Inilah 5 Strategi Garnier untuk Tetap Eksis di Industri Kosmetik

Garnier

Image dari Loreal.com

Semakin tahun persaingan di dunia bisnis memang semakin ketat. Persaingan yang ketat ini disebabkan oleh munculnya pemain-pemain baru di dunia entrepreneur. Jadi bila Anda seorang pengusaha yang sedang menjalankan usaha maka Anda harus menyadari dan segera terus melakukan upaya agar bisnis Anda tetap eksis. Nah untuk bisa tetap eksis di dunia entrepreneur ini Anda memang mau tak mau harus menjalankan sebuah strategi khusus yang tepat dan efektif.

Inilah yang juga dilakukan oleh Garnier, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Alfred Garnier pada tahun 1920. Merasa mendapat persaingan usaha yang makin sengit, Garnier menjalankan strategi agar tetap eksis di industri kosmetik. Lalu apa saja strategi yang dijalankan oleh perusahaan yang diakuisisi oleh L’Oreal tahun 1965 ini? Berikut ulasannya.

1. Lakukan Inovasi

Strategi pertama Garnier untuk tetap eksis di industri kosmetik adalah dengan lakukan inovasi dan juga luncurkan produk baru. Menurut Reny K. Agusta, Marketing Manager Garnier, PT L’Oreal Indonesia, inovasi adalah sesuatu yang penting. Tapi untuk membuat inovasi dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Menurut Reny sebelum meluncurkan inovasi yang akan diaplikasikan pada produknya, pihaknya selalu terlebih dahulu melakukan riset dan studi konsumen untuk melihat kebutuhan mereka.



Setelah melakukan studi pihaknya akan bekerja sama dengan pihak R & I (Research and Innovation). Nah dari sinilah maka formula inovasi didapat. Sebelum diluncurkan produk akan dilakukan uji coba atau test dulu. Semua rangkaian ini dilakukan untuk bisa membuat inovasi berjalan dengan maksimal dan diterima pasar.

Artikel lain: Wardah Kosmetik ~ Jatuh Bangun Tren Setter Bisnis Kosmetik Muslim Indonesia

2. Hadirkan Kemasan Produk dengan Berbagai Ukuran

Salah satu wujud inovasi yang dihadirkan oleh Garnier demi bisa tetap eksis di industri kosmetik adalah dengan menghadirkan kemasan produk berbagai ukuran. Pada akhirnya perusahaan ini pun meluncurkan produknya dengan berbagai variasi ukuran dari yang besar hingga kini tersedia dalam ukuran yang paling kecil berwujud produk sachet. Strategi menghadirkan kemasan produk dengan berbagai kemasan ini sendiri dilakukan dengan tujuannya untuk bisa menjangkau semua kalangan dan mendapatkan konsumen yang lebih besar dan luas.

3. Rambah Dunia Digital

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat juga menjadi hal yang dimanfaatkan dalam penerapan strategi Garnier demi eksis di industri kosmetik. Dengan dunia digital yang saat ini sudah diterapkan, maka setiap produk yang ada akan di promosikan juga melalui jalur ini. salah satu bentuk strategi di dunia digital yang dijalankan adalah optimalisasi #media sosial. Ya, kini perusahaan ini juga menggunakan Twitter dan Facebook Fans Page untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat.

4. Kerjasama Garnier dengan Blogger dan Media

Keberadaan media elektronik dan #blogger yang makin marak juga tidak luput dari perhatian pihak Garnier. Mereka memaksimalkan perantara media elektronik dan para blogger ini untuk kegiatan promosi produknya.

Maka tak ayal bila Garnier melakukan konferensi pers, memasang iklan di televisi dan juga memasang visual Garnier di toko-toko juga menjadi salah satu strategi perusahaan ini untuk terus memperkenalkan produknya. Para blogger sendiri juga dilibatkan dalam kegiatan promosi produknya dengan meminta mereka untuk menuliskan review produk di blognya dengan imbalan fee tertentu.

Baca juga: 4 Kiat Sukses Nurhayati Subakat Membangun Bisnis Wardah Kosmetik

5. Tawarkan Produk Berbahan Alami

Terakhir, stretegi yang dijalankan Garnier untuk bisa tetap eksis di industri kosmetik adalah dengan menawarkan produk berbahan alami. Produk kosmetik yang saat ini banyak yang tidak aman karena mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kulit membuat perusahaan ini concern dengan hal ini. Maka mereka pun meluncurkan produknya yang menggunaan unsur berbahan alami. Dengan adanya kandungan bahan alami yang dipadukan dengan teknologi terbaik dan tidak berbahaya ini tentunya konsumen akan merasa tenang dan nyaman saat mereka ingin mencobanya.

Dengan beberapa strategi yang telah dijalankan ini maka pertumbuhan Garnier pun sudah mulai terihat. Bahkan menurut Marketing Manager Garnier, PT L’Oreal Indonesia, Reny K. Agusta target perusahaan tahun kemarin sudah tercapai. Meski sudah mencapai target Reny mengatakan bahwa pihaknya masih terus berupaya menjadikan produk Garnier sebagai produk andalan para wanita Indonesia.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud