Sering Lakukan Aktivitas Selfie? Waspadai 6 Bahayanya Berikut Ini

bahaya aktifitas selfie

Image dari Gawker.com

Saat ini kegiatan memotret diri sendiri (selfie) memang telah menjadi suatu hal yang sangat populer dilakukan masyarakat kebanyakan. Bahkan saking populernya, aktivitas selfie ini telah menjadi gaya hidup dan tren tersendri di kalangan para kaum muda pada khususnya.

Tren dan gaya hidup selfie sekarang ini memang sangat fenomenal. Sebab ada beberapa di antara para pelakunya yang kecanduan dan tak bisa menghentikan kebiasaan selfie ini. Kabar buruknya orang-orang yang kecanduan selfie ini tidak merasa bahwa apa yang dilakukanya ini sudah berlebihan dan mengandung bahaya.

Mereka menyangka bahwa apa yang dilakukannya masih dalam batas wajar dan normal serta tidak mengandung bahaya. Padahal menurut para ahli selfie yang dilakukan secara berlebihan dan mencapai batas akut sangat bisa berpotensi menimbulkan bahaya yang nyata. Lalu apa saja jenis bahaya yang ada pada aktivitas selfie yang belebihan ini? Berikut ulasannya.

1. Kepribadian Mental Narsistik

Bahaya pertama dari tren selfie yang berlebihan adalah membuat kepribadian yang narsistik. Kepribadian narsistik sendiri adalah jenis gangguan jiwa atau mental di mana orang yang memilikinya merasa bahwa dirinya paling penting dan superior dibanding orang lain. Orang yang mempunyai kepribadian yang narsistik ini umumnya memiliki sikap yang acuh tak acuh pada perasaan orang lain.

Alih-alih menghargai perasaan orang lain, orang-orang narsistik ini malah ingin dirinya selalu diperhatikan dan ingin selalu dipuji serta dikagumi. Sayangnya dalam diri orang narsisitik ini terdapat harga diri yang rapuh dan sangat rentan pada kritik sekecil apapun.

Artikel lain: 5 Tips Aman dan Lancar Melakukan Foto Selfie

2. Krisis Kepercayaan Diri

Di balik dari kepribadian narsistik yang dimiliki penggiat selfie ini sebenarnya mereka memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah, bahkan sangat rendah. Pasalnya mereka selalu wajib dituntut berada dalam kondisi sempurna, tanpa cacat sedikit pun.

Jika mereka menjumpai dirinya memiliki sedikit kekurangan saja, maka ia menganggap bahwa dirinya telah hancur. Ini tentu sebuah hal yang berkebalikan, sebab di balik kepribadiannya yang narsistik ternyata ada sebuah krisis kepercayaan diri yang sangat besar dalam diri mereka.

3. Merubah Pola Pikir dan Akal Sehat

Tanpa disadari orang-orang yang doyan selfie ini sebenarnya telah mengalami perubahan pola pikir dan akal sehatnya. Dan sayangnya perubahan pola pikir yang terjadi pada orang-orang narsistik ini adalah perubahan pola pikir yang buruk dan sering menghilangkan akal sehat.

Mereka yang terjangkit selfie yang akut ini seringkali didapati dengan pola pikir yang memandang rendah orang lain. Pola pikir ini semakin menjadi dengan munculnya sikap arogan dan menang sendiri. Ini tentu sebuah pola pikir yang bertentangan dengan akal sehat.




4. Bermain-Main Dengan Nyawa Demi Sebuah Foto Selfie

Hal berikutnya dari aktivitas selfie yang akut adalah taruhan nyawa atau potensi hilangnya jiwa seseorang. Tentu kita sudah sering mendengar orang-orang selfie yang berujung maut atau kematian. Orang-orang yang doyan selfie dengan tingkat yang akut memang seringkali tak menghiraukan lingkungan di sekitarnya ketika akan memotret dirinya. Mereka tak tahu dan tak mau tahu bahwa ada sebuah bahaya yang mengintai nyawanya di sekitar wilayah selfie-nya.

Maka dari sini banyak korban berjatuhan dan tak sedikit dari mereka meninggal dunia. Kematian yang menimpa orang-orang yang selfie berlebihan ini juga bisa terjadi karena aksi nekat dari mereka yang selfie di tempat-tempat yang berbahaya.

Baca juga: 6 Tips Membuat Foto Selfie yang Tepat Untuk Akun Profesional

5. Aktivitas Selfie Dapat Mengundang Kejahatan

Terakhir, bahaya selfie yang berlebihan adalah adanya kejahatan yang mengintai. Ya, seperti pepatah mengatakan bahwa kejahatan memang bukan saja muncul dari niat pelakunya, namun kejahatan juga bisa muncul dari adanya kesempatan.

Aktivitas selfie yang pastinya menggunakan perangkat elektronik yang tidak murah tentu saja akan mengundang para penjahat untuk melakukan pencurian paksa. Maka tak jarang memang terjadi tindak kriminal pencurian paksa yang menimpa para pelaku selfie.

Inilah beberapa bahaya selfie yang akan mengintai para penggiat selfie yang berlebihan. Melihat dari penjelasannya tentu lima hal diatas sangat buruk dan merugikan diri. Maka bagi Anda yang suka selfie tentunya mulai sekarang Anda harus mewaspadai hal-hal ini. Untuk meminimalisirnya mau tak mau Anda memang harus mengurangi hobi selfie Anda yang berlebihan tersebut.



1 comment on this postSubmit yours
  1. selfie boleh boleh saja, tapi jangan sampai kelewatan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud