Inilah Jepang, Negara dengan Teknologi Paling Inovatif, Intip 4 Wujudnya Berikut Ini

teknologi Jepang kereta api

Image dari Inquirer.net

Bicara tentang negeri Sakura Jepang, kita akan selalu dibawa pada kekaguman dan ketakjuban. Bagaimana tidak, negara yang luluh lantak pada tahun 1945 karena bom atom Hiroshima dan Nagasaki ini terus bertumbuh sebagai negara yang paling modern dan maju di Asia dan dunia. Kemajuan negara Jepang ini bahkan saat ini sudah mampu menyaingi negara-negara  paling maju di Eropa dan Amerika.

Dari sekian banyak penemuan #teknologi yang telah diciptakan ternyata Jepang tidak mau berhenti berinovasi. Mereka terus saja berkarya dan berkreasi membuat penemuan-penemuan serta teknologi-teknologi lainnya yang mampu mendukung dan mempermudah kehidupannya.

Jadi Negara Paling Efisien dalam Pengembangan Kreativitas

Dari perkembangan teknologi yang cepat ini tak ayal bila kemudian bila Jepang dianggap sebagai negara paling efisien dalam mengembangkan kreativitas menjadi inovasi. Pada tahun 2014 kemarin pun akhirnya Jepang mendapatkan anugerah dari Bank Pembangunan Asia (ADB). Anugerah efisiensi teknologi ini didapat Jepang setelah unggul pada 36 indikator dari negara-negara Asia lainnya.

Indikator-indikator yang menjadi ukuran kapasitas dan insentif untuk inovasi antara lain mencakup jumlah hak paten, jumlah perguruan tinggi yang berhasil masuk 500 besar dunia, buku, anggaran riset, film, tingkat urbanisasi dan juga pengembangan.

Artikel lain: Mengenal Uchi ~ Konsep Kekeluargaan dalam Bisnis dan Perusahaan Jepang




1. Teknologi Kereta Cepat

Teknologi pertama yang inovatif dan efisien dari Jepang adalah kereta cepat Shinkansen. Kereta cepat di Jepang ini memang terbilang sangat menarik dan spektakuler. Bagaimana tidak, kereta yang menggunakan teknologi magnetic levitation ini mampu membuat kereta  terangkat setinggi 10 sentimeter dari rel dan melaju hingga 600 kilometer per jam.

Dengan hal ini maka kereta cepat ini pun mampu menempuh jarak 515 kilometer hanya dalam waktu 2,5 jam saja. Teknologi Magnetic levitation dengan gaya magnet berkekuatan listrik ini yang mampu mendorong gerbong-gerbong ini sendiri hingga sekarang pun masih dikembangkan agar bisa mencapai efisiensi dan efektifitas yang maksimal.

2. Teknologi Tahan Gempa

Negara Jepang yang berlokasi di antara lempeng bumi Samudera Pasifik membuat negeri ini sangat rentan diguncang gempa. Setidaknya beberapa gempa yang terjadi sebelumnya sudah menjadi bukti bahwa Jepang harus bekerja untuk menciptakan teknologi yang mampu mengatasi gempa ini. Maka dari kemudian muncullah teknologi bangunan tahan gempa. Mendengar nama teknologi ini bukan lantas membuat bangunan yang ada tidak terpengaruh gempa yang ada.

Namun teknologi tahan gempa yang dimaksud akan membuat bangunan yang ada menjadi lentur dan tak mudah roboh karena efek gempa. Tak hanya bangunan pemukiman dan gedung, teknologi tahan gempa yang ada ini kemudian diadaptasi pada bangunan minimarket yang dirancang juga untuk memiliki cadangan energi. Dengan adanya cadangan energi ini maka aliran listrik akan tetap ada meski secara umum terputus saat gempa.

3. Tekonologi Efisiensi Kertas Tisu

Berikutnya teknologi yang inovatif dari Jepang adalah teknologi efisiensi kertas tisu. Bagaimana Jepang melakukannya? Hal ini terjadi saat para ilmuwan mendapati menumpuknya limbah kertas di negara tersebut. Maka mereka pun berpikir bagaimana caranya limbah kertas ini bisa dimanfaatkan dengan baik menjadi sesuatu yang berguna.




Maka kemudian muncullah teknologi mesin yang mampu mendaur ulang limbah kertas kantor menjadi tisu toilet. Dengan adanya temuan ini maka kemudian 40 lembar kertas bekas ukuran A4 pun bisa diubah menjadi satu roll tisu toilet dalam waktu 30 menit.

Baca juga: Yaokikai ~ Mengutip Inspirasi Dari “Gudangnya” Para Pengusaha Bangkrut Asal Jepang

4. Teknologi Futuristik Mesin Cuci

Terakhir, teknologi paling inovatif dari negeri Jepang adalah teknologi futuristik mesin cuci. Mesin cuci? Seperti apa teknologi ini? Teknologi mesin cuci futuristik ini sendiri bekerja tanpa harus menggunakan air sebagai medium pembersihannya.

Pembersihan tanpa air ini sendiri tentunya sangat futuristik sebab tidak terdapat pada mesin cuci kebanyakan. Mesin cuci tanpa air ini sendiri bernama AQUA Racooon yang merupakan produksi dari AQUA Japan— brand yang dulu kita kenal dengan nama SANYO.

Lalu bagaimana mesin cuci ini melakukan pembersihan tanpa air? Caranya dengan memanfaatkan teknologi ozon khusus maka pakaian yang kotor pun akan bersih dan bau yang ada akan kembali segar. Dengan teknologi ini juga seseorang akan efisien dan hemat karena mereka tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan jasa dry cleaning.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud