Inilah 6 Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri

toko online

Berbisnis online memang bisa dilakukan dengan modal yang minim. Namun jangan lantas Anda tidak memikirkan modal sama sekali ketika terjun ke dunia #bisnis online. Modal yang sudah Anda miliki bisa dialokasikan pada kebutuhan yang lain untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis online Anda menjadi lebih besar. Jika Anda sedang menjalankan bisnis jual beli online, mengeluarkan sedikit modal untuk menambah pemasukan dalam online shop pastinya bukanlah hal yang buruk.

Jika selama ini Anda berjualan dan menawarkan produk Anda lewat situs marketplace, tidak ada salahnya mencoba membuat website #toko online sendiri. Ada banyak keuntungan ketika Anda memiliki website toko online sendiri. Meskipun mungkin Anda sudah memiliki banyak lapak di berbagai marketplace, namun tidak ada salahnya membuat toko online sendiri untuk memperkuat branding terhadap produk Anda.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan memiliki website toko online sendiri.

1. Lebih Profesional dan Lebih Terpercaya

Dengan memiliki sebuah website, produk Anda semakin terlihat lebih profesional dan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Tujuan Anda dalam mengelola bisnis online yang sedang Anda kerjakan akan lebih terlihat dengan mempunyai website mandiri. Karena dengan selalu nebeng marketplace gratis, tidak akan bisa mengangkat brand produk Anda. Profesionalitas sebuah bisnis online mudah sekali terlihat dengan memaksimalkan sebuah website.

Artikel lain: 7 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Toko Online

2. Keamanan Lebih Terjamin

Anda tidak akan pernah mengetahui seberapa lama sebuah marketplace bisa bertahan. Ada beberapa kasus tutup nya sebuah marketplace secara tiba – tiba. Tentunya ini bisa kita jadikan pelajaran untuk selalu mempersiapkan kemungkinan terburuk dalam sebuah bisnis. Tutupnya sebuah marketplace pasti sangat merugikan bagi para pengelola toko online yang ada di dalamnya.

Sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membangun etalase, namun tiba – tiba tutup. Dalam kasus seperti ini tentu memiliki sebuah website toko online sendiri jauh lebih aman karena yang menentukan adalah Anda sendiri.

3. Lebih Efektif dan Efisien Dalam Mengelola Produk

Anda bisa mengatur sendiri produk Anda tanpa ada yang ikut campur. Anda bisa memaksimalkan fasilitas – fasilitas yang ditawarkan dalam sebuah website yang Anda bangun. Pangsa pasar Anda akan jauh lebih tertarget dan terarah pada produk Anda sendiri. Prinsip efisiensi dan efektifitas bisa Anda terapkan dalam website toko online Anda.

4. Kontrol Penuh Terhadap Situs Toko Online

Jika Anda bergabung ke dalam marketplace, tentu banyak aturan yang harus Anda penuhi. Namun jika Anda memiliki website toko online sendiri, Anda lah yang mengatur semuanya. Mau memajang barang atau produk bebas kita sendiri yang menentukannya.

Bagaimana menampilkan produk, deskripsi maupun katalog dan harga, bebas bisa dilakukan karena ini adalah toko Anda sendiri. Dan hal ini tidak bisa kita dapatkan dari marketplace. Karena marketplace tentu tidak akan memberikan kebebasan dan keleluasaan yang lebih terhadap setiap etalase yang ada di dalamnya.




5. Laporan Keuangan Otomatis

Dengan memiliki website toko online sendiri, Anda tidak perlu berpikir untuk menyewa seorang akuntan. Karena perhitungan keuntungan bisa dilakukan oleh website toko online Anda sendiri. Sewaktu – waktu jika Anda ingin memeriksa laporan keuangan, itu bisa dilakukan bahkan hanya dengan satu klik saja. Fasilitas tersebut saat ini sudah satu paket dalam sebuah website toko online. Jadi bisa sangat praktis dan memudahkan Anda dalam melakukan cek keuangan secara rutin pada toko online Anda.

Baca juga: Tips Sederhana Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

6. Bisa Menentukan Nama Domain Sendiri

Dalam sebuah #website, nama domain adalah suatu yang sangat penting dan harus Anda perhitungkan dengan baik. Maka dari itu kebebasan dalam menentukan sebuah nama domain bisa menjadi kunci sukses Anda dalam berbisnis online.  Karena jika Anda berjualan di marketplace, alamat etalase Anda tentu akan selalu diikuti dengan marketplace yang Anda tempati.

Contoh nya adalah www.marketplace.com/Tokoanda itu jika Anda berada dalam sebuah marketplace. Alamat tersebut tentu tidak berkesan profesional jika dibanding dengan www.Tokoanda.com. Alamat etalase Anda pada marketplace di atas hanya akan membuat etalase Anda berkesan amatiran, beda dengan alamat yang Anda miliki sendiri lewat domain pribadi.



12 total comments on this postSubmit yours
  1. Terkadang saya masih ragu untuk membuat toko online. Tapi setelah membaca postingan ini. Sepertinya saya memang harus memiliki toko online.

  2. saya juga mau buat toko online, saat ini masih jualan di Tokope*** tapi mau mengembangkan produk dan membuat Outlet sendiri.

    numpang belajar ya… :-)

  3. Saya setuju dengan artikel ini
    Sebuah toko online Jika di kelola dengn baik dan benar maka akan mendapatkan hasil yang mksimal tentunya dengan berbagai tips dan strategi bisnis online

  4. Saya memandang Marketplace lebih untuk pengembangan usaha terutama untuk meningkatkan omset penjualan. Karena kita ketahui bahwa kita menawarkan atau menjual produk tidak hanya dalam satu wadah atau model tapi bisa dg berbagai macam. Bisa dengan memiliki toko offline, toko online, di medai sosial, marketplace dsb.

  5. betul sekali pak max, saya sangat setuju dengan artikel di atas. Tapi masih banyak teman-teman kita yang belum sadar pentingnya bisnis melalui Toko online padahal lima tahun ke depan saya yakin semua kegiatan sudah di lakukan secara online

    • memang kelihatannya seperti itu, bisnis online akan “meledak”

  6. Saya sendiri punya akun di marketplace tapi selama ini belum menghasilkan walaupun sudah aktif beberapa bulan, akhirnya sekarang lebih fokus mengelola toko online sendiri dan sekarang sudah lumayan.
    Baik toko online maupun marketplace masing2 punya kelebihan dan kekurangan, tinggal kita mau pilih mana

    • betul sekali, semua memang ada kelebihan dan kekurangan masing – masing

  7. nice sharing

    • trima kasih

  8. Kayaknya tips dalam artikel ini lebih ditujukan untuk pemilik toko online yang punya cukup banyak barang jualan ya, pak? Soalnya kalau cuma punya satu atau dua barang, memiliki toko online sendiri sepertinya kok mubazir. :)

    • tidak juga, meskipun cuma satu dua barang pada awalnya, jika memiliki web toko online sendiri peluang untuk berkembang pasti jauh lebih besar

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud