

Online shop atau #toko online adalah sebuah fenomena yang kini sudah sangat menggeliat di dunia maya. Faktor kemudahan dan kepraktisan dalam berbelanja membuat bisnis toko online selalu meningkat prospeknya dari tahun ke tahun. Peluang besar untuk memperoleh keuntungan dari bisnis online shop memang sangat menggiurkan hingga membuat orang-orang kemudian berlomba-lomba membuat toko online yang menarik. Namun sayangnya meski sudah memiliki toko online ternyata tidak semua orang mampu mendatangkan trafik pengunjung pada toko online-nya.

Memang seberapa penting faktor trafik pada sebuah toko online? Tentu saja trafik sangat penting untuk keberlangsungan toko online Anda. Bahkan tanpa adanya trafik yang berfungsi mendatangkan calon pembeli ini, toko online Anda bisa dikatakan mati suri atau tanpa nyawa. Meski tak menjamin pengunjung yang datang ke toko online Anda pasti membeli, namun dengan semakin banyaknya calon pengunjung yang datang setidaknya prosentase kesempatan Anda mendapatkan pembeli akan lebih besar daripada toko online yang memiliki trafik yang rendah.

Dengan begitu pentingnya peran trafik ini, maka Anda harus mencermati trafik toko online Anda. Jika toko online Anda ternyata memilki trafik yang rendah maka Anda harus segera berbenah. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan trafik pengunjung pada bisnis toko online Anda, yaitu:

Artikel lain: Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat

1. Gunakan Media Sosial

Zaman sekarang toko online yang tidak dilengkapi dengan akun media sosial sepertinya sudah sangat jarang. Keberadaaan media sosial yang sangat membahana tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Sosial media seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram, dan yang lainnya tentu akan sangat membantu untuk meningkatkan trafik toko online yang Anda miliki.

Dengan mencantumkan tautan link di #media sosial yang mengarah pada website toko online Anda, jelas status atau tweet yang ditulis memainkan peran yang besar. Maka dari itu buat semenarik mungkin status atau tweet yang akan Anda bagi agar para pengguna sosial media mau mengklik tautan yang ada.

Fungsi lain jika toko online Anda memiliki media sosial adalah Anda bisa menjalin retensi (hubungan baik) dengan para pelanggan Anda. Akun media sosial pada masa sekarang juga akan menjadikan bisnis Anda terlihat serius, nyata, kompeten, lebih professional dan dapat dipercaya.

2. Daftarkan Produk Pada Katalog Toko Online

Dengan mendaftarkan produk Anda pada Direktori toko online, pengunjung akan berdatangan sehingga trafik website Anda juga akan meningkat. Selain meningkatkan trafik, Direktori toko online juga mampu menambah page rank website Anda. Salah satu direktori yang bisa anda jadikan referensi adalah Directory.Google.com.

3. Mendaftar Pada Mailing List

Milist atau Mailing List adalah grup email yang menghubungkan banyak orang sebagai sarana interaksi dan komunikasi. Untuk lebih meningkatkan trafik, selain mendaftarkan pada direktori, Anda juga bisa mendaftarkan toko online Anda pada Milist. Milist akan Anda peroleh pada hampir semua jenis email yang ada karena ini adalah sebuah layanan.

4. Sering Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog atau website orang lain dengan berinteraksi didalamnya seperti berkomentar dan memfollow blog atau website tersebut. Apa tujuanya? Jelas blogwalking adalah sarana untuk memperkenalkan atau mempopulerkan website toko online Anda.

Dengan semakin seringnya Anda melakukan blogwalking, maka website toko online Anda akan semakin cepat dikenal orang dan semakin banyak pula orang yang akan berkunjung balik pada website toko online Anda hingga akhirnya trafik pun menjadi meningkat.

Artikel terkait: Ini Kegiatan Blogwalking yang Semestinya Dilakukan Blogger

5. Aktif Di Forum Online

Jika ingin serius membangun sebuah toko online, sebaiknya Anda juga bergabung dengan beberapa forum terkenal seperti Kaskus, Indowebster, Detik forum, Kafe gaul, Bersosial, atau forum lainnya. Selain sebagai ajang memperkenalkan website toko online Anda, sebuah forum juga bisa memberikan backlink pada website toko online Anda jika Anda mampu mencuri perhatian forum.

Sebagai tambahan, jika Anda mendapatkan backlink dari situs forum maka trafik website Anda kemungkinan besar akan cepat meningkat. Usahakan pula ikuti forum yang benar-benar berkaitan dengan tema toko online anda. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lancar dalam kegiatan diskusi dan komunikasi.

6. Gunakan Strategi SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization adalah metode mengoptimalkan atau memaksimalkan posisi website di mesin pencari dengan serangkaian proses dengan tujuan agar trafik website yang ditarget bisa meningkat. Dari banyak kasus, tehnik SEO yang benar akan sangat efektif membuat sebuah website mendapatkan trafik potensial yang berasal dari mesin pencari, terutama Google.

Jika website toko online Anda bisa tampil pada halaman pertama mesin pencari, pengunjung yang mengetikkan keyword tertentu akan segera melihat link website toko online Anda dan meng-klik website toko online Anda. Ini berarti peluang mendapatkan pengunjung yang banyak dari search engine akan semakin besar dan kemungkinan terjadinya transaksi juga akan semakin besar.

Baca juga: 3 Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website

Tips cara meningkatkan trafik pengunjung toko online yang telah disebutkan di atas memang kelihatan sederhana. Namun, jika Anda melakukannya dengan benar secara konsisten pasti akan memberikan dampak yang sangat besar bagi kesuksesan toko online Anda.

42 KOMENTAR

  1. Mantaap informasinya semoga makin sukses terima kasih saya jadi lebih tahu

  2. baru tau kalau forum online itu namanya apa saja masih bingung yang namanya forum online,trimakasih infonya bermanfaat sekali

  3. Saat ini memang bisnis online sangat diminati banyak orang, nah mereka pasti menginginkan pengunjung yang mampir ke tokonya. Terimakasih artikelnya sangat menarik

  4. Mas punya daftar link direktori ga ? maaf nih baru soalnya jadi banyak yang ga ngertinya

  5. makasih gan triks nyam membantu, mau nyoba dulu walau pelan-pelan

  6. terima kasih artikel nya, tapi saya coba yg point terakhir, SEO, kenapa selalu salah ya.?. mungkin harus belajar khusus atau ikutan les, mohon info dimana bisa belajar yang murah, dan gampang dimengerti nya.
    terima kasih

  7. Jika sudah rajin posting namun visitor masih dikit kira” kendalanya apa ya gan ? trims ya gan atas info artikelnya…

  8. bermanfaat sekali, saya coba terapkan dan semoga dapat membantu trafik web saya

  9. terima kasih max manroe, sudah lama saya baca referensi internet marketing dari blog Anda, sangat bermanfaat bagi kita untuk belajar dan terus belajar…
    salah satu referensi yang RECOMMENDED …

  10. nanya gan, apa yg mesti kita lakukan saat mengganti template agar traffiknya tetap baik. makasih

  11. Toko Distro Online Indonesia

    artikel yang bermanfaat, saya coba aplikasikan om
    terimakasih

  12. terimakasih artikelnya, semoga dapat membantu menaikkan traffic web saya

  13. Tokobumi Outdoor Gear Store

    artikel yang bermanfaat, saya coba aplikasikan om
    terimakasih

  14. terimakasih atas artikelnya gan ini sangat membantu dan mungkin saya ingin mempelajari tips dari atikelnya gan. namun yang saya mau tanyakan kalau kita rajin posting kira-kira mempengaruhi akan traffic nya ga gan ? terimakasih

    • Kemungkinan besar akan ada trafik dari artikel yang dibuat. Tapi itu masih tergantung bagaimana kita mempromosikan artikel tersebut. Kalau artikelnya dioptimasi dengan SEO maka potensi pengunjung datang dari search engine, tapi kalau promosi via media sosial maka akan sangat dibutuhkan konten yang bisa viral.

  15. Terima kasih atas tips nya mas,
    saya akan coba jalankan, mudah mudahan bisa menghasilkan.
    Boleh sekalian kunjungi web saya di www. sandangku.com
    Sukses selalu mas.

  16. thanks infonya mas, sangat membantu

  17. Itu directory Google nya kok error mas pas saya buka, apa sudah tidak ada layanan untuk direktori lagi?

  18. SegalaLapak.com

    sangat bermanfaat gan mengenai cara meningkatkan pengunjungnya. mampir-mampir kalo pingin kaos kata yang nylekit di hati dan rempela, heheheh

  19. warisan budaya indonesia

    Ijin mempraktekan ilmunya untuk meningkatkan pengunjung ke blog saya warisanbudayaindonesiaonline.com. Maklum, sejauh ini masih sepi. Terima kasih…

  20. mantap kang artikel nya…. oh iya untuk directory google itu kayak google drive ya kang… saya ketik di google seacrh muncul nya google drive…

  21. Yang paling penting adalah bisa membuat web onlineshop bisa dihalaman pertama google dan ini yang sulit dilakukan.. Apkah ada strategi yang jitu?

  22. tambah 1 lagi gan, gunakan web direktori juga bagus untuk meningkatkan visitor

  23. hampir semua dari tujuh cara diatas, sudah ane terapkan..
    tapi karena pake alamat subdomain baru, jadinya wajib kembali menerapkannya..
    tks infonya..

  24. trimakasih, infonya sangat bermanfaat. setelah saya baca artikel bapak saya banyak tw tentang teknik meningkatkan pengunjung toko online, bukan hanya lewat media sosial saja untuk meningkatkan pengunjung toko online, ternyata ada banyak cara teknik meningkatkan pengunjung toko online….terima kasih buat ilmunya pak :-)

  25. Sangat bermanfaat, saya suka artikelnya.. mudah2an olshop saya bisa naik trafiknya setelah mempraktekan tips ini.. trima kasih

  26. Terima kasih gan tipsnya bagus” semoga bermanfaat bagi yang lain juga
    sukses teruss gan!!1

  27. Terima kasih atas ilmu mas. Ini ada pertanyaan : saya punya toko online dgn trafik sekitar 1500 per hari (lihat data dari stat di cpanel awstat). Tapi tingkat konversi mash tergolong kecil sekali. Setelah saya cek ternyata tarik organik justru byk dari mereka yng mencari tarif jne. Kira2 tips apa mas, yang cocok utk onlinestore saya tersebut agar google lebih tertarik dengan link produk bukan link tarif yang memang ada di web saya. Sekali2 sudilah mas manroe kunjungi situs saya diatas untuk ksh komentarnya apakah sdh baik secara optimasi. Terima kasih

    • Data trafik yang tertera pada awstat itu sebenarnya tidak akurat pak, kunjungan bot (robot) juga dihitung sama awstat. Kalau melihat pengalaman pak Sayyid, sepertinya visitor yang datang berasal dari salah satu artikel bapak yang membahas tentang informasi tarif JNE. Jadi memang bukan visitor potensial, itu sebabnya kenapa jarang terjadi transaksi.

  28. Thanks infonya. semoga bermanfaat kawan. boleh kasih saran dong buat toko online kami.

  29. shinta maria sumanti

    Bagi saya yang ingin mengembangkan bisnis online.. membaca tips bisnis max manroe ini favourite saya…btw, search mailing list gimana ya?

  30. Bertambah lagi ilmu pengetahuan tentang cara memajukan dan meningkatkan pengunjung di toko online.
    Terimakasih atas artikelnya…semoga berguna bagi pebisnis toko online. Sukses yaa

  31. Luar biasa ulasan tentang tips meningkatkan trafik pengunjung toko online ini. Semoga sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis di internet. Salam sukses…semua

  32. laksanakan komandan..!! artikel yang bermanfaat, lagi merintis toko online tahun ini mudah-mudahan trafiknya oke & konversinya juga oke..

  33. busana muslim terbaru

    Terimakasih atas artikelnya pak Max sangat membantu kami yang sedang mengembangkan toko online,

  34. Setelah menyimak artikel yang sangat bermanfaat ini, saya yakin ketika saya menerapkannya dikemudian hari akan membawa dampak positif buat blog saya. Terima kasih Pak Max,salam kenal.

  35. grosir micro sd

    thanks, info yang bermanfaat, bagaimana cara daftar mailing list? adakah tutorialnya?

Tinggalkan Balasan