Kenali 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Fresh Graduate Saat Mencari Kerja Berikut Ini

Image dari Cornonthejob.com

Image dari Cornonthejob.com

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ijazah yang kita miliki memang bukanlah perkara yang mudah. Saat ini sudah mulai banyak perusahaan yang tidak hanya memandang ijazah sebagai acuan utama dalam menerima seseorang untuk bekerja.

Skill dan pengalaman lebih diutamakan untuk mendapatkan karyawan atau pegawai baru. Jika Anda termasuk seorang fresh graduate, tidak usah khawatir selama Anda memang memiliki skill yang mumpuni.

Namun, jika Anda saat ini sedang mencari pekerjaan, ada beberapa hal penting terkait kesalahan seorang fresh garaduate yang sedang mencari pekerjaan yang harus Anda ketahui. Dan, umumnya kesalahan tersebut jarang disadari oleh para fresh graduate ini. Padahal, meski kesalahan yang dilakukan itu mungkin tidak terlalu fatal, namun akan sangat berpengaruh terhadap penilaian perusahaan pada fresh graduate itu sendiri.



1. Cara Berpakaian Tidak Profesional Saat Pertama Kali Interview Kerja

Percayalah, meski ini adalah hal yang sederhana, namun ini sangat berpengaruh sekali terhadap penilaian perusahaan pada Anda. Meski mungkin kemampuan Anda tidak luar biasa, namun jika Anda menggunakan pakaian yang profesional dan proporsional, maka perusahaan bisa jadi lebih respek terhadap Anda.

Sederhananya, jika Anda berpakaian dengan baik, artinya Anda mampu menempatkan diri dan bisa memberikan sesuatu yang pas pada tubuh Anda sendiri. Karena jika Anda asal menggunakan pakaian saja ketika melakukan wawancara kerja, bagaimana perusahaan akan menerima Anda jika pada tubuh sendiri saja Anda tidak bisa memperlakukan dengan baik.

Artikel lain: Ingin Cepat Dapat Pekerjaan Selepas Kuliah? Ada Triknya Kog

2. Sering Merendahkan Nilai Diri Sendiri

Ini juga paling sering terjadi pada para lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan. Kebanyakan dari mereka terlihat seperti minder dan melihat rendah pada dirinya sendiri. Jika Anda adalah seseorang dengan pendidikan yang baik namun Anda melamar pada pekerjaan yang lebih rendah dari pendidikan Anda, maka Anda pun juga akan ditolak. Karena perusahaan sedikit banyak tentu akan mempertimbangkan pendidikan Anda, untuk itu coba hargailah diri Anda sendiri, jangan selalu memandang rendah sehingga hanya berani melamar pekerjaan yang ada di bawah pendidikan yang dimiliki.

3. Fresh Graduate Lebih Banyak Terlalu Fokus Pada Gaji

Boleh saja memilih pekerjaan yang memiliki gaji yang tinggi, namun ada baiknya Anda tidak terlalu fokus di situ. Anda harus memperhatikan juga ilmu dan pengalaman yang akan Anda dapatkan. Artinya meski gaji yang Anda dapatkan saat ini tinggi, namun jika pekerjaan yang Anda kerjakan sama sekali tidak membuat kemampuan dan pengalaman Anda berkembang, maka sebaiknya pilih pekerjaan dengan gaji standar namun memberikan banyak pengalaman dan ilmu.

Karena dengan memiliki pengalaman dan pengetahuan yang baik, ke depan akan bisa mengangkat harga Anda sendiri jika ingin melamar pekerjaan lain. Selain itu, dengan ilmu dan pengalaman yang cukup, bisa saja Anda justru memulai pekerjaan baru tanpa harus menjadi karyawan di perusahaan.

4. Tidak Mempunyai Informasi yang Cukup Mengenai Perusahaan

Ini juga sangat sering terjadi, banyak fresh graduate yang hanya mengirimkan lamaran pada perusahaan tanpa mengetahui informasi lengkap perusahaan tersebut. Ini sebenarnya bisa berbahaya, jika perusahaan tersebut terpercaya dan kredibel mungkin tidak masalah. Namun jika perusahaan tersebut hanya abal-abal dan memiliki niat jahat kepada para pelamar pekerjaan, bukankah itu sangat berbahaya. Maka sebaiknya yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan mengirim lamaran pekerjaan pada perusahaan, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait informasi perusahaan tersebut.

Baca juga: Mengenal Teknik “Jual Diri” Dengan Video CV

5. Kurang Memahami Diri Sendiri

Bagaimanapun juga, ketika Anda ingin mendapatkan pekerjaan tentu perusahaan akan menanyakan berbagai hal kepada Anda. Dan pertanyaan yang akan selalu disampaikan salah satunya adalah tentang kelebihan dan kekurangan Anda. Bagaimana perusahaan akan yakin kepada Anda jika Anda sendiri tidak mengetahui apa kelebihan yang Anda miliki.

Banyak sekali para fresh graduate yang mengesampingkan pengetahuan mereka terhadap diri mereka sendiri, padahal itu sangatlah penting. Jadi ada baiknya jika Anda saat ini termasuk fresh graduate, cobalah untuk mengetahui diri Anda sendiri. Ketahui letak dimana kelebihan Anda dan kekurangannya, kalau sudah memahami, Anda bisa melakukan perbaikan terhadap kekurangan Anda secara perlahan.





1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya setuju dengan point no 3, maunya sih pegawai baru gajinya langsung gede hehee.. ya kan :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud