Soto Kalkulator ~ Sedapnya Bisnis Kuliner Soto Unik Khas Surabaya

Soto Kalkulator ~ Sedapnya Bisnis Kuliner Soto Unik Khas Surabaya

Image dari Portraitofindonesia.com
Image dari Portraitofindonesia.com

Hal apa yang langsung terlintas di benak kita saat mengingat kata “soto”?

Soto adalah hidangan berkuah asli Indonesia. Disajikan dengan kuah bening atau kuah santan, seporsi soto selalu terasa sedap dan mampu membangkitkan selera makan. Variasi soto di nusantara juga sangat beragam, tergantung dari cara penyajian dan variasi bahan dasar yang digunakan.

Salah satu kuliner malam terkenal di Surabaya adalah Soto Kalkulator yang berlokasi di taman Bungkul. Terdengar unik? Ya, lokasi warung tenda yang berada di pusat kota Surabaya ini memang sangat strategis dan selalu menarik untuk dikunjungi.

Asal Mula Nama Soto Kalkulator

Penasaran mengapa kuliner khas Surabaya yang satu ini dinamai soto kalkulator?

Soto kalkulator justru tidak menghitung harga setiap makanan yang disantap pelanggan dengan mengunakan kalkulator lho. Sebaliknya, pada warung tersebut terdapat pekerja yang siap menghitung total harga makanan di luar kepala tanpa selembar kertas apalagi kalkulator di genggaman tangan. Konon kemampuan ini diperoleh para pekerja karena mereka diharuskan untuk melayani pelanggan secara cepat. Maklum saja, karena kedai yang berlokasi di kawasan Jawa Timur ini memang selalu dipadati oleh pelanggan terutama saat malam hari.

Kemampuan berhitung para pekerja soto kalkulator memang tak perlu diragukan lagi. Meskipu diganggu dengan candaan dari pelanggan yang berusaha mengalihkan perhatian, para pekerja yang sibuk menghitung total harga akan tetap tenang sambil berkomat kamit menjumlah seluruh total harga tersebut. Dan hasilnya, kita bisa dibuat tercengang oleh kemampuan berhitung khas kedai Sedap Malam ini. Sungguh unik, ya!

Artikel lain: Warung Kencana ~ Bermisi Kepedulian Lingkungan, Menu Makanan Bisa Dibayar Sampah

Kelezatan Soto Kalkulator yang Sangat Populer

Lokasi warung Sedap Malam yang menjual soto kalkulator memang sangat mudah dijangkau dan tampak sederhana. Meski tempatnya sangat sederhana, namun para pelanggan setia soto kalkulator akan rela antre demi menikmati kelezatan sepiring soto hangat ini.

Soto kalkulator terdiri dari potongan daging sapi yang dilengkapi dengan kuah tanpa santan berwarna pekat. Daging dan kuah yang sarat bumbu tersebut kemudian akan disiramkan di atas sepiring nasi kemudian dilengkapi dengan tauge, irisan seledri dan taburan bawang goreng. Rasa kuahnya begitu pas dan kaya akan bumbu sehingga bisa membuat siapa saja yang mencicipinya jadi makin ketagihan.

Untuk melengkapi sepiring nasi dan soto kalkulator, di meja pelanggan juga disediakan beragam sajian jeroan seperti usus goreng, paru, babat dan limpa. Disamping itu, jangan lupa juga dengan perkedel kentang yang menjadi menu wajib untuk menambah kelezatan soto kalkulator.

Rasa Istimewa yang Dibandrol dengan Harga Terjangkau

Selain menyediakan menu soto kalkulator, kedai Sedap Malam juga tersohor dengan hidangan rawon kalkulatornya. Semua hidangan di kedai Sedap Malam dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Seporsi soto atau rawon kalkulator bisa kita nikmati dengan harga Rp 10.000 saja. Sedangkan untuk hidangan pelengkap seperti jeroan, perkedel kentang dan kerupuk bisa dicicipi mulai dari harga Rp 3.000 hingga Rp 6.000 saja. Sedapnya seporsi soto juga bisa ditemani dengan kesegaran aneka jus buah, es degan atau es jeruk di kedai Sedap Malam.

Baca juga: Ayam Bakar Mas Mono, Kesuksesan Memang Milik Orang yang Berusaha

Kendati mulai beroperasi sejak pukul 7 pagi hingga 12 malam, menu soto kalkulator hanya bisa kita temui menjelang malam hari saja. Hal ini pula yang membuat kedai Sedap Malam dipenuhi oleh pelanggan yang mengantre untuk menikmati soto sejak sore hari.

Lokasi yang strategis didukung dengan konsep unik, rasa istimewa serta harga yang murah membuat popularitas soto kalkulator kian terkenal seantero Surabaya bahkan hingga ke luar kota. Jadi, jangan sampai kita melewatkan kesempatan untuk mencicipi soto yang satu ini saat berkunjung ke Surabaya.

2 KOMENTAR

  1. Namanya pasti mudah di ingat oleh orang lain karena nama kayak gitu kan banyak digunakan orang lain. Ya, kalkulator pasti semua orang pernah make tuh barang. hehe. Tapi yang nulis pernah coba makan gak tuh?

  2. namanya unik banget. Tapi justru nama unik jadi mudah diingat :)

Tinggalkan Balasan