Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Dari Hobi

Image dari Lifestyle.com.au

Image dari Lifestyle.com.au

Mengelola dan menjalankan bisnis dari hobi tentu adalah keinginan kebanyakan orang. Kebanyakan dari mereka melihat betapa menyenangkannya menjalankan bisnis sembari menyalurkan kesenangan atau hobi mereka. Meski kelihatan menyenangkan, namun sebenarnya tak semudah yang dibayangkan meski kita menjalankan bisnis yang didasarkan dari kesenangan atau hobi kita.

Selalu ada kelebihan dan kekurangan dalam berbagai sudut pandang, apalagi dalam dunia bisnis. Demikian halnya dengan berbisnis dari hobi ini, tentu ada banyak kelebihan. Begitu juga sebaliknya, kekurangan pun juga tidak bisa kita kesampingkan. Di bawah ini adalah sedikit dari sekian banyak kelebihan dan kekurangan menjalankan bisnis dari hobi.

Kelebihan Menjalankan Bisnis Dari Hobi

1. Lebih Menikmati, Karena Pada Dasarnya Sudah Hobi



Tentu saja perasaan lebih menikmati akan mudah didapatkan dari menekuni bisnis berdasarkan hobi. Karena memang pada dasaranya sudah mencintai kegiatan tersebut, maka ketika kesenangan atau hobi kemudian dikomersilkan tentu tidak ada masalah. Apalagi jika kemudian Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut, saya yakin akan semakin membuat Anda mencintai bisnis tersebut. Sehingga bisa membuat Anda tetap happy saat bekerja.

Artikel lain: 6 Kiat Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

2. Sangat Memahami Pekerjaan

Karena dijalankan dari hobi, saya yakin Anda akan sangat memahaminya. Taruh saja misalnya Anda hobi bola, maka dengan sendirinya Anda akan memahami seluk beluk tentang sepakbola. Mulai dari nama pemain, stadion, klub dan sebagainya.

Nah, dari situ bisa menjadi modal yang berharga jika Anda ingin mengembangkan hobi Anda ke dalam dunia bisnis. Pemahaman terhadap pekerjaan ini sangat penting ketika Anda terjun langsung ke dalam dunia bisnis.

3. Keinginan Tinggi Untuk Berkembang

Saya yakin Anda ingin selalu mengembangkan kemampuan Anda ketika Anda menyukainya. Hobi juga demikian, misal Anda hobi memasak, maka tentu Anda akan selalu berusaha mengembangkan kemampuan dalam dunia memasak. Nah, ini bisa menjadi kelebihan Anda ketika Anda menjadikan hobi masak Anda ini sebagai bisnis. Dan tentu saja ini bisa membuat bisnis yang Anda bangun akan selalu berkembang dan tetap eksis ke depan.

Kekurangan Menjalankan Bisnis Dari Hobi

1. Bisa Membuat Terlena

Ya terlena, kenapa terlena, itu bisa terjadi karena Anda menyenangi hobi Anda. Sering orang yang menjalankan bisnis dari hobi kemudian terlena dan tidak fokus kepada bisnis yang sedang dibangun. Karena mereka tidak bisa lagi berpikir bahwa hobi yang ia tekuni sekarang sudah menjadi sebuah bisnis yang menuntut perhatian yang lebih dari mereka.

Pada hal ini, yang sering terjadi adalah hanya menyalurkan hobi dan bersenang-senang semata tanpa memikirkan bisnis sama sekali. Anda perlu waspada, ini sering terjadi.

2. Kesulitan Dalam Pemasaran

Ini sebenarya tergantung Anda sendiri bagaimana cara memasarkannya. Namun perlu Anda ketahui bahwa kasus seperti ini juga banyak terjadi di sekitar kita. Karena hobi tidak sama, maka cara memasarkan bisnis dari hobi ini juga tidak boleh sembarangan.

Jika Anda hobi tinju lalu berbisnis peralatan tinju, maka kemudian jangan Anda memasarkan bisnis Anda pada komunitas balet, begitu contoh sederhananya. Dari sini tentunya Anda sudah bisa meraba bagaimana jika nantinya ingin berbisnis dari hobi.

Baca juga: Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Dari Hobi

3. Hobi Yang Tak Cukup Menjual

Kekurangan selanjutnya adalah, tidak semua hobi juga bisa laku dijual. Tidak sama hobi masyarakat di daerah pedesaan dengan daerah perkotaan. Tidak bisa Anda memukul rata dengan menyamakan apa yang disenangi di kota dengan di desa. Ada baiknya jika Anda ingin berbisnis dari hobi, lakukan riset terlebih dahulu. Seberapa besar hobi Anda itu juga digemari oleh banyak orang dan bisa “dijual”.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan berbisnis dari hobi yang bisa kami bagi. Bukan bermaksud untuk menghalang-halangi Anda untuk menjalankan bisnis dari hobi, namun lebih kepada agar kita bisa bertindak lebih bijak ketika ingin berbisnis. Saya kira masih ada banyak poin lagi terkait kelebihan dan kekurangan bisnis dari hobi ini, bisa Anda tambahkan sendiri.





3 total comments on this postSubmit yours
  1. Kalau untuk pemasaran, kita bisa gabung ke grup untuk hobi kita tsb. Misalnya saya hobi berkebun dan jualannya juga sesuai hobi, ya gabung ke grup berkebun dan aktif juga di forum2 se tema :) .

    • betul sekali mas, biasanya temen-temen yag berbisnis dari hobi juga menjalin relasi dari komunitas yg sama

  2. Menjalankan bisnis dari hobi itu kita bisa lebih bergairah dalam menjalankan nya Sehingga kesempatan sukses itu akan lebih cepat diraih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud