Apasih Enaknya Kerja Jadi Freelancer?

Apasih Enaknya Kerja Jadi Freelancer?

pekerja Freelancer
Image dari thefuriousengineer.com

Yup, pertanyaan ringan seperti itu kadang menjadi sebuah pertanyaan yang tak pernah berhenti ditanyakan oleh beberapa orang. Bahkan orang-orang terdekat kita pun juga selalu mengajukan pertanyaan yang sama setiap waktu bertemu dengan kita.

Biasanya pertanyaan semacam itu sering diutarakan oleh orang tua, atau orang yang lebih tua dari kita. Ya, mungkin karena dulu jaman mereka masih muda peluang pekerjaan sebagai seorang freelancer belum berkembang seperti saat ini.

Saat ini menjadi seorang freelancer adalah sebuah pilihan karir yang sangat potensial. Karena begitu banyaknya peluang pekerjaan freelance yang menawarkan gaji atau pemasukan yang sangat tinggi. Nah, apakah teman-teman juga sering mendapatkan pertanyaan seperti di atas itu? jika sering, jangan khawatir lagi sekarang. Karena kali ini sudah saya siapkan rangkuman jawaban yang cukup mudah dipahami. Semoga dengan tulisan ini kita atau siapapun bisa lebih nyaman dalam menjalani profesi nya sebagai seorang freelancer.

1. Kerja Freelance Itu Fleksibel

Ini adalah kelebihan yang didapatkan saat teman-teman menjadi seorang freelancer, dan tentu saja tidak bisa Anda temukan pada pekerjaan yang lain. Fleksibel, seorang freelancer tidak terikat oleh ruang dan waktu. Artinya kita sendiri yang mengatur dan menyesuaikan waktu kita.

Tidak ada ikatan jam kerja, jadi ya kapanpun kita mood bisa kita kerjakan. Kita bisa mengatur kapan harus bekerja keras dan kapan kita waktunya bersantai untuk memanjakan diri. Jadi, kuncinya adalah bagaimana kita bisa mengatur mood kita agar bekerja tetap dengan penuh dedikasi dan integritas yang tinggi.

Artikel lain: 7 Entrepreneur Sukses Ini Memulai Karir Sebagai Pekerja Freelance

2. Bisa Mengatur Pendapatan

Nah, ini juga sangat penting dalam menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer. Kita bisa mengatur seberapa besar pendapatan yang akan kita dapatkan. Karena tentu saja kita bisa mengambil beberapa proyek dalam sekali waktu jika sedang dalam keadaan kantong tipis. Di sini yang berperan adalah kepandaian teman-teman dalam mengatur deal beberapa proyek.

Jadwalkan dengan baik agar bisa sesuai dengan hasil yang teman-teman inginkan. Tapi yang perlu teman-teman perhatikan, jangan juga asal mengambil semua proyek yang ada. Karena bisa menjadi bumerang buat Anda jika nantinya Anda tidak bisa menyelesaikan proyek dengan maksimal.

3. Penghasilan Juga Bisa Lebih Besar Loh

Jangan remehkan bekerja sebagai seorang freelancer, karena menjadi seorang freelancer saat ini sangat menjanjikan.

Tentu saja juga tergantung dengan skill dan kemampuan yang teman-teman miliki. Dengan keahlian yang mumpuni, gaji seorang freelancer bisa jauh lebih besar dari pada pegawai atau karyawan kantoran. Karena pekerjaan freelance biasanya dihitung per proyek, maka jika Anda mendapatkan proyek besar tentu saja akan sangat berpeluang mendapatkan penghasilan yang lebih besar juga.

4. Bisa Menentukan Besaran Gaji Sendiri

Nah ini tentu keinginan bagi siapa saja, dan tidak akan teman-teman dapatkan jika kalian bekerja di sebuah perusahaan. Kebijakan gaji adalah dari perusahaan, ini berbeda dengan freelancer. Anda bisa menentukan sendiri berapa harga untuk karya Anda. Jika Anda sudah memiliki reputasi yang bagus, tentu seberapapun besar harga yang Anda minta pasti klien akan menyanggupinya.

Dan ini akan dilihat dari seberapa bagus karya Anda dan bagaimana Anda bisa memuaskan klien Anda. Jika Anda bisa memilihara reputasi dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan ke depan daya tawar Anda akan semakin tinggi, sehingga otomatis akan meningkatkan pula besaran gaji Anda.

Baca juga: 4 Kesalahan Yang Membuat Freelancer Pemula Gagal

5. Fasilitas, Anda Bisa Melengkapinya Sesuai Selera Anda

Jika bekerja di kantor atau di perusahaan, fasilitas tentu akan disesuaikan oleh perusahaan itu sendiri. Anda tidak memiliki kewenangan mengatur dan meminta fasilitas yang sesuai dengan kepentingan yang Anda butuhkan.

Ini sangat berbeda dengan Anda menjadi seorang freelancer, Anda bisa melengkapi fasilitas dan kelengkapan yang menunjang kenyamanan Anda dalam bekerja. Karena jika Anda tidak nyaman dalam bekerja, tentu saja hasil pekerjaan Anda tidak akan maksimal. So, dengan menjadi seorang freelancer Anda bebas melengkapi fasilitas apapun yang membuat Anda nyaman.

Nah teman-teman, itu adalah rangkuman sederhana atas beberapa pertanyaan yang meragukan pada profesi freelancer. Di atas adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pekerja freelanceer. Namun, di samping kelebihan tentu saja ada juga beberapa kekurangan yang ada dalam profesi sebagai freelancer, lain kesempatan akan kita bahas bersama.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan