Ingin Cepat Dapat Pekerjaan Selepas Kuliah? Ada Triknya Kog

Ingin Cepat Dapat Pekerjaan Selepas Kuliah? Ada Triknya Kog

Image dari Linkedin.com
Image dari Linkedin.com

Kuliah adalah jenjang #pendidikan formal terakhir sebelum seseorang terjun ke dunia kerja. Dengan bekal nilai serta pengalaman yang di miliki, para lulusan kuliah akan mulai “berburu” pekerjaan di berbagai tempat. Masalahnya kini pada kenyataannya mencari pekerjaan selepas kuliah bukan hal yang mudah. Bahkan tak sedikit dari para fresh gradute yang harus gigit jari akibat lamarannya selalu ditolak dan ditolak.

Yang harus disadari adalah kini beberapa perusahaan tidak menjadikan nilai atau pengalaman semasa perkuliahan sebagia bahan pertimbangan utama sebelum menerima pelamar. Inilah yang harus benar-benar diperhatikan, bahwa tidak selalu mudah untuk mendapatkan pekerja dengan status kita lulusan perguruan tinggi.

Namun sulit bukan berarti tidak mungkin. Karena masih ada beberapa trik yang bisa dijalankan untuk membantu Anda segera mendapatkan pekerjaan selepas masa kuliah berikut ini.

1. Perhatikan Taraf Gaji Dari Pekerjaan yang Diinginkan

Tips pertama adalah mengetahui informasi tentang taraf gaji dari jenis pekerjaan yang Anda inginkan. Apa pentingnya tahu tentang hal ini? mungkin rekan-rekan sering mendengar adanya pertanyaan jebakan terkait gaji yang diajukan saat wawancara lamaran kerja. Nah sebenarnya itu bukanlah jebakan, karena pada dasarnya kita bisa mencari informasi tersebut terlebih dahulu bahkan jauh sebelum menjalankan tes wawancara.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan informasi yang valid terkait hal tersebut? Cara pertama yakni lewat informasi yang banyak bertebaran di #internet. Kita bisa masuk ke portal penyedia lowongan kerja dan memeriksa umumnya berapa gaji yang ditawarkan atau gaji normal pegawai pada posisi yang Anda incar tersebut. Sumber lain yakni bertanya pada rekan alumnus lain yang mungkin telah bekerja pada posisi tersebut. Ini lebih baik lagi, karena kita benar-benar akan tahu taraf gaji yang tepat dan bisa menilai berapa yang pantas kita dapatkan.

Artikel lain: Mencari Kerja Di Usia “Dewasa”? Ini Dia Tipsnya

Satu hal lain, tetap ingat bahwa Anda adalah seorang fresh graduate. Dari segi gaji tentu akan berbeda dengan pegawai lain yang sudah lama bekerja atau yang telah berpengalaman. Jadilah rasionalkan juga jumlah gaji yang Anda minta berdasarkan fakta tersebut.

2. Besar Kecilnya Perusahaan Tidak Selalu Menjamin

Inilah tips yang kedua yakni jangan terlalu memfokuskan diri hanya pada perusahaan dengan nama besar. Memang tidak ada salahnya mempunyai keinginan bekerja di perusahaan besar dan bonafit. Namun ketika fokus kita untuk segera mendapatkan pekerjaan, maka kurang bijak jika kita berkeras mengincar posisi di perusahaan bergengsi.

Faktanya, nama besar perusahaan tentu akan menciptakan persaingan yang besar. Dan fakta kedua, perusahaan besar belum tentu akan menjamin karir kita melesat lebih cepat. Karena dengan banyaknya peminat, tentu perusahaan besar akan lebih berhati-hati baik dalam pemberian gaji maupun peningkatan jenjang karir.

Sebaliknya di perusahaan yang tidak terlalu besar, terkadang justru lebih concern bagaimana meningkatkan kemampuan para karyawannnya. Terlebih jika memang Anda mempunyai kemampuan yang lebih, tentu akan lebih mudah terlihat oleh atasan.

3. Mampu Menakar Kemampuan

Setiap perusahaan manapun tentu berharap karyawan yang masuk nantinya bisa bekerja dengan maksimal tanpa ada masalah yang berarti. Nah dari sisi kita sebagai pelamar, mengenali kemampuan diri adalah salah satu cara agar nantinya kita bisa bekerja dengan maksimal.

Jangan remehkan hal yang satu ini, kenali betul-betul seperti apa kelebihan dan kekurang kita. Dan ketika nanti kita mengetahui detil job description dari pekerjaan yang akan kita ambil, maka kita bisa menjawab apakah pekerjaan tersebut benar-benar bisa kita kerjakan dengan baik atau tidak.

Baca juga: Renungan Pengangguran, Tingkatkan Kualitas Diri Meski Belum Mendapat Pekerjaan

Usahakan untuk tidak memaksakan diri ketika sudah mengetahui bahwa pekerjaan itu nanti bakal sulit untuk Anda lakukan. Alasan yang pertama karena jika nanti kita tidak maksimal, maka resiko dipecatpun akan semakin tinggi. Dan yang kedua yakni, ketika kita dipecat dengan rekomendasi kinerja yang buruk, bukan tidak mungkin perusahaan lain juga akan berfikir dua kali sebelum menerima kita.

Beberapa hal di atas bisa menjadi saran berguna ketika akan melamar pekerjaan. Pertimbangkan dengan baik dan yang tak kalah penting adalah bersabar serta terus berusaha. Karena mungkin saja jalan kita menemukan pekerjaan akan sangat sulit, tapi jika sekali bertemu itu akan menjadi batu loncatan karir Anda menuju kesuksesan luar biasa.

1 KOMENTAR

  1. makasih gan, ijin coba. berguna banget infonya.

Tinggalkan Balasan