Ingin Menjadi Freelancer? Begini Cara Memulainya

Ingin Menjadi Freelancer? Begini Cara Memulainya

menjadi freelancer

Perkembangan dunia usaha pada zaman modern seperti saat ini begitu cepat dan sangat fluktuatif. Keadaan ini menuntut siapa saja yang berkecimpung di dunia bisnis harus selalu bisa menyesuaikan diri dengan cepat pula. Ledakan perkembangan bisnis yang dahsyat seperti saat ini memungkinkan munculnya berbagai profesi dan pekerjaan baru yang dulunya mungkin tidak pernah ada.

Segala lini produksi dalam bisnis tentu membutuhkan berbagai macam keahlian yang tentunya tidak bisa dikerjakan hanya oleh satu orang saja. Inilah yang memunculkan banyak peluang pekerjaan baru bagi para ahli yang mumpuni dibidangnya.

Pekerja lepas atau sering disebut freelancer semakin mendapatkan ruang untuk mengaktualisai diri mereka. Potensi pendapatan nya pun juga sangat besar didasarkan keahlian dan tentu saja kepuasan klien mereka.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki keahlian spesial, maka menjadi freelancer bisa menjadi pilihan yang sangat menguntungkan. Lalu bagaimana cara memulai menjalankan profesi freelancer? simak ulasan di bawah ini.

1. Anda Harus Mampu Mengenali Keahlian Diri

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini, sebaiknya kenali dulu passion dan keahlian Anda. Ada banyak sekali peluang yang bisa mengakomodasi berbagai keahlian seseorang. Skill yang menjual, bisa Anda jadikan sebagai modal utama dalam menjalankan bisnis ini.

Kebanyakan freelancer menjalankan profesi mereka berdasarkan keahlian dalam bidang kreatif, misalnya menulis, desain, seni, #fotografi dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebenarnya freelancer tidak terbatas pada bidang kreatif saja, bidang administratif ataupun juga bidang manajemen. Banyak juga yang berhasil menjalani bisnis freelancer dari bidang tersebut, namun memang yang populer di tengah masyarakat adalah bahwa freelancer selalu berhubungan dengan dunia kreatif.

Artikel lain: 4 Kesalahan Yang Membuat Freelancer Pemula Gagal

2. Lakukan Riset Pada Pasar

Setelah Anda mengenali keahlian Anda pada bidang apa, yang harus Anda lakukan sekarang adalah melakukan riset atau penelitian pada pasar. Maksudnya adalah, dengan keahlian seperti yang Anda miliki tersebut, bisa “dijual” atau bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari mana. Nah, banyak tempat yang bisa menampung keahlian seseorang sebagai seorang freelancer.

Kebanyakan freelancer saat ini menggeluti bidang #bisnis online, karena pangsa pasar di sini masih sangat menggiurkan bagi freelancer. Riset tersebut nantinya bisa mencakup segala hal yang akan Anda butuhkan nantinya. Dari riset ini, nantinya Anda bisa mempersiapkan diri apa saja yang dibutuhkan dalam menjalani profesi sebagai freelancer.

3. Kumpulkan Karya Terbaik Anda

Bagi seorang freelancer, kepuasan pelanggan adalah yang utama. Untuk itu, sebelum Anda benar – benar terjun di dalam bisnis ini, ada baiknya Anda kumpulkan karya – karya terbaik Anda yang sesuai dengan keahlian yang Anda kuasai. Tentunya Anda sudah memiliki beberapa hasil karya terdahulu, ambil beberapa dan pilih yang paling baik diantara karya Anda tersebut.

Setelah mendapatkan beberapa karya terbaik Anda, masukkan ke dalam portofolio Anda agar bisa dilihat oleh calon klien Anda.

4. Sampaikan Pada Semua Orang

Setelah Anda memutuskan menjalankan bisnis sebagai seorang freelancer, segeralah sampaikan kepada semua orang sebagai salah satu cara untuk berpromosi. Siapa saja, teman dekat, teman kerja, saudara atau siapapun yang bahkan mungkin orang yang tidak ada hubungannya dengan bidang yang Anda geluti.

Kenapa demikian, hal ini tentu saja sangat penting. Meskipun mungkin orang yang Anda beri informasi tentang pekerjaan Anda tidak akan menggunakan jasa Anda, namun tidak menutup kemungkinan teman mereka atau saudara mereka yang membutuhkan jasa Anda. Untuk pemula dalam bisnis freelancer, ini sangat penting sekali.

Baca juga: Tips Untuk Menjadi Seorang Freelancer Sukses

5. Jangan Lupa Peluang Menjadi Freelancer Bisnis Online

Dengan berkembangnya bisnis online di negara kita, tentu akan semakin membuka peluang bagi pekerja freelancer untuk mendapatkan proyek atau job. Jangan lupakan keberadaan bisnis online, selalu cari informasi baik secara online maupun offline.

Manfaatkan #media sosial yang sering digunakan berinteraksi seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya untuk medapatkan info mengenai freelancer. Banyak peluang freelancer yang ada ada bisnis online saat ini. Bahkan ada banyak juga situs jasa yang bisa mempertemukan pekerja freelancer dengan klien yang membutuhkannya.

2 KOMENTAR

  1. Sepertinya untuk menjadi freelancer dibutuhkan sebuah skill yang memang sudah betul-betul dikuasai ya…
    Namun pasti sangat menyenangkan menjadi seorang freelancer yang menjalankan pekerjaannya sesui dengan kesukaan atau hobi yang ia miliki :D

  2. Mudjiharto Kadarisman

    Saya ingin belajar internet bisnis (freelancer), mohon pengarahannya.

Tinggalkan Balasan