10+ Jenis Usaha Kuliner Jajanan yang Paling Laku dan Menjanjikan Saat Ini

Sebenarnya ada cukup banyak usaha kuliner yang paling laku dan menjanjikan saat ini. Namun, seringkali calon pengusaha yang tertarik menjalankan usaha makanan yang menguntungkan justru kebingungan mau buka usaha kuliner apa.

Bicara tentang usaha kuliner yang paling laku bukan hanya tentang rasa makanan, tapi juga siapa target marketnya dan bagaimana cara penyajiannya. Kuliner yang rasanya mantap tapi bila pemasaran dan cara penyajiannya kurang maksimal tentu kurang mendapat perhatian.

Ok, kali ini artikel Maxmanroe.com kali ini akan membahas tentang beberapa jenis usaha kuliner yang paling laku dan menguntungkan saat ini. Selain jenis kuliner, masalah modal juga menjadi bahan pertimbangan. Bagi Anda yang tidak punya modal besar dan ingin punya usaha kuliner, maka usaha jajanan atau camilan adalah pilihan terbaik

Modal awal untuk menjalankan usaha jajanan atau camilan sebenarnya tidak terlalu besar. Namun, walaupun murah kita tetap harus memperhatikan kualitas makanan dan juga rasanya agar tetap disukai oleh konsumen.

Dari riset kecil-kecilan yang saya lakukan, setidaknya ada 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dan menguntungkan saat ini, khususnya kuliner jajanan murah meriah. Berikut ini adalah beberapa kuliner jajanan yang paling laku yang bisa Anda coba jalankan:

1. Jajanan Tahu Goreng, Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Usaha Kuliner yang Paling Laku

Tahu goreng via Cookpad




Tahu boleh dibilang sebagai makanan paling laris untuk dijual karena dapat menjangkau semua orang. Semua kalangan masyarakat pasti pernah makan tahu, mulai anak sekolah hingga orang dewasa. Bahkan bisa dibilang jajanan tahu adalah salah satu makanan paling laris di kantin sekolah.

Untuk menjual tahu goreng, tentunya Anda harus menawarkan keunikan dibanding tahu yang biasanya digoreng di rumah. Misalnya Anda menjual tahu bulat atau tahu pedas yang khas.

Salah satu bisnis jajanan tahu yang cukup terkenal saat ini adalah Tahu Jeletot Taisi. Usaha tahu goreng pedas ini menawarkan tahu goreng berisi sayuran dan rasanya pedas menggigit.

2. Roti Bakar, Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laris

Jajanan Roti Bakar Jenis Usaha Kuliner Paling Laku

Membuka usaha roti bakar merupakan salah satu usaha kuliner yang cukup menjanjikan saat ini. Anda tidak butuh keahlian khusus untuk mengolah roti bakar, hanya butuh roti, margarin, isian, dan alat pemanggang.

Jenis usaha kuliner yang satu ini sering digabungkan dengan usaha lainnya, misalnya minuman. Yang pasti jajanan roti bakar tidak pernah sepi pembeli karena banyak peminatnya.




Artikel lain: 5 Peluang Usaha dari Hobi Memasak, Passion jadi Bisnis

3. Jajanan Martabak Mini, Jenis Usaha Makanan Paling Laris di Semua Kalangan

Jajanan Martabak Mini

Peluang usaha kuliner martabak ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari martabak mini, martabak manis, martabak telor, dan bermacam jenis martabak lainnya.

Uniknya, kuliner jajanan ini ternyata diterima oleh semua kalangan. Mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa suka makan martabak. Jika Anda mencari ide jualan makanan ringan yang menguntungkan, maka martabak adalah jawabannya.

Jenis martabak yang lagi ngetren dan banyak diminati oleh konsumen adalah martabak mini. Selain karena harganya lebih murah, martabak mini punya varian rasa yang menarik, mulai dari rasa cokelat, keju, vanila, durian, dan kombinasi rasa lainnya.

4. Bakpao, Jenis Usaha Jajanan yang Menguntungkan

Bakpao

Bakpao adalah jenis makanan yang berasal dari Tiongkok. Jajanan kuliner ini ternyata sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dan bakpao juga sangat cocok untuk pengganti makanan utama ketika lapar.

Biasanya bakpao dijadikan sebagai kudapan yang cukup mengenyangkan. Dengan varian isi yang enak, mulai dari rasa daging, kacang hijau, dan cokelat, kuliner bakpao punya penggemar tersendiri dan tak pernah sepi.

Jadi, tidak salah jika bakpao bisa menjadi pilihan ketika Anda mencari jenis usaha kuliner yang paling laku saat ini.

5. Pisang Cokelat, Jajanan Modal Kecil untungnya Menjanjikan

Pisang Cokelat Jajanan Modal Kecil

Jajanan kuliner ini adalah perbaduan antara pisang dan taburan cokelat meses yang dibungkus dan digoreng garing. Terkadang kuliner ini juga divariasikan dengan keju. Pisang keju merupakan salah satu jajanan makanan ringan untuk dijual disekolah karena dijamin pasti laris.

Kuliner enak dan murah ini biasa kita kenal dengan sebutan ‘Piscok’ singkatan dari pisang cokelat. Sekarang ini usaha jajanan yang menjual Piscok cukup banyak dan masing-masing punya keunikan.

Walaupun bisnis Piscok sudah cukup banyak, peluang usaha berjualan piscok masih cukup terbuka lebar lho. Selain modal awalnya sangat terjangkau, untung dari bisnis Piscok juga cukup menjanjikan.

6. Burger, Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laris

Burger Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laris

Burger merupakan salah satu makanan yang asalnya dari negara barat dan cukup banyak peminatnya di Indonesia. Makanan ini mudah kita temukan di berbagai tempat, mulai dari mall, cafe, stand kecil, hingga warung makanan kecil.

Burger ini adalah roti berbentuk bulat yang diisi dengan berbagai jenis bahan makanan lainnya seperti daging, sayuran, bawang, saos, dan keju. Ada juga orang yang membuat variasi isi burger sesuai dengan selera mereka. Salah satu bisnis burger di Indonesia yang cukup terkenal adalah Edam Burger.

Bisnis kuliner berjualan burger termasuk salah satu jenis usaha kuliner yang paling laris saat ini. Jadi, tak perlu heran melihat banyaknya bisnis makanan yang menjual burger saat ini karena memang banyak peminatnya di Indonesia.

7. Pempek, Jenis Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Bisnis Pempek Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Rata-rata pecinta kuliner nusantara pasti sudah mengenal Pempek. Kuliner asal Palembang ini memang unik, dan rasanya yang pedas asam manis membuatnya banyak digemari. Jika Anda tertarik jualan makanan unik, maka Pempek adalah salah satu pilihannya.

Kuliner ini punya beberapa varian dengan nama yang cukup unik, diantaranya; Pempek Kapal Selam, Pempek Lenjer, Pempek Lenggang, Pempek Adaan, Pempek Keriting, dan lain sebagainya. Varian Pempek yang unik membuat pecinta kuliner tidak pernah bosan dengannya.

Pempek saat ini sudah menjadi kuliner jajanan nusantara yang mudah kita temukan di mana saja. Bahkan ada restoran di pulau Jawa yang khusus menjual Pempek kepada pelanggannya. Nah, bagi Anda yang ingin punya usaha kuliner, Pempek bisa menjadi salah satu opsi yang bisa Anda pilih.

8. Singkong Keju, Bahannya Mudah dan Menyehatkan

Camilan Singkong Keju Bahannya Mudah dan Menyehatkan

Kuliner singkong keju merupakan salah satu jenis usaha kuliner yang paling laku saat ini. Makanan dari hasil olahan singkong ini ternyata sangat disukai sebagain besar masyarakat Indonesia lho.

Tidak seperti pada umumnya, mengolah singkong keju ini membutuhkan pengetahuan dan keahlian dalam meracik resep khusus. Ada beberapa langkah pengolahan singkong yang harus dilakukan untuk mendapatkan kualitas rasa singkong keju yang enak dan gurih.

Pertama, singkong dikukus terlebih dahulu hingga lembut, biasanya air untuk mengkukus dicampur dengan rempat untuk menambah rasa. Setelah itu, singkong digoreng dan dihidangkan bersama dengan keju atau hiasan lain.

9. Seblak, Kuliner Unik Khas Bandung

Seblak Kuliner Unik Khas Bandung

Kuliner ini berasal dari daerah Jawa Barat, yaitu Bandung. Namun, Seblak sudah mulai digemari oleh masyarakat di berbagai kota lainnya dan usaha kuliner yang menjual Seblak pun sudah cukup banyak di berbagai tempat.

Keunikan kuliner yang satu ini adalah pada bahan-bahan yang digunakan dan proses pembuatannya. Untuk membuat Seblak ternyata tidak terlalu sulit, dan bahan-bahannya mudah didapatkan.

Usaha kuliner Seblak ini mulai menjamur setelah beberapa vloger di YouTube memberikan ulasannya tentang Seblak. Walaupun tampilannya terlihat agak aneh, rasa kuahnya dan isinya akan membuat Anda ketagihan.

10. Cup Cake, Bisnis Kudapan Imut yang Lezat

Cup Cake, Kudapan Imut yang Lezat

Kuliner yang satu ini merupakan salah satu makanan camilan yang cukup digemari banyak orang. Rasanya yang manis dan nikmat sangat cocok untuk dimakan saat Anda sedang bersedih atau sedang patah hati karena akan membantu membuat mood menjadi lebih baik.

Bentuknya yang mini dan imut, serta warna dan rasanya yang unik, membuat camilan ini tidak pernah sepi pelanggan. Target marketnya pun sangat luas, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa suka makan cup cake.

11. Cireng, Jenis Kuliner yang Paling Laku asal Bandung

Cireng Jenis Kuliner yang Paling Laku asal BandungSatu lagi kuliner asal Bandung yang punya peminat yang cukup masif, yaitu Cireng. Sekilas kalau melihat Cireng bentuknya seperti Pempek atau Pangsit.

Walaupun Cireng berasal dari Bandung, masyarakat di berbagai kota di pulau Jawa sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Cireng memiliki beberapa varian isi yang rasanya enak, mulai dari olahan ayam, daging sapi, hingga keju.

Cireng merupakan kuliner yang proses pembuatannya dengan cara digoreng. Dengan harga yang sangat terjangkau, Cireng bisa menjadi salah satu jenis usaha kuliner yang menjanjikan bagi Anda.

Baca juga: 101 Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan

Penutup

Nah di atas tadi adalah beberapa jenis usaha kuliner yang paling laku versi Maxmanroe.com. Apapun pilihan Anda dari kuliner yang disebutkan di atas kemungkinan besar akan mendapatkan pelanggan karena semua kuliner di atas punya penggemar masing-masing. Selamat mencoba!



1 comment on this postSubmit yours
  1. Mantap, ini sangat menginspirasi saya, semoga bang maxmanru semakin jaya dan makin sukses, salam super buat bang max

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud