Jorge Lorenzo Juara Dunia Moto GP 2015? Tunggu Dulu Twitter dan Wikipedia Punya Jawabannya Sendiri

Image dari Kompas.com

Image dari Kompas.com

Gelaran Moto GP tahun 2015 saat ini memang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, selain terjadi persaingan yang sengit untuk memperebutkan titel juara dunia Moto GP 2015, terdapat pula kehebohan karena adanya perseteruan diantara beberapa rider, terutama antara Marc Marquez, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Bahkan saking tingginya tingkat perseteruan ini, badan arbitrase olahraga dunia atau Court of Arbitration of Sport (CAS) harus turun tangan untuk menengahi masalah ini.

Pertarungan memperebutkan titel juara dunia Moto GP 2015 memang telah berakhir dan mendapatkan juaranya yaitu Jorge Lorenzo dengan keunggulan 5 poin dari Valentino Rossi. Namun meski gelaran GP 2015 telah selesai, ternyata ada beberapa hal menarik yang muncul selepas seri GP Valencia tanggal 8 November 2015 kemarin.

Salah satunya adalah respon netizen dan fans di #media online atas gelar jaura dunia GP 2015. Seperti apakah hal menarik yang muncul dari gelaran GP 2015 ini? Berikut ulasannya.

Valentino Rossi Jadi Nomor Satu di Trending Topic Twitter

Meski kalah dalam perburuan titel juara dunia Moto GP 2015, para netizen bereaksi atas kekalahan Valentino Rossi dan kemenangan Jorge Lorenzo. Anehnya, meski Lorenzo yang keluar jadi juara dunia, trending topic Twitter malah ramai membahas Valentino Rossi. Dan uniknya lagi, kata “Lorenzo” justru tidak tercatat oleh di daftar trending topic Twitter.

Reaksi yang muncul dari netizen di #Twitter sendiri memang bermacam-macam. Namun kebanyakan pada trending topic kata “Rossi” kebanyakan netizen mendukung Rossi sebagai the real champions atau juara dunia Moto GP 2015 versi penonton. Selain berkicau, muncul juga beberapa meme pun di trending topic Twitter untuk menyindir kemenangan Jorge Lorenzo. Kegigihan Rossi dalam balapan seri terakhir di Valencia kemarin memang sangat luar biasa.




Bagaimana tidak, meskipun harus memulai balapan dari posisi paling belakang akibat sanksi penalti dalam insiden di Sirkuit Sepang, Malaysia sebelumnya, namun dengan keuletannya, Rossi berhasil merangsek ke posisi ke empat di akhir lomba. Sayangnya meski finis di posisi ke-4, poin yang dikumpulkan Rossi tidak cukup untuk membuatnya untuk menjadi juara dunia.

Artikel lain: Menguak 6 Inovasi Terburuk Di Bidang Internet yang Pernah Ada

Reaksi netizen Indonesia di #media sosial Twitter ini pun menjadi fenomena tersendiri saat ini karena umumnya umumnya sang juara bisanya yang akan menempati posisi pertama di trending topic. Tapi kali ini justru sang rival yang notebene kalah yang menjadi juara dengan menempati posisi pertama di media sosial 140 karakter tersebut.

Juara Dunia Moto GP 2015 Versi Wikipedia

Belum selesai dengan reaksi para netizen dengan mendukung “The Doctor” Valentino Rossi sebagai juara di Twitter, hari Senin (9/11/2015), situs informasi dunia Wikipedia menyusul memberikan responnya. Di situs atau website yang beralamat www.wikipedia.org, daftar juara dunia MotoGP/500cc pada tahun 2015 menjadi “mainan” para penulisnya. Seperti diketahui, artikel di Wikipedia memang bisa diedit oleh penulis atau editor tertentu atau yang terpilih dan telah diverifikasi oleh Wikipedia.

Dari sini halaman List of 500cc/MotoGP Motorcycle World Champions tertulis juara dunia GP 2015 adalah Jorge Lorenzo dengan tambahan kutipan “prized shared with Marc Marquez” atau berbagi gelar dengan Marc Marquez. Namun tulisan ini kemudian berubah lagi dengan nama Jorge Lorenzo tanpa tambahan kutipan.




Uniknya, di waktu yang berbeda, nama dalam daftar juara dunia Moto GP 2015 di situs Wikipedia tersebut sempat ditulis Valentino Rossi, bahkan juga menjadi Jorge Marquez yang merupakan gabungan nama Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Hingga Senin (9/11/2015) sore, artikel daftar juara dunia MotoGP di Wikipedia sudah diganti sebanyak dua belas kali.

Baca juga: Ubah Kucing Anda Jadi Internet Star Dengan Cara Unik Berikut Ini

Kemenangan Jorge Lorenzo dalam balapan seri akhir di Valencia yang menjadikannya juara dunia 2015 memang menuai banyak kontroversi. Kemenangan pembalap kelahiran Spanyol, 4 Mei 1987 itu diduga mendapat bantuan dari rekan senegaranya di tim Honda yaitu Marc Marquez. Dalam balapan di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia itu Marc Marquez dianggap sengaja memelankan sepeda motornya untuk membantu Jorge Lorenzo menjadi juara dunia.

Padahal disepanjang race berlangsung, Marquez terus membuntuti Lorenzo di belakangnya. Anehnya Marquez yang dikenal agresif, saat itu tidak terlihat ingin mendahului Lorenzo untuk menjadi yang terdepan. Dengan menjadikan dirinya finis diposisi kedua dan Lorenzo finis urutan pertama itu artinya membuat usaha Rossi merebut poin krusialnya jadi tak terwujud.



1 comment on this postSubmit yours
  1. rossi tetep no 1, sekg kita tahu smua pmbalap takut sama dia, ggooo valen

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud