Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Dari Hobi

Image dari Picjumbo.com

Image dari Picjumbo.com

Menjalankan bisnis dari hobi atau passion adalah sesuatu yang sangat membahagiakan. Karena selain bisa menyalurkan hobi, tentu saja kita akan mendapat keuntungan dari aktifitas bisnis tersebut.

Keuntungan pasti akan Anda dapatkan, namun tentunya dengan catatan bahwa bisnis dari hobi yang teman-teman kelola tersebut bisa diterima oleh orang lain. Karena namanya orang tentu memiliki hobi yang tidak sama. Inilah masalah yang sering muncul, ketika seseorang memutuskan untuk menjadikan hobi sebagai bisnis.

Karena perbedaan hobi, kita sebagai pengelola bisnis dari hobi harus jeli juga dalam memasarkan bisnis kita. Karena hobi kita belum tentu juga merupakan sesuatu yang dibutuhkan orang lain. Maka dari itu, menentukan strategi yang tepat sangat disarankan untuk memasarkan bisnis seperti ini.

1. Pakai Produk Anda Sendiri

Apapun jenis bisnis dari hobi yang tengah teman-teman kembangkan, pakailah atau manfaatkanlah. Jika bisnis yang tengah Anda kerjakan menjual sebuah produk, maka gunakan produk tersebut. Jika Anda menawarkan jasa, ya pakai jasa tersebut dan manfaatkan dengan baik. Atau setidaknya Anda bisa membuat t-shirt yang bertuliskan merek Anda.

Maksudnya apa? ini adalah salah satu bentuk #promosi sederhana yang akan sangat berpengaruh terhadap bisnis. Bagaimana Anda mengajak orang lain, jika Anda sendiri tidak memberi contoh untuk mengambil manfaat dari bisnis yang Anda tawarkan. Ini akan sangat bagus untuk meningkatkan kemungkinan orang lain penasaran dan ingin tahu tentang bisnis Anda.

Artikel lain: Ingin Hobi Jadi Bisnis? Jawab Pertanyaan Ini Dulu Agar Sukses

2. Komunikasikan Bisnis Secara Elegan

Membicarakan bisnis yang sedang dikerjakan secara tidak langsung sama dengan berpromosi. Namun berbicara sedikit berbeda dengan berpromosi, usahakan dalam berbicara jangan sampai Anda menyampaikan sesuatu yang berupa ajakan atau yang bersifat penawaran.

Bicara saja tentang bisnis yang sedang digeluti, bagaimana manfaatnya pada orang lain. Orang akan muak jika Anda selalu bicara dengan topik yang intinya berpromosi. Mereka lebih respek jika Anda memberikan informasi yang secukupnya mengenai bisnis Anda, biar mereka sendiri nantinya yang memutuskan. Begitu akan lebih efektif.

3. Bisnis dari Hobi Membutuhkan Jaringan Kuat

Jadilah anak gaul, jangan hanya Anda fokus di dalam saja. Pergaulan sangat penting untuk mendorong perkembangan bisnis seperti ini. Bergaullah dengan berbagai kalangan agar bisnis Anda lebih banyak dikenal orang.

Dengan memperbanyak pergaulan, dengan sendirinya Anda akan bisa membangun jaringan bisnis entah itu dengan sahabat, teman atau dengan temannya teman, pokoknya siapa saja. Ketika jaringan sudah terbentuk, ini akan memudahkan Anda dalam melakukan strategi promosi pada bisnis Anda. Selain juga tentunya akan semakin mudah mengenalkan bisnis pada mereka yang sudah Anda kenal.




4. Maksimalkan Potensi Komunitas

Tentunya hobi yang Anda kerjakan ada yang sama dengan orang lain, nah maksimalkan itu. Jika Anda hobi burung kicau, maka maksimalkan keberadaan komunitasnya. Caranya bagaimana, pertama tentu Anda juga harus ikut #komunitas itu juga. Atau kalau belum ada sebuah komunitas dari hobi yang Anda geluti, Anda bisa membuat komunitas sendiri.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menjaring teman dalam sebuah komunitas. Anda bisa membuat group #Facebook, atau membuat fanspage. Kemudian dari masing-masing anggota komunitas bisa saling memanfaatkan untuk menjalankan bisnis.

Baca juga: Hobi Makan? Manfaatkan Menjadi Peluang Bisnis Ini

5. Jadikan Orang di Sekeliling Sebagai Agen Promosi

Selalu manfaatkan orang-orang yang berada di sekeliling Anda dalam berpromosi. Maksimalkan keberadaan mereka sebagai salah satu sarana berpromosi untuk bisnis Anda. Jika bisnis Anda menawarkan sebuah produk barang, tidak ada salahnya jika Anda memberikan penawaran harga spesial bagi mereka.

Jika produk Anda berupa jasa, Anda bisa memberikan service lebih pada mereka. Dengan memberikan sesuatu yang menarik pada mereka, tentu akan membuat mereka puas dengan produk Anda. Ini dimaksudkan agar mereka dengan sendirinya bisa memberikan sebuah testimoni atau apapun yang bersifat promosi pada yang lain.

Nah, mengerjakan bisnis dari hobi memang menarik, namun juga harus membuat rencana bisnis yang matang untuk mendapatkan sukses. Strategi dalam bisnis seperti ini tidak sama dengan strategi bisnis-bisnis yang berorientasi pada kebutuhan dasar masyarakat.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud