Inilah 5 Tren Teknologi yang Diyakini Akan Memperkuat Ekosistem Ecommerce di Masa Depan

perkembangan ecommerce

Image dari Expertonline.kz

Semakin tahun kegiatan berbelanja memang semakin mudah dan nyaman. Bagaimana tidak, dengan hanya sentuh dan klik sana-sini, maka Anda sudah mampu mendapatkan barang atau produk yang diinginkan. Perdagangan secara online melalui perangkat eletronik (ecommerce) tersebut, sekarang ini memang sangat luar biasa. Dibuktikan dengan keberadaan toko online dan marketplace yang menjual barang-barang secara online.

Boomingnya transaksi belanja secara online ini pada akhirnya membuat tren tersendiri di masa-masa yang akan datang. Menurut beberapa pakar, akan ada penyusunan ulang tren teknlogi bisnis ecommerce yang akan terjadi di masa depan. Lalu seperti apa bentuk tren teknologi di masa depan yang diyakini akan makin memperkuat ekosistem #ecommerce ini? Berikut ulasannnya.

1. Belanja Online Kapanpun dan Di Manapun

Tren #teknologi yang diyakini akan memperkuat ekosistem ecommerce adalah belanja online dimana pun dan kapan pun. Ya, tidak hanya saat berada di rumah, belanja online di masa depan diyakini akan dilakukan di tempat nongkrong, di kantor hingga di tempat wisata. Keberadaan jaringan internet yang makin meluas dan makin canggih adalah latar belakang dan penyebab mengapa tren ini akan berkembang nantinya.

Maka bukan lagi booming yang terjadi, namun belanja online ini akan menjadi sebuah gaya hidup manusia modern. Dari sini maka jumlah transaksi pembelian online diprediksi akan semakin meningkat dan mencatatkan angka yang sangat luar biasa.

Artikel lain: Teknologi Mobile + Media Sosial ~ Ramuan Sempurna Suburnya Bisnis Mobile Ecommerce

2. Toko Fisik yang Terus Menurun

Dengan adanya toko online seorang penjual memang akan banyak diuntungkan. Selain tak perlu membeli atau menyewa lahan yang harganya bisa sangat mahal, #toko online juga tak memerlukan jumlah karyawan yang banyak. Sehingga dari sini penjual (merchant) yang bergerak pada bisnis ecommerce ini akan banyak diuntungkan dalam segi pengeluaran.

Tren membuat toko online ketimbang toko fisik ini diyakini akan semakin meningkat dan makin marak dilakukan oleh sejumlah manufaktur di masa depan. Dengan demikian maka nantinya konsumen akan semakin memiliki banyak pilihan merchant untuk keperluan belanja online-nya.

3. Ecommerce Global Tanpa Halangan

Keberadaan toko online yang makin meriah dimasa yang akan datang diprediksi akan menghilangkan batas-batas negara hingga kemudian menciptakan ecommerce global. Buktinya, saat ini makin banyak marketplace asing yang mendirikan perwakilannya ke negara lain. Aksi ini sendiri dilakukan dalam rangka ekspansi untuk perluasan usaha.

Kabar terbaru yang bisa menjadi fakta ini adalah dibukanya kantor eBay, sebuah perusahaan asal Amerika di Indonesia. Selain akan menjadi menghilangkan batas-batas negara dan bersifat global, bisnis ecommerce juga diprediksi juga akan menciptakan sistem perdagangan bebas dengan menghilangkan halangan-halangan seperti bea cukai, surat tugas dan biaya tambahan, bahasa dan nilai mata uang, serta kompleksitas peraturan pada  tiap-tiap negara.

Ketika halangan-halangan berhasil didobrak, maka akses ke berbagai pasar dunia ini akan menciptakan lapangan pekerjaan baru, dan menghilangkan keterbatasan lokasi berdasarkan geografis yang saat ini masih saja terjadi pada bisnis ecommerce.




4. Makin Maraknya Penggunaan Teknologi Virtual Reality

Berikutnya, tren teknologi yang diyakini akan makin memperkuat ekosistem ecommerce adalah makin maraknya penggunaan Virtual Reality (VR).  Sebenarnya teknologi ini sudah muncul sekarang, namun masih belum marak. Nah dari sini ketika Virtual Reality (VR) ini tampil sebagai terobosan yang luar biasa, para konsumen pun akan mengikuti perkembangannya.

Sama halnya pada perangkat teknologi #smartphone yang saat ini ternyata diikuti oleh banyak pihak. Integrasi pada teknologi VR ini juga diyakini akan memberikan nilai lebih bagi banyak manufaktur dan para konsumen.

Baca juga: Prediksi Steve Jobs Mengenai Perkembangan Bisnis Ecommerce yang Terbukti Benar

5. Pembelian Berkelanjutan dengan Smartphone

Terakhir, tren teknologi yang diyakini akan memperkuat ekosistem ecommerce di masa depan adalah pembelian yang berkelanjutan dengan smartphone. Perangkat yang satu ini memang sangat nyaman dan mudah dibawa ke mana-mana.

Apalagi dengan kehadiran aplikasi dari perusahaan ecommerce yang terus bermunculan di play store dan app store maka hal ini akan semakin membuat mudah kegiatan berbelanja online. Dari sinilah maka kemungkinan terjadinya pembelian yang berkelanjutan melalui perangkat dan teknologi smartphone akan menjadi sebuah kenyataan di masa depan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud