6 Tips Meningkatkan Performa iPhone Lama

Image dari Trenologi.com

Image dari Trenologi.com

Pengen punya iPhone baru tapi tak punya dana untuk membelinya? Jangan khawatir, Anda tak perlu membeli yang baru untuk bisa menikmati performa iPhone lama Anda dengan kualitas baru. Anda dapat ‘mengotak-atik’ iPhone Anda agar performanya tidak kalah hebat dari seri terbaru iPhone. Bagaimana caranya? Berikut ini 9 tips untuk bisa meningkatkan performa iPhone lama.

1. Menghapus Aplikasi yang Memakan Banyak Ruang Simpan

Tips pertama untuk meningkatkan performa iPhone lama adalah dengan menghapus atau memasang ulang #aplikasi yang memakan banyak ruang penyimpanan. Memang perangkat smartphone termasuk iPhone yang terlalu banyak diisi dengan aplikasi atau aplikasi yang lama tidak dibersihkan akan membuat beban atau performa iPhone menjadi berat dan lambat.

Namun Anda bisa membuat performa iPhone Anda menjadi cepat seperti saat pembelian baru dengan cara menghapus atau memasang ulang aplikasi yang banyak memakan banyak ruang simpan. Bisa jadi aplikasi foto, musik, dan podcast akan memakan banyak ruang simpan. Tetapi ruang simpan yang dihabiskan oleh aplikasi media sosial seperti #Facebook, Twitter, dan Instagram mungkin akan lebih banyak lagi.

Artikel lain: Pastikan Keamanan iPhone Dari Serangan Hacker Dengan 7 Langkah Berikut Ini

Maka dari itu Anda harus bisa membersihkan sampah atau aplikasi yang mungkin jarang dipakai. Caranya bukalah tab penggunaan (usage) dalam pengaturan umum (general settings). Di sana Anda dapat melihat, aplikasi mana yang paling sering Anda gunakan dan meninggalkan sampah dan mana aplikasi yang jarang digunakan dan mengambil banyak kapasitas.

2. Menonaktifkan Layanan Lokasi Untuk Aplikasi yang Tidak Memerlukan GPS

Jika Anda sering dan banyak mengaktifkan aplikasi yang menggunakan fitur GPS, maka untuk membuat performa iPhone menjadi lebih baik Anda harus menonaktifkan fitur layanan lokasi tersebut. Kenapa demikian? Fitur GPS memang salah satu fitur yang akan banyak menguras baterai dan kecepatan iPhone Anda.

Untuk menonaktifkan fitur layanan lokasi ini Anda harus masuk di pengaturan privasi. Di sana Anda dapat melihat aplikasi yang sering menggunakan GPS dan juga menonaktifkannya. Memang beberapa aplikasi membutuhkan fitur GPS, namun aplikasi seperti dropbox dan lainnya mungkin sangat tidak penting untuk Anda aktifkan layanan lokasi ini.

3. Mengurangi Fitur Animasi iOS Seperti Parallax Dan Meningkatkan Kontras

Fitur lain yang seringkali akan menbuat performa iPhone manjadi menurun adalah fitur animasi iOS seperti parallax dan peningkatan kontras. Parallax sendiri adalah fitur yang membuat pergeseran latar belakang iPhone saat Anda menggerakkan iPhone Anda.

Meski menarik ternyata fitur ini tidaklah terlalu berguna untuk performa umum iPhone Anda. Maka mematikan fitur ini akan lebih membebaskan sedikit daya pemrosesan dan memperpanjang daya baterai.

Cara untuk mematikan fitur ini adalah dengan pergi ke panel aksesibilitas (accessibility) di pengaturan umum lalu disana pilih ‘Kurangi Pergerakan’ atau ‘Reduce Motion’. Di menu yang sama, ada pilihan ‘Tingkatkan Kontras atau “Increase Contrast’ yang akan membawa Anda ke beberapa pilihan pengaturan grafis.




4. Menonaktifkan ‘Background App Refresh’

Seringkali kita lupa untuk menutup kembali aplikasi yang sudah kita buka. Saat kita lupa menutup aplikasi tersebut maka aplikasi tadi akan tetap berjalan meskipun Anda tidak menggunakannya. Akibatnya, iPhone akan berjalan sangat berat dan lambat.

Untuk mengembalikan performa menjadi lebih baik maka Anda harus menutup aplikasi yang ada. Jika Anda kerepotan menutup satu per satu, Anda bisa menonaktifkan “Background App Refresh,” yang dapat Anda temukan di pengaturan umum. Membiarkan sejumlah aplikasi tertentu berjalan di latar belakang, seperti #Google Maps atau Spotify, juga sangat berguna. Satu lagi cara yang bisa Anda coba yaitu menonaktifkan penyegaran aplikasi.

5. Menghapus Pesan Teks Lama

Pesan teks (SMS) lama memang terlihat sepele. Namun Anda harus mengerti bahwa pesan teks yang terlalu lama disimpan dan menumpuk banyak akan bisa membuat kinerja atau performa iPhone menjadi menurun.

Maka untuk mengatasinya, Anda bisa menghapus pesan teks lama yang mengambil sejumlah besar ruang penyimpanan pada iPhone Anda. Jika Anda tidak ingin melakukan hal ini sendiri, Anda juga dapat mengatur agar pesan teks di iPhone Anda dihapus setelah 30 hari.

Baca juga: Tips Mudah Membedakan iPhone Asli dan iPhone Replika

6. Meningkatkan Performa iPhone Dengan Melakukan Restore

Terakhir, tips untuk untuk meningkatkan performa iPhone lama adalah dengan melakukan restore. Ini adalah langkah terakhir bagi Anda untuk bisa membuat performa iPhone menjadi membaik setelah semua cara di atas gagal Anda lakukan. Dengan melakukan restore atau pengaturan kembali seperti pengaturan pabrik maka Anda akan kembali merasakan performa seperti awal Anda pertama kali membeli iPhone.

Meskipun restore ini memang bisa benar-benar membersihkan, menghapus dan menyetel ulang hard drive dan RAM iPhone Anda, namun yang harus Anda ingat bahwa langkah ini tidak akan memperbaiki daya tahan baterai iPhone Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud