Inilah 5 Manfaat Menulis Artikel Abadi Untuk Blog Pribadi

Image dari Gischmedia.com

Image dari Gischmedia.com

Dalam #blogging ternyata ada beragam jenis atau kategori konten atau artikel yang bisa menentukan keberlangsungan sebuah blog atau website. Jika Anda adalah bloger yang ingin serius dan sukses menekuni dunia blogger, maka Anda harus memahami jenis-jenis artikel yang ada.

Salah satu jenis pengkategorian artikel yang ada pada sebuah blog adalah artikel berdasarkan pada ketahanan waktunya. Berdasarkan hal ini, artikel atau konten dibedakan lagi menjadi artikel musiman, semi permanen dan permanan (abadi). Layaknya sebuah produk bisnis, konten atau artikel juga memiliki ketahanan waktu ramai dan tidaknya untuk dikunjungi.

Jika Anda ingin blog Anda selalu mendapat kunjungan maka artikel permanen atau abadi adalah pilihan yang tepat. Menulis artikel abadi ini sendiri adalah menulis konten blog yang berisi tulisan yang selalu bermanfaat dalam waktu yang sangat lama hingga tak lekas kadaluarsa oleh waktu. Umumnya konten atau artikel yang abadi ini berisi tips-tips.

Artikel lain: 5 Kegiatan Untuk Mendapatkan Ide Menulis Postingan Blog

Namun tetap saja Anda harus memperhatikan batas waktu yang bisa dilewati oleh konten yang akan diberikan. Terlepas dari teknik menciptakan artikel abadi yang tepat ini, ada setidaknya 5 manfaat penting yang harus Anda ketahui dari jenis artikel abadi tersebut. Berikut penjelasannya.




1. Mendatangkan Pengunjung Baru

Manfaat pertama dari menulis artikel abadi untuk blog adalah mendatangkan pengunjung baru. Menulis artikel abadi memang lebih berpeluang menjaring pengunjung yang baru setiap harinya daripada artikel musiman.

Hal ini dikarenakan artikel abadi umumnya bertipe umum yang akan banyak dibutuhkan oleh banyak kalangan. Maka dari itu jangan ragu untuk membuat artikel yang dengan tema umum yang bisa menjaring semua kalangan untuk bisa memancing mereka berkunjung ke blog Anda hingga menciptakan trafik yang tinggi.

2. Menulis Artikel Abadi Menunjukkan Kualitas Anda

Blog dengan konten atau artikel abadi selain membuat Anda fokus juga akan membuat blog Anda semakin berkualitas. Mengapa demikian? Ini karena blog yang telah banyak dikunjungi tentu akan membuat blog tersebut bernilai di mata #Google. Dan saat Google sebagai mesin pencari terbaik ini memberikan penilaian yang baik, tentu secara tidak langsung blog Anda akan banyak dipercaya netizen sebagai blog yang mumpuni dan berkualitas.

Tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi untuk menjadikan blog dengan artikel abadi ini menjadi berkualitas yaitu isi dan uniknya konten.Jika Anda mampu membuat artikel abadi ini unik dan menarik maka blog Anda akan mendapatkan banyak kunjungan dari netizen yang terkategori unik dan sangat disukai oleh Google.

3. Membuat Blog Selalu Hidup

Blogger tak selalu bisa tiap hari dan tiap waktu mampu mengupdate blog. Jika hal ini terjadi kemungkinan besar blog akan mati suri dan bila dibiarkan dalam waktu lama bisa jadi blog akan mati untuk selamanya.




Maka dari itu jika Anda adalah blogger yang tidak memiliki banyak waktu dan kemampuan untuk terus mengupadate blog, Anda bisa memanfaatkan jenis artikel abadi ini untuk menjadikan blog Anda tetap hidup setiap hari. Dengan memiliki banyak artikel abadi berkualitas maka setiap hari blog akan selalu ada yang mengunjungi, meskipun admin blog tersebut sedang vakum.

Admin blog hanya cukup menulis sekali, namun menulis artikel abadi yang bersifat tahan lama ini akan dibaca terus menerus dan membuat blog selalu hidup, bahkan mungkin seandainya pemiliknya meninggal dunia.

4. Membantu Orang Lain

Blog bukan lagi sebuah media curhat seseorang. Saat ini blog telah banyak dimanfaatkan oleh seseorang untuk menghadirkan beragam informasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Saat ini netizen yang acapkali memanfaatkan #mesin pencari seperti Google untuk mencari informasi akan membuat blog Anda diakses netizen yang membutuhkan data dan informasi dari blog Anda.

Jika Anda rajin menulis artikel abadi ini maka netizen akan dimudahkan untuk mendapat jawaban, solusi, inspirasi, pelajaran, pengalaman, pengetahuan, hiburan dan berbagai hal positif lainnya dari tulisan-tulisan di blog kita.  Itu artinya secara tidak langsung kita sudah membantu mereka.

Baca juga: Mencermati 5 Kata Yang Kerap Salah Tulis Dalam Konten Blog

5. Sebagai Catatan Pribadi dan Portofolio

Terakhir, manfaat dari menulis artikel abadi untuk sebuah blog adalah untuk membuat catatan pribadi dan portofolio. Saat ini blogger memang berpeluang besar menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Maka jika Anda rajin memposting artikel abadi dengan tema yang spesifik dengan profesional, maka artikel tersebut bisa menjadi portofolio Anda untuk bisa mengangkat Anda menjadi blogger yang lebih profesional.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. Bagaimana jika menulis tentang dunia blog sendiri seperti cara menulis artikel yang berkualitas? apakah itu termasuk artikel abadi juga?

    • Yes, itu salah satu topik yang akan dicari terus oleh pemula yang bermunculan setiap tahunnya.

  2. Menulis tema yang tetap memberikan manfaat kepada pembaca kapan pun adalah sangat menarik. Ini bisa menjadi inspirasi untuk menulis tema atau topik yang dibutuhkan sepanjang zaman.

    Ya, saya pikir tak perlu harus tema besar. Misalnya tips-tips mendidik anak dengan baik, membuat diri selalu sehat, tips mempertahankan cinta dengan pasangan, dsb adalah tema-tema abadi.

    Istilah abadi harus diartikan untuk waktu lama. Bukan abadi sepanjang zaman. Tema abadi tak harus 100%. Bisa hanya 90% dan 10% lainnya harus dimodifikasi supaya tetap sesuai dengan perkembangan zaman.

    Tren minat manusia juga mempengaruhi. Walaupun, topik itu tetap diminati. Tetapi perlu polesan baru di sana sini. Terima kasih.

  3. Mungkin saat ini sangat sulit dan jarang sekali para blogger untuk menulis artikel yang abadi, karena kebanyakan artikelnya hasil re-write dan copy paste..

  4. kalau memang berniat untuk membuat artikel abadi untuk blog pribadi, lebih baik untuk menyewa hosting sendiri (tidak menumpang) jadi akses penuh punya kita kan. hehe

  5. wah ide mantab – kebanyakan blogger membahas hal yang sama yang lagi booming, bagaimana ya caranya menciptakan trend tersendiri?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud