Kecanduan Game? Beginilah Cara Unik Gamer China untuk Menghentikannya

kecanduan game

Image dari Choosehelp.com

Game memang bisa saja menjadi sesuatu yang sangat membuat orang kecanduan tingkat akut. Dengan segala keasyikan dan petualangan menyenangkan yang ada dalam game, seseorang memang bisa saja tak bisa berhenti menghentikan dirinya untuk terus memainkan game. Meski ada keinginan untuk berhenti namun entah kenapa ia selalu saja tak bisa melepaskan dirinya dari game yang ada.

Ketergantungan dan kecanduan game ini memang harus dihentikan jika sudah mencapai tingkat akut. Namun sayangnya kebanyakan gamer (pecandu game) merasa sudah tak punya cara untuk bisa menghentikan dirinya bermain game. Tapi beberapa hal gila sebenarnya bisa dilakukan gamer yang memang ingin serius berniat menghentikan ketergantungannya pada game.

Beberapa hal gila ini memang sudah pernah dilakukan oleh gamer asal China untuk menghentikan kecanduan mereka.

1. Menjalani Shock Therapy

Cara gila pertama yang dilakukan orang China untuk menghentikan kecanduannya akan game adalah dengan menjalani shock therapy. Anak-anak yang kecanduan game ini akan dikirim ke kamp boot, agar mereka bisa melupakan game yang telah menjadi rutinitas kesehariannya.

Di dunia baru ini anak-anak yang kecanduan game tersebut akan mendapatkan latihan yang berat dan juga hukuman-hukuman yang berat bila menyalahi aturan. Dari sinilah maka pribadi anak-anak akan menjadi lebih baik. Kamp ini sendiri memang dirancang khusus untuk bisa mengatasi kecanduan game dan internet tingkat tinggi.




Artikel lain: Kecanduan Media Sosial? Inilah 5 Tandanya yang Perlu Anda Ketahui

Dengan penggunaan cara militer, kamp ini akan menerapkan beberapa therapy yang tidak berbahaya, tetapi sangat menyakitkan. Menurut psikiater Yang Yongxin, ide di balik therapy yang menyakitkan ini adalah bentuk upaya guna “membersihkan pikiran” dari game.

2. Menyewa Hacker untuk Meretas Akun

Cara ekstrim kedua yang dilakukan orang China untuk menghentikan ketergantungannya terhadap game adalah dengan menyewa hacker untuk meretas akun. Game yang membuat candu kebanyakan adalah game yang bersifat online dan dimainkan dengan dengan menggunakan akun. Para orang tua yang kesal dengan anak-anaknya yang sering bermain game akan mencoba menyewa hacker untuk meretas akun game anak-anaknya.

Di China memang ada perusahaan yang bergerak untuk khusus guna melakukan hacking pada penderita kecanduan game. Dalam menjalankan usahanya, para hacker game ini akan membuat persetujuan kontrak terlebih dahulu dengan orangtua pecandu game. Setelah kontrak disetujui, para hacker ini akan melakukan investigasi dan mulai meretas akun si pecandu.

Dalam peretasan ini para hacker akan melakukan penghapusan pada item virtual penting dan penghargaan yang sudah didapat gamer dalam game online. Dari sinilah maka para pecandu game akan kesal sehingga tidak ingin lagi bermain. Apalagi jika para hacker sukses membobol akun, maka pecandu game tadi akan mengalami gagal koneksi dan akan semakin malas untuk bermain game.




3. Menjebloskan Diri ke Penjara

Memenjarakan diri dalam tahanan mungkin saja terlihat aneh bagi kebanyakan orang. Namun bagi para pecandu game mungkin hal ini adalah cara terampuh untuk bisa membuat dirinya berhenti bermain game. Inilah yang terjadi pada Zhang, seorang ayah muda dari dua anak di Provinsi Henan, China. Saat mendapati dirinya sudah sangat tak terkontrol bermain game, ia pun kemudian bertekad untuk bisa menghilangkan kebiasaanya ini.

Ia pun tak ambil pikir panjang dengan merampok uang dan iPhone seorang perempuan dan kabur dengan taksi. Setelah tertangkap Zhang mengatakan kepada wartawan bahwa dirinya sengaja melakukan pencurian dan perampokan tersebut untuk membayar utang-utangnya akibat game online, dan juga untuk bisa menghilangkan kecanduannya dengan berada di penjara.

Baca juga: Sering Lakukan Aktivitas Selfie? Waspadai 6 Bahayanya Berikut Ini

4. Gantikan Kecanduan Game dengan Hobi Positif Lain

Terakhir, cara aneh orang China untuk menghilangkan kecanduan dari game adalah dengan memiliki hobi baru yaitu mengecat dinding. Hal ini sendiri dilakukan oleh Luo Bing yang telah 10 tahun kecanduan bermain game sepanjang hari. Nah karena sudah merasa tidak baik karena harus kehabisan waktu di warnet, Luo Bing pun mengalihkan hobi bermain game-nya ke ke aktivitas mengecat dengan gratis.

Titik balik Luo untuk meninggalkan dunia game tiba saat ia dan saudaranya sedang merenovasi sebuah rumah. Saudaranya ini memang sengaja mengajak Luo untuk mengerjakan renovasi rumah agar Luo memiliki aktivitas baru. Dari sinilah Luo memiliki hobi baru mengecat dinding dan mengatakan bahwa dirinya akan melukis dinding gratis seluas 5 meter persegi (sekitar 50 kaki persegi) per pekerjaan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud