Jadi Karyawan Plus Freelancer Secara Bersamaan? Simak Tipsnya Berikut Ini

karyawan dan freelancer

Image dari Smh.com.au

Keadaan ekonomi yang tak kunjung stabil, membuat kita terpaksa harus memutar otak kembali untuk menyikapi kebutuhan yang juga semakin meningkat. Harga-harga barang yang juga meningkat membuat kita harus berupaya untuk bisa menjaga keuangan tetap sehat.

Nah, keadaan ini juga sama persis dialami oleh beberapa perusahaan yang mempekerjakan karyawan tentunya. Tidak mungkin dalam kondisi seperti ini perusahaan lantas meningkatkan gaji karyawannya. Keadaan ini semakin menjepit karyawan dalam memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, sebagai seorang karyawan kita juga harus pandai melihat peluang yang bisa dikerjakan untuk menambah pemasukan. Salah satu yang bisa dikerjakan namun tetap tidak meninggalkan pekerjaan utama sebagai karyawan adalah meniti karir sebagai seorang freelancer.

Artikel lain: Apa sih Enaknya Kerja Jadi Freelancer?

Pertanyaannya kemudian adalah, bisakah kita menjalani profesi tersebut secara bersamaan? Agar semuanya bisa berjalan tetap pada relnya, simak tips di bawah ini.

1. Kalian Harus Membuat Jadwal Harian

Bagi kalian yang memiliki pekerjaan utama sebagai karyawan, kalian bisa saja nyambi sebagai freelancer, tapi jangan sampai mengorbankan status karyawan kalian. Niatnya kan buat nambah pemasukan, kalau mengorbankan status karyawannya jadinya kan tidak menambah pemasukan.

Cara yang paling bagus agar keduanya bisa tetap berjalan adalah dengan membuat jadwal harian. Buatlah daftar pekerjaan kalian sebagai seorang freelancer, buat skala priorias di dalamnya agar bisa diselesaikan dengan tertib.

2. Buat Juga Pembukuan Dari Masing-masing Pekerjaan

Ini sangat penting, mengingat kalian saat ini mengerjakan dua pekerjaan yang berbeda dengan pemasukan yang tentu berbeda juga. Nah, buatlah pembukuan keuangan dari masing-masing pekerjaan tersebut untuk memudahkan mengatur keuangan pribadimu.

Kalian harus mengetahui berapa besar pemasukan dari masing-masing pekerjaan dan berapa besar pula pengeluaran yang dibutuhkan dari pekerjaan tersebut. Pembukuan yang baik akan membantu kalian lebih mudah mengorganisir segala sesuatunya, termasuk tentu pada akhirnya akan membuat kalian bekerja lebih fokus.

3. Tingkatkan Komunikasi Dengan Orang Terdekat

Tingkatkan jalinan komunikasi kalian dengan orang terdekat. Keluarga, pacar, teman atau siapapun yang kalian anggap sebagai orang terdekat. Beritahu pada mereka pekerjaan yang saat ini sedang kalian kerjakan.




Kalau saya pribadi, terutama pada keluarga, karena mereka adalah orang yang selalu berada di sekitar kita. Karena kalian menjalankan beberapa pekerjaan tentu akan membutuhkan banyak waktu dan energi. Jangan sampai pekerjaan kalian justru membuat hubungan dengan orang terdekat menjadi renggang.

4. Jangan Bawa Pekerjaan Lain Ke Kantor

Kalian harus tetap profesional dalam bekerja. Jangan sampai kalian membawa pekerjaan lain atau proyek freelancer kalian ke kantor. Bagaimanapun juga membawa pekerjaan lain ke kantor berarti kalian tidak profesional dengan tanggung jawab kalian di kantor.

Jadi sebisa mungkin selesaikan pekerjaan freelancer di luar pekerjaan kantor. Selain itu, tentu juga bukan sebuah tindakan yang bijak jika kita memanfaatkan waktu atau fasilitas di kantor untuk mengerjakan pekerjaan lain. Kalian harus bisa menjadi seorang yang #profesional baik dalam bekerja di kantor, maupun sebagai seorang freelancer.

5. Jaga Kondisi Fisik

Sebagai seorang yang menjalankan beberapa pekerjaan, tentu akan sangat menguras energi dan tenaga kalian. Perhatikan kesehatan dan kondisi fisik kalian, jangan terlalu memforsir pekerjaan, karena justru akan membuat fisik rawan sakit.

Dan ketika sakit, tentu semuanya akan terbengkalai dan berbahaya untuk karir kalian ke depan, baik karir karyawan maupun karir freelance yang kalian bangun. Lebih baik jaga kondisi dengan istirahat cukup dan makanan yang bergizi untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Baca juga: Ingin Menjadi Freelancer? Begini Cara Memulainya

6. Jadwalkan Juga Rekreasi

Dengan intensitas pekerjaan yang tentunya sangat padat dan melelahkan, tidak ada salahnya kalian untuk mengagendakan rekreasi. Rekreasi untuk sekedar melepas penat dan menyegarkan kembali pikiran kalian yang sudah lelah. Tidak perlu mahal, yang penting bisa meringankan kembali tubuh dan pikiran kalian.

Dalam rekreasi sebaiknya ajak juga orang-orang terdekat kalian, keluarga, teman, sahabat dan famili bisa dilibatkan untuk menghabiskan waktu bersama. Jadikan juga rekreasi sebagai salah satu media untuk meningkatkan komunikasi yang intens dengan mereka. Hitung-hitung sebagai pengganti waktu sehari-hari yang sering terpotong.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud