6 Kiat Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Image dari Biggone.com

Image dari Biggone.com

Hobi adalah suatu kegiatan yang disukai oleh seseorang. Baik dalam olah raga, seni maupun di dalam berbisnis. Dan akan sangat menyenangkan tentunya jika kita menjadikan hobi kita sebagai peluang bisnis yang mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Banyak pebisnis yang sukses menjalankan suatu bisnis yang berasal dari hobi mereka. Faktor yang membuat kita sukses menjalankan bisnis yang berdasarkan hobi adalah karena kita mengerti betul akan hobi tersebut. Kita mengerti bagaimana membuat hobi tersebut menjadi menyenangkan. Karena faktor tersebutlah maka sangat disarankan mengubah hobi menjadi peluang bisnis. Selain kita bergelut dengan hobi, kita pun mendapatkan penghasilan yang tidak main-main lagi.

Dan berikut kami rangkum beberapa kiat mengubah hobi menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, semoga menjadi referensi Anda untuk mengubah hobi Anda menjadi bisnis yang sukses.



1. Cari Tahu Hobi Anda

Pertanyaan ini mungkin terdengar sedikit konyol. Mengapa demikian? Setelah melakukan survey kecil-kecilan, terbukti sebagian orang masih bingung dengan hobinya. Lalu bagaimana bisa kita menentukan sebuah peluang bisnis jika hobi kita saja masih membingungkan.

Jadi hal yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu apa hobi Anda, kegiatan apa yang membuat Anda merasa nyaman dan menyenangkan, kegiatan apa yang membuat Anda rela membayar untuk melakukan hal tersebut. Setelah Anda mampu menjawab pertanyaan tersebut, sudah dipastikan hobi yang Anda sukai berpotensi untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Artikel lain: Inilah 7 Jenis Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Anda

2. Tentukan Hobi yang Menjual dan Anda Sukai

Selain hobi tersebut Anda sukai, kriteria lainnya adalah hobi yang menjual. Jelas sudah karena tujuan Anda menggali hobi tersebut untuk mendatangkan potensi mendapatkan keuntungan. Jadi hobi tersebut haruslah menjual.

Contohnya jika Anda hobi memancing. Memancing adalah hobi yang terbilang universal, siapapun dapat melakukannya. Untuk mendapatkan keuntungan dari hobi memancing Anda dapat menjual aksesoris atau peralatan memancing. Tentunya jika Anda hobi memancing, Anda akan tahu persis peralatan apa saja yang baik untuk digunakan memancing.

Selain itu Anda dapat membuka #peluang usaha tempat pemancingan, sudah tidak asing lagi dan banyak yang membuktikan kesuksesannya. Jadi hobi apa yang Anda sukai dan pastikan harus memiliki sisi yang menjual.

3. Kenali Dengan Baik Target Pasar Anda

Setelah Anda menentukan hobi Anda yang berpotensi mendapatkan keuntungan maka langkah selanjutnya dengan mengenal baik pasar yang Anda target. Dengan bekal hobi tersebut tentunya Anda memahami betul apa yang konsumen sukai dan tidak disukai.

Contohnya jika hobi Anda pada fashion Anda harus memahami perkembangan pasar. Trend apa yang saat ini berkembang dan sedang di cari penggemar fashion, apakah pasar yang Anda target lelaki atau perempuan, model fashion apa yang saat ini sudah tidak banyak diminati konsumen, dan banyak informasi lainnya. Ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

Jika Anda menentukan target pasar dengan baik, maka akan lebih powerfull untuk mengembangkannya. Jangan lupa dukungan teknis lain seperti pemasaran dan teknik-teknik lain untuk Anda kuasai.

4. Membangun Komunitas

Jika kita membicarakan mengenai hobi, maka erat kaitannya dengan #komunitas. Komunitas adalah pasar yang sangat potensial yang harus Anda libatkan. Oleh karena itu sangat penting untuk membangun sebuah komunitas tersebut. Selain untuk menjaring pelanggan, komunitas berperan untuk memperluas jaringan Anda, memperkaya pengetahuan mengenai hobi tersebut dan mengikuti perkembangan yang saat ini sedang di cari.

Perlahan-lahan mulailah untuk membangun sebuah komunitas dengan cara mempromosikan diri Anda pada komunitas-komunitas yang berhubungan dengan hobi Anda. Contohnya jika Anda hobi memodifikasi sepeda motor, maka masuklah pada komunitas pecinta modifikasi. Tentunya hal ini sangat mudah jika Anda salah satu pecinta modifikasi bukan. Setelah itu mulailah perlahan-lahan untuk membangun sebuah komunitas Anda sendiri.

5. Jeli Melihat Persaingan

Di dalam berbisnis akan selalu ada persaingan. Persaingan diibaratkan cambuk pemacu Anda dan memotivasi diri untuk memenangkan kompetisi. Jangan terlena dengan hasil yang sudah dicapai. Walaupun kita memiliki kedekatan pada penggemar hobi yang sama tersebut, tapi jangan menutup mata pada pemain baru yang muncul dengan bisnis yang sama dengan yang Anda jalankan saat ini.

Berikan nilai lebih pada bisnis Anda untuk memberi nilai tambah pada bisnis Anda. Value apa yang Anda memiliki tetapi pesaing tidak miliki. Terus evaluasi semua proses dari mulai #stratup sampai pemasaran, apakah sudah lebih baik dari pesaing.

Baca juga: Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Dari Hobi

6. Kreatif dan Inovatif

Kreatif dalam memberikan pelayanan dan inovatif dalam memunculkan ide-ide baru adalah nilai tambah untuk Anda. Dalam bisnis, kedua nilai ini sangat dibutuhkan agar bisnis Anda tetap bertahan. Satu-satunya alasan bisnis yang besar dan masih bertahan adalah karena mereka kreatif dan sangat inovatif, maka konsumen tidak akan perah bosan untuk mendapatkan produk Anda. Apapun produk yang Anda jual entah itu jasa atau barang, kedua nilai ini patut Anda miliki jika bisnis Anda ingin besar dan bertahan dalam ketatnya persaingan.

Sekian 6 kiat mengubah hobi menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, semoga dapat membantu Anda untuk menemukan dan menjalankan sebuah bisnis yang sesuai dengan hobi Anda.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud