Jalankan 8 Tips Berikut Ini Untuk Menunjang Marketing Media Sosial Anda

marketing media sosial

Sebagai orang yang menjalankan bisnis, Anda tentu tahu pentingnya #media sosial sebagai cara vital untuk menjalin hubungan bisnis antara Anda dan pelanggan. Setiap kali klien potensial mencari produk atau jasa baru, mereka umumnya mulai pencarian mereka di media sosial. Tidak hanya untuk mempelajari lebih lanjut tentang merek dagang Anda, tetapi juga untuk melihat apa yang orang lain katakan tentang merek atau bisnis produk tertentu.

Kini sudah banyak perusahaan yang menciptakan strategi marketing media sosial yang terbilang cukup gencar. Namun permasalahannya adalah tidak setiap strategi tersebut bisa berjalan dengan efektif .

Jika Anda ingin menjalankan strategi marketing media sosial yang lebih efektif, Caitlin Burns, ahli strategi bisnis berbasis di New York untuk perusahaan media, telah menguraikan beberapa taktik media sosial untuk merek dagang Anda. Mana yang pasti bisa Anda gunakan dan yang harus Anda dihindari.

1. Kenali Diri Anda

Poin pertama adalah memahami identitas Anda, identitas merek Anda dan melakukan interaksi langsung pada klien Anda. Andalah orang yang paling tahu produk Anda, proses produksi, perusahaan atau merek terbaik produk Anda.

Mampu berkomunikasi itu adalah hal salah satu kunci yang Caitlin sarankan untuk kliennya sehingga pada platform apa pun yang mereka gunakan calon pengguna jasa atau produk Anda dapat mengetahui dengan siapa ia berbicara dan dapat merasa yakin untuk membeli produk atau memakai jasa Anda . Dan sisanya adalah taktik berbahasa serta hal-hal tertentu yang mungkin Anda lakukan untuk membujuk para calon pembeli Anda di #Twitter, Instagram atau Facebook.




Artikel lain: Mencoba Trik Marketing Kombinasi Media Sosial

2. Bicarakan Kenyataan

Sebagai seorang pebisnis Anda tentu diwajibkan untuk bisa melakukan #strategi pemasaran yang baik, seperti misalnya Anda mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual. Kebiasaan dari para pebisnis diluar sana adalah mereka melebih-lebihkan keunggulan produk atau jasa yang dijual padahal kenyataannya produk atau jasa yang ia jual tidaklah seperti apa yang ia bicarakan.

Hal tersebut sebetulnya sah – sah saja tapi Anda juga harus memikirkan efek yang terjadi setelahnya. Bagaimana jika klien Anda tidak puas dan mulai mengumbar ketidak puasannya di media sosial? Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi bisnis Anda bukan? Maka dari itu, promosikan produk Anda dengan kalimat yang menarik dan membujuk namun jangan berlawanan dengan kenyataan yang ada.

3. Cobalah Mengerti Para Calon Pelanggan Anda

Hal yang juga penting adalah tahu siapa yang Anda targetkan . Apa yang mereka lakukan? Kapan mereka online ? Dengan menggunakan jasa ahli media sosial yang cerdas Anda akan dapat mengetahui hal-hal seperti ini. Memahami tujuan Anda akan memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana keberhasilan dan kegagalan bekerja dan media sosial memungkinkan Anda untuk melihat hal tersebut lebih cepat dibandingkan platform lain.

4. Jangan Hanya Berasumsi

Kesalahan besar jika Anda berpikir pelanggan Anda akan bertindak dengan cara tertentu hanya karena Anda berasumsi mereka akan melakukannya. Perlakukan pelanggan Anda sebagai subjek, bukan sebagai objek. Pekerjaan Anda di media sosial adalah dialog, membangun percakapan antara Anda dan individu yang menjadi pelanggan Anda.




Lihat dan perhatikanlah perubahan target pasar Anda terutama pelanggan Anda. Pelajari pelanggan Anda dengan cara berkomunikasi dengan tim media sosial Anda secara teratur. Mereka adalah orang-orang garis depan yang dapat membantu Anda memahami apa yang bekerja dan apa yang tidak – apa yang benar – benar dipedulikan oleh orang banyak dan apa yang mereka tidak pedulikan. Ini adalah kesempatan untuk cepat memahami bagaimana merek dagang Anda diterima di masyarakat.

5. Marketing Media Sosial Wajib Terencana

Hal ini tidak berlaku untuk Anda jika Anda adalah seseorang yang cerdas menyusun strategi media social. Namun jika Anda bukan orang yang ahli di bidang ini, ada baiknnya Anda merencanakan dan menyusun anggaran untuk mulai mempekerjakan seseorang yang ahli. Mempekerjakan seseorang yang ahli di bidang social marketing (social marketer) tentu saja akan mengeluarkan cukup banyak biaya.

Namun Anda membutuhkan seseorang yang ahli dalam platform ini untuk membantu Anda mengukur tujuan Anda  juga menilai apakah tim Anda sangat berpengalaman atau tidak berpengalaman dalam mengaplikasikan media sosial sebagai strategi pemasaran, karena strategi yang baik akan menempatkan Anda di tempat yang tepat untuk melakukan pemasaran produk.

6. Libatkan Tim Ahli

Memiliki akun pribadi di media sosial tidak sama dengan memahami ruang lingkup iklan #Facebook dan Twitter serta bagaimana mereka bekerja untuk menarik perhatian pengguna. Karena platform ini memperbaiki dan mengubah hal-hal tertentu sepanjang waktu, memiliki seseorang yang ahli dan terus up to date pada perkembangan tersebut di dalam tim Anda akan sangat membantu Anda di masa depan.

7. Lakukan Uji Coba

Mulailah membangun strategi antara Anda dan tim media sosial untuk menguji pasar Anda. Coba keluarkan berbagai konsep ide produk atau jasa baru untuk melihat apa yang paling diminati pelanggan Anda dan apa yang tidak. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan ide apa yang mungkin diterima di target pasar Anda sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya hanya untuk melakukan uji coba tersebut.

Baca juga: 5 Orang Yang Anda Butuhkan Dalam Sebuah Tim Marketing Online

8. Jangan Mudah Merasa Nyaman

Saat bisnis Anda merangkak naik dan strategi pasar dirasa cukup, tidak lantas Anda langsung merasa nyaman dan berdiam diri. Anda harus memastikan bahwa Anda terlibat dalam pembicaraan yang interaktif dengan pelanggan Anda. Bangunlah sebuah dialog yang menarik dan tidak membosankan secara terus menerus dengan pelanggan Anda jika Anda ingin mengembangkan kemitraan Anda dengan pelanggan.

Dari pembicaraan tersebut Anda akan tahu hal apa yang mereka minati yang akan membantu Anda menjaga merek dagang Anda agar tetap menarik. Akhirnya Anda bisa melihat sendiri apakah strategi media sosial Anda mampu membuat perubahan dan penambahan yang diperlukan.

Anda tentu ingin menggunakan strategi yang mendorong orang untuk mendukung kelangsungan Anda dan bisnis Anda dan membuat mereka datang kembali terus menerus bukan? Maka ingatlah selalu bahwa media sosial berpotensi dapat membangun atau merusak bisnis Anda jadi Anda juga harus terus waspada dan berpikir kreatif.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Mantap
    Makasih buat saranya min, cukup membantu

    :)

  2. makasih atas tipsnya mas

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud