Jual Pecel Online, Wanita Ini Sukses Raup Omset 3 Juta Perhari!

Aminah jual pecel online

Image dari Suarasurabaya.net

Siapa yang bisa menyepelekan potensi #bisnis online di tengah derasnya perkembangan teknologi informasi seperti saat ini? Bahkan kini kita sudah bisa menjumpai berbagai macam hal yang mungkin dulunya akan terdengar aneh jika dijual via online, namun terbukti bisa meneguk keuntungan berlimpah.

Sebagai contoh, salah satu yang sedang trending yakni seorang wanita yang sukses kembangkan bisnis berjualan pecel online dengan omzet mencapai Rp 3 juta perhari! Wanita asal Kota Surabaya bernama Aminah tersebut menjadi perbincangan hangat setelah kesuksesan bisnis pecel semanggi onlinenya tercium media. Siapa yang mengira berkat ekspansi bisnis ke ranah maya, ia berhasil membalik roda perekonomian keluarga bahkan membeli mobil mewah hasil berniaga pecel online tersebut.

Bagaimana kisah awal mula Aminah berkenalan dengan penjualan via online hingga berhasil mendapat kesuksesan?  Berikut ulasannya.




Berawal Dari Inovasi Produk

Beberapa tahun yang lalu Aminah mungkin tidak berbeda dengan penjual pecel semanggi yang banyak tersebar di kawasan Sambikerep, Kota Surabaya. Karena memang bisnis pecel semanggi yang dijalankan wanita lulusan SMP tersebut masih dijajakan dengan cara konvensional secara turun temurun sejak generasi sang nenek.

Setelah sampai pada generasi Aminah, usaha kuliner tradisional tersebut nyatanya sudah mulai terjadi pergeseran dalam hal teknik penjualan. Ia menuturkan bahwa dulu masih banyak ibu-ibu yang menjual kuliner pecel semanggi khas Surabaya dengan cara berkeliling membawa bakul dagangan. Namun lambat laun masa tersebut telah hilang dan sudah mulai jarang yang berjualan dengan cara tersebut.

Hingga pada satu kesempatan, Aminah bisa mengikuti pelatihan Usaha Kecil Menengah (UKM) bertajuk Pahlawan Ekonomi pada tahun 2014 lalu. Dari pelatihan tersebutlah ia mendapatkan banyak sekali ilmu serta inspirasi untuk mengembangkan usahanya.

Setelah berfikir dan mencoba berbagai eksperimen, Aminah berhasil menciptakan inovasi produk pecel semanggi yang dikemas secara instan. Inovasinya tersebut dilakukan dengan cara mengeringkan daun semanggi yang menjadi bahan utama sajian. Saat akan disajikan daun semanggi kering tersebut tinggal diseduh dengan air panas lalu dilengkapi dengan beberapa bahan komplemen seperti sambal pecel yang juga dikemas dalam wadah praktis.




Artikel lain: Soto Kalkulator ~ Sedapnya Bisnis Kuliner Soto Unik Khas Surabaya

Tidak berhenti hanya mengkreasikan kuliner pecel semanggi, #entrepreneur wanita yang tergabung dalam payung UKM Bina Makmur tersebut juga menambah produk kulinernya dengan beberapa menu khas tradisional lain seperti lontong balap, lontong kikil, tahu campur, gado-gado serta minuman sinom, dan beras kencur.

Kala itu, dengan ekspansi usaha yang telah dilakukan sebenarnya ia bisa dibilang sudah cukup berhasil. Namun ternyata tangga kesuksesan Aminah belum mencapai puncaknya, karena peluang berbisnis kuliner online telah membawanya masuk pada potensi bisnis yang jauh lebih luas lagi.

Jual Pecel Online Via Situs Iklan Baris

Tepatnya beberapa saat sebelum memasuki Bulan Ramadhan 2015 lalu, Aminah kembali mendapat kesempatan mengikuti pelatihan UKM. Namun yang membuatnya wanita 34 tahun ini semakin tertarik yakni pelatihan tersebut mengambil tema utama tentang potensi pengembangan bisnis via #internet.

Tak disangka ilmu yang didapat dari pelatihan inilah yang menjadi anak tangga bagi dirinya menuju kesuksesan bisnis yang lebih besar. Tak berselang lama, ia langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan menjual produk pecel semangginya secara online.

Situs ads listing Bukalapak dan OLX menjadi lahan online pertama yang dirambah Aminah, dan dalam waktu yang relatif singkat strategi penjualan online tersebut pun menunjukkan hasil yang menggembirakan. Ia menuturkan, pelanggan pecel semangginya bahkan telah mencapai wilayah Jakarta.

Baca juga: Abdul Rahman Tukiman ~ Pemuda Desa Suksesor Bisnis Kuliner Bakso Kota Cak Man

Saat ini usaha yang dikelola Aminah telah mampu mendatangkan omzet mencapai Rp 3 juta perhari. Ini tentu tidak terlepas dari keberhasilannya menjalankan #internet marketing. Dari bisnis ini pula istri Agus Fauzi tersebut bahkan mampu membeli sebuah mobil mewah BMW. “Saya jadi bisa beli mobil BMW, kemarin baru beli mobil Avanza. Sekarang dua anak saya juga sudah punya asuransi pendidikan,” ungkap Aminah.

Apa yang dijalankan oleh ibu dua orang putra tersebut bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi kita, utamanya generasi muda yang mempunyai visi menjadi seorang entrepreneur. Saat ini merupakan jamannya yang muda yang berkarya, dan untuk bisnis online mereka yang mau belajar dan berani berinovasilah yang menjadi juaranya. Be Inspired!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud