Inilah “Bocoran” Gaji Beserta Tingkat Kepuasan Pegawai Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia

Gaji Pegawai Perusahaan Telekomunikasi

liputan6.com

Siapa sih yang tak mau bekerja di perusahaan yang mampu memberikan kompensasi yang menarik? Kompensasi yang menarik memang selalu menjadi impian bagi para pekerja. Tapi untuk mendapatkan perusahaan yang mampu memberikan kompensasi menarik Anda harus bisa mengetahui pertumbuhan bisnis dari perusahaan tersebut. Ya, semakin bagus usaha yang dijalankan perusahaan memang umumnya akan berkorelasi dengan besarnya kompensasi yang akan didapat karyawannya.

Lalu perusahaan apa saja yang memiliki pertumbuhan bisnis yang bagus itu? Salah satu perusahaan yang dimaksud tentunya bisa kita sebut yaitu perusahaan industri telekomunikasi (telko). Perusahaan ini memang sedang mengalami pertumbuhan yang pesat sebagai dampak perkembangan dunia digital yang makin massif. Walhasil, industri telko seringkali tercatat sebagai perusahaan yang memberikan kompensasi yang bagus bagi para karyawannya.

10 Perusahaan Telekomunikasi Indonesia yang Tercatat Memuaskan Karyawan

Hal berkaitan dengan catatan industri telko ini memang semakin terbukti ketika situs online berbagi informasi dunia kerja Jobplanet meluncurkan hasil analisisnya berkaitan dengan tingkat kepuasan karyawan pada gaji atau kompensasi yang didapat. Dari hasil analisis Jobplanet ini tercatat bahwa ada sepuluh sampel perusahaan telko yang mampu memenuhi tingkat kepuasan karyawan pada aspek atau unsur kompensasi, gaji dan tunjangan tersebut.



Kesepuluh perusahaan telko tersebut antara lain PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Ooredoo (Indosat), PT XL Axiata Tbk (XL), PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), PT Telkom Akses, PT Huawei Tech Invesment (Huawei), PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Ericsson Indonesia (Ericsson), dan PT Supra Primatama Nusantara (Biznet).

Artikel lain: Masih Banyak Kekurangan, Inilah Alasan Mengapa Teknologi Smartphone 4G Belum Wajib Dimiliki

Rentang Gaji Karyawan Per-Divisi di Perusahaan Telekomunkasi

Lalu berapa sih gaji dan kompensasi yang diberikan kesepuluh perusahaan tadi yang dikatakan memuaskan para karyawannya tersebut? Dari sini kita bisa membahasnya per bidang divisi yang ada pada perusahaan-perusahaan tersebut. Dari situs yang sama yaitu Jobplanet diketahui bahwa untuk profesi staf di bidang teknis (TI, R&D, dll) pada perusahaan telko, memiliki kisaran gajinya antara Rp 4,1 juta hingga Rp 7,6 juta. Sedangkan untuk rata-rata gaji staf non-teknis (sales, marketing, desain, dll) berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 8,2 juta.

Pada level yang lebih tinggi yaitu level manajer teknis, gaji yang didapatkan bisa mencapai kisaran Rp 10,3 juta sampai Rp 20,75 juta. Sementara untuk posisi manajer non-teknis gaji yang didapat berkisar antara Rp 9,75 juta hingga Rp 22,6 juta.

Tingkat Kepuasan Karyawan Telekomunikasi dari Gaji yang Didapat

Dari pembahasan angka dan jumlah gaji yang didapat analisis Jobplanet menelisik lebih dalam mengenai tingkat kepuasan yang didapat para karyawan tersebut. Hasilnya tercatat bahwa  dari sepuluh perusahaan yang  ada tadi, karyawan Telkomsel mengaku paling puas dengan gaji dan tunjangan yang diberikan.

Operator telekomunikasi milik pemerintah ini sendiri meraup nilai kepuasan mencapai 3,9. Berbeda tipis dengan perusahaan lain, Ericsson memperoleh tingkat nilai kepuasan karyawan mencapai 3,8. Sedangkan perusahaan Telkom memiliki nilai 3,7. Dan berturut-turut nilai yang didapat perusahaan telko lainnya yaitu :

  • XL dengan nilai kepuasan 3,6
  • Biznet dengan nilai kepuasan 3,5
  • Indosat dengan nilai kepuasan 3,3
  • Smartfren dengan nilai kepuasan 3,2
  • Huawei dengan nilai kepuasan 3,2
  • Telkom Sigma dengan nilai kepuasan 3,2
  • Telkom Akses dengan nilai kepuasan 3,1.

Baca juga: Udah Tahu Aturan Baru Registrasi SIM Prabayar? Kenali Juga Untung Ruginya

Gaji dan Tunjangan Bukan Merupakan Satu-satunya Faktor Kepuasan Kerja

Menurut Chief Product Officer Jobplanet Indonesia Kemas Antonius, gaji dan tunjangan bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan tingkat kepuasan seorang karyawan di perusahaan. Namun lebih dari itu ada faktor-faktor lainnya yang turut menentukan. Faktor-faktor lain yang bisa menunjang kepuasan konsumen tersebut yaitu jenjang karier, work-life balance, budaya perusahaan, dan manajemen. Besaran gaji dan tunjangan yang diperoleh karyawan sendiri merupakan bentuk penghargaan dari perusahaan atas kontribusi karyawan, jelas Kemas Antonius.

Menurut Kemas Antonius hingga akhir Januari 2016 sendiri telah ada 280 perusahaan telekomunikasi yang terdaftar dalam situs Jobplanet. Dari keseluruhan perusahaan telekomunikasi yang terdaftar itu rata-rata tingkat kepuasan karyawan terhadap gaji dan tunjangan mereka berada pada rating 3,3 dari rating tertinggi 5,0 yang memperoleh penilaian “sangat puas”.





1 comment on this postSubmit yours
  1. lumayan juga tuh gaji.. kerjaan enak, gaji memuaskan, jadi kepingin untuk mencoba melawar pekerjaan didalah satu perusahaan tersebut, ada lowongan gak ya..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud