Jalankan Marketing Via Instagram? Wajib Hukumnya Untuk Coba 3 Tools Berikut Ini

Marketing-Via-Instagram

Image dari Marketingzen.com

Para pengusaha yang bergerak di bidang online sudah semakin banyak dan melahirkan persaingan yang begitu ketat. Untuk bisa memenangkan persaingan yang begitu ketat tersebut salah satunya yakni harus mempunyai cara cerdas dalam menjalankan marketing online. Dan situs media sosial menjadi salah satu lahan empuk yang sangat patut untuk dimaksimalkan.

Berbicara tentang media sosial, salah satunya yang juga kerap dijadikan alternatif menjalankan marketing adalah Instagram. Instagram sebagai platform berbagi foto dan video paling populer saat ini, tentu sangat potensial untuk dimanfaatkan dalam hal menjaring pelanggan dan memperkenalkan bisnis Anda.

Namun seperti upaya marketing pada umumnya, tentu menjalankan pemasaran di #Instagram juga membutuhkan bantuan atau metode tertentu.

Sebagai rekomendasi, berikut ini ada 3 tools terkait dengan media sosial Instagram yang dapat Anda manfaatkan dalam menjalankan upaya marketing. Apa saja 5 tools tersebut? Berikut ulasan lengkapnya

1. Buffer

Sebagai salah satu layanan online yang membantu Anda terkait dengan urusan media sosial, Buffer sudah banyak dikenal oleh para internet marketer terutama mereka yang menjalankan langsung peran sebagai admin #media sosial. Demikian juga untuk keperluan marketing Instagram, Buffer juga masih memegang peranan penting karena mampu menangani cukup banyak urusan seperti contohnya dalam hal posting konten.

Meskipun pihak Instagram masih menerapkan peraturan tidak bisa memposting konten secara otomatis via penyedia layanan pihak ketiga, namun Buffer mempunyai cara unik yakni dengan memberikan alarm lewat smartphone pengguna ketika posting terjadwal sudah waktunya untuk dipublish pada akun Instagram.

Dari situ pengguna bisa langsung mengupload konten terjadwal lewat akun pribadinya. Proses seperti ini tentu sangat menghemat waktu, terlebih jika kita mempunyai jadwal posting konten Instagram yang sangat padat.

Artikel lain:

Selain itu, Buffer juga sangat cocok jika digunakan oleh tim marketing. Dengan adanya fitur kontribusi dari beberapa orang untuk menangani satu akun, nantinya mereka bisa saling berkoordinasi dan secara bergantian mengisi konten.

2. BestBuddies

Terus berikutnya yang juga sangat bermanfaat ketika Anda ingin menjalankan marketing via Instagram adalah BestBuddies. Secara umum BestBuddies menyajikan layanan untuk mengetahui siapa followers terbaik dari akun Instagram kita. Terbaik di sini bisa diartikan sebagai followers yang benar-benar terkait  dan sering memberikan like pada konten-konten Instagram kita.




Setelah kita login pada layanan yang dikembangkan oleh Sweeble ini, secara otomatis kita akan disuguhkan 10 akun followers Instagram kita yang dinilai paling memiliki keterkaitan. Tidak hanya nama akun followers kita, kita juga bisa mengetahui seberapa banyak mereka pernah melayangkan like kepada deretan posting konten milik kita.

Jika ditelisik lebih dalam, pemanfaatan dari fitur ini adalah nantinya kita bisa tahu seperti apa profil dari 10 orang yang paling menyukai akun Instagram kita. Semisal setelah kita mengetahui 10 akun terbaik tersebut, kita bisa melakukan pendekatan lebih dalam dengan mereka mengetahui seperti apakah mereka. Mungkin mayoritas dari 10 orang tersebut merupakan wanita yang suka berbelanja fashion dan memiliki nonton usia 25 tahun ke atas.

Data-data seperti ini, nantinya bisa dan sangat bermanfaat untuk menyusun strategi marketing Anda berikutnya. Selain itu, jika kita ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan tetap kita tinggal mencari calon prospek yang memang mempunyai karakteristik serupa dengan 10 follower terbaik tersebut.

Baca juga: Mencoba Trik Marketing Kombinasi Media Sosial

3. SocialRank

Masih dalam upaya untuk melakukan analisis marketing via Instagram, tools terakhir yang direkomendasikan untuk Anda coba yakni SocialRank. SocialRank dikenal sebagai salah satu tools terbaik untuk para pebisnis yang mencari analisa marketing secara lengkap dan komprehensif. Layanan ini bekerja dengan cara mengumpulkan data lengkap dari para followers Instagram kita, kemudian sistem akan secara otomatis menyusun tingkat keterkaitan akun follower tersebut mulai dari yang paling terkait hingga yang biasa saja.

Dengan tampilan yang sangat rapi dan jelas, kita bisa langsung melihat daftar follower Instagram yang memang sangat potensial untuk dijadikan pelanggan setia. Pencarian juga bisa melalui keyword tertentu atau hashtag yang pernah digunakan oleh para pengguna.

Layanan lain yang menarik dari tools ini adalah, fitur pencarian geografis. Dengan adanya fitur ini kita bisa mencari atau menentukan kelompok followers berdasarkan area tertentu. Nantinya layanan ini juga bisa di kombinasikan dengan tools Buffer, sehingga kita akan bisa menganalisa lebih cermat siapa followers terbaik kita.

Selamat mencoba!



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Tools bener-bener dibutuhkan dan berdampak baik buat para penggiat medsos marketing. Termasuk ane sendiri ngerasain bgt perubahannya. Thanks for sharing

  2. wah tools yang sangat bermanfaat bagi yang jualan di Intagram. Patut di coba ini supaya dagangan laris manis

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud