5 Peluang Usaha dari Hobi Memasak, Passion jadi Bisnis

Sebenarnya ada banyak peluang usaha dari hobi memasak yang cukup menjanjikan untuk dijadikan bisnis. Sayangnya, tidak semua orang menganggap hobi memasak bisa menjadi sebuah usaha yang menguntungkan.

Nah, di artikel ini saya ingin membahas beberapa peluang usaha dari hobi memasak yang ternyata cukup banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Selain bisa bersenang-senang bisa menjalankan hobi memasak, Anda juga bisa menghasilkan uang dari hobi tersebut. Terdengar mengasyikkan bagi Anda? Teruskan membaca ya.

Hobi memasak banyak dilakukan hanya untuk bersenang-senang, bahkan katanya kegiatan ini bisa mengurangi stress. Hobi ini tidak memandang usia dan gender, siapapun bisa memiliki hobi ini.

Bila Anda ingin memanfaatkan hobi memasak menjadi peluang usaha, maka ada beberapa ide usaha makanan yang bisa Anda pertimbangkan.

Lima Peluang Usaha dari Hobi Memasak

Seperti yang disebutkan di atas, kita tidak hanya akan merasa senang menjalankan hobi memasak, tapi kita juga bisa menghasilkan uang dan menjadikan hobi sebagai bisnis jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha dari hobi memasak yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Bisnis Jualan Kue/ Makanan Ringan

Peluang Usaha dari Hobi Memasak

Bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang hobi memasak kue dan makanan ringan. Jika selama ini bertanya-tanya apakah hobi ini bisa menghasilkan uang, maka jawabannya adalah YA hobi memasak kue dan makanan ringan bisa menghasilkan uang.

Saya pribadi menyarankan berjualan jenis makanan ringan dan kue kering yang bisa tahan lama dan bisa dijual secara online. Beberapa jenis kue kering yang cukup banyak dijual via internet:




  • Kue nastar
  • Kue sarang semut
  • Kue putri salju
  • Kue lapis legit
  • Kue semprit
  • Keripik bawang
  • Keripik singkong
  • dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada banyak jenis makanan ringan dan kue yang bisa dijual secara online, dan tentunya Anda bisa menyesuaikan dengan hobi Anda tersebut. Pemasarannya sendiri, kita bisa memanfaatkan marketplace dan juga sosial media.

Bila Anda punya modal lebih besar, tentu saja Anda bisa membuka toko kue sendiri dan juga menjual secara online. Namun, bila saat ini modal belum mencukupi maka Anda bisa berjualan secara door to door kepada keluarga, teman, dan tetangga, sembari juga berjualan secara online.

Artikel lain: 101 Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan

2. Membuka Usaha Warung Makan

Peluang usaha dari hobi memasak berikutnya adalah membuka rumah makan sederhana di lokasi yang strategis. Usaha yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang hobi memasak makanan rumahan ataupun makanan tertentu dengan rasa yang enak.

Pada tahap awal merintis usaha warung makan, Anda bisa memulainya dengan melakukan riset kecil-kecilan. Buatlah masakan kesukaan Anda lalu bagikan ke beberapa tetangga sebagai tester untuk mengetahui apakah mereka menyukainya.




Bila mereka menyukainya langkah berikutnya adalah membuat warung sederhana dengan makanan resep buatan Anda. Mungkin warung ini bisa dibuat di depan rumah Anda, atau bila ingin membidik lebih banyak orang maka Anda bisa buka warung makan di tempat yang lebih strategis. Namun, tentu saja Anda harus mempertimbangkan harga sewa tempat tersebut.

Beberapa makanan rumahan yang cukup laris di masyarakat Indonesia

  • Soto Betawi
  • Lontong sayur
  • Gudeg
  • Ayam bakar/ goreng
  • Sayur asam
  • Sayur lodeh
  • dan lain sebagainya

Sesuaikan jenis makanan yang dijual dengan target pasar yang ada di sekitar tempat usaha warung makan yang Anda jalankan.

3. Membuka Usaha Jasa Katering

Bisnis katering saat ini semakin subur di Indonesia, dan usaha ini bisa dilakukan siapa saja yang punya minat di bisnis makanan. Bahkan anak presiden pun punya usaha katering sendiri lho.

Buat Anda yang menyukai dunia kuliner dan punya modal, tidak ada salahnya untuk memulai usaha katering ini. Memang untuk memulai usaha katering bukanlah sesuatu yang mudah, namun ada banyak contoh bisnis katering sukses yang dulunya berawal dari nol.

Berikut ini adalah beberapa tips menjalankan usaha katering dari Gibran Rakabuming:

  • Bisnis katering tidak Harus dengan modal besar
  • Rasa dan kebersihan sangat penting di bisnis katering
  • Inovasi dalam menu dan penyajian katering
  • Manajemen kecepatan penyajian bisnis katering
  • Melakukan promosi yang tepat pada masyarakat

Biasanya bisnis katering dibutuhkan untuk event-event tertentu, misalnya acara pernikahan, acara syukuran, acara hari besar keagamaan, dan berbagai kegiatan lainnya. Oleh karena itu, dalam bisnis katering sangat dibutuhkan relasi dan komunikasi yang baik dengan orang-orang.

4. Menjadi Food Blogger/ Vlogger

Profesi menjadi seorang food blogger/ vlogger mungkin terdengar agak asing di telinga kita. Namun, sebenarnya profesi ini sudah cukup populer di luar negeri, bahkan di Indonesia sudah ada beberapa food blogger/ vlogger yang cukup terkenal.

Seorang food blogger/ vlogger biasanya mengunjungi berbagai tempat makanan di berbagai tempat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kemudian ia memberikan ulasan mengenai makanan yang dimakan di tempat tersebut. Ulasan ini dilihat dari berbagai sisi, mulai dari lokasi tempat makan, tampilan makanan, rasa makanan, dan lain sebagainya.

Atau mereka bisa membuat video tentang cara membuat sebuah makanan dengan cara yang menarik. Video tersebut kemudian diunggah ke YouTube untuk mendapatkan lebih banyak pemirsa.

Profesi ini seringkali tidak langsung menghasilkan uang, justru seringkali akan menghabiskan uang karena kita harus bayar makanan yang akan kita ulas. Namun, ketika Anda sudah menjadi seorang food blogger/ vlogger yang terkenal, maka peluang untuk menghasilkan uang akan terbuka lebar.

Baca juga: 5 Tips Sukses Menjadi Food Blogger di Indonesia

5. Membuat Buku/ Blog Resep Makanan Enak

Terkadang ada orang yang memiliki beberapa hobi sekaligus, misalnya hobi memasak dan hobi juga menulis. Nah bila ini ada pada diri Anda maka menjadi penulis buku resep makanan bisa menjadi pilihan yang baik.

Kita tidak akan terpaku pada pembuatan sebuah buku, bila Anda ingin membuat sebuah blog khusus untuk resep makanan maka Anda bisa juga melakukannya. Agak berbeda dengan food blogger/ vlogger, dengan membuat resep makanan maka Anda fokus membahas tentang resep makanan dan cara memasak makanan tersebut.

Apakah profesi ini menguntungkan?

Bagi sebagian orang definisi menguntungkan ini pasti uang, ya tentu saja. Namun, melakukan hobi Anda yang membuat Anda senang itu juga merupakan sesuatu yang menguntungkan bukan?

Bila Anda ingin menghasilkan uang dari blog resep makanan tersebut, ada banyak sekali yang bisa dilakukan. Anda bisa menawarkan space iklan kepada perusahaan bumbu masakan, atau produk lainnya. Atau Anda juga bisa sekedar memasang iklan dari Google Adsense. Silahkan berkreasi.

PENUTUP

Di atas tadi adalah beberapa peluang usaha dari hobi memasak yang bisa kita kerjakan. Silahkan berkreasi dengan hobi Anda dan hasilkan uang dari hobi tersebut. Selamat mencoba!



1 comment on this postSubmit yours
  1. Yang namanya bisnis hobi memasak pasti jadi bisnis yang sangat menguntungkan dan besar, karena tanpa kita sadari orang sekarang suka makan dan jajan dengan menu yang tradisional atau modern, jadi kalau sudah ada hobi memasak bisa dikembangkan untuk membuka peluang usaha kuliner.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud