5 Kegiatan Untuk Mendapatkan Ide Menulis Postingan Blog

5 Kegiatan Untuk Mendapatkan Ide Menulis Postingan Blog

Ide-Menulis-Postingan-Blog

Sebagai seorang blogger, mengupdate tulisan pada blog memang seperti sebuah keharusan. Blog yang diupdate secara berkala akan mencerminkan eksistensi Anda sebagai blogger profesional. Namun sayang, banyak blogger yang kemudian tidak kuasa untuk terus-terusan mengupdate tulisan atau tak konsisten dalam memposting pada blognya karena berbagai hal, salah satunya adalah disebabkan macetnya ide menulis. Ide menulis memang pintu gerbang menuju pada pengembangan konten bog. Tanpa adanya ide, satu kata pun tak akan muncul dalam blog.

Sebenarnya ada ribuan ide yang ada disekitar kita jika kita mau lebih teliti dan serius. Menciptakan ide menulis memang butuh ketajaman menangkap berbagai gejala dan fenomena yang ada disekitar. Dan disinilah sebenarnya kekuatan dan peluang yang dimiliki seorang blogger daripada orang lain yang berprofesi lain. Maka mendatangkan ide menulis seharusnya menjadi sebuah prasyarat bagi para blogger karena tidak ada alasan untuk kehabisan ide.

Ide yang selalu bertebaran setiap harinya ini akan bisa diperoleh secara kontinyu oleh blogger jika ia mau terus menerus mengasahnya. Bagi yang masih kesulitan untuk memperoleh ide menulis, berikut ini disajikan beberapa kegiatan dan aktivitas yang bisa blogger lakukan untuk bisa mendapatkan ide menulis artikel di blog.

Artikel lain: 6 Tips Membuat Konten Blog Yang Ramai Dikunjungi Banyak Visitor

1. Sering Blogwalking

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan ide menulis adalah blogwalking. Blogwalking atau kegiatan mengunjungi blog orang lain adalah kegiatan yang seharusnya sering dilakukan seorang blogger. Dan disaat Anda mengalami kebuntuan untuk menulis, maka blogwalking adalah sarana efektif untuk Anda bisa memperoleh ide.

Syaratnya Anda harus mengunjungi lebih dari 5 blog berbeda yang sesuai dengan tema blog Anda. Jutaan blog yang ada di dunia ini tentu bukan alasan Anda untuk kehabisan blog untuk dikunjungi. Saat Anda mengunjungi beberapa blog dengan beragam postingan yang ada, maka Anda akan dirangsang untuk segera menghasilkan ide menulis.

2. Melihat Trending Topic

Fenomena trending topic (topik yang sedang populer dibicarakan publik) di dunia digital merupakan salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan ide menulis. Untuk mengetahui trending topic sendiri, Anda bisa mengakses #Twitter. Trending topic memang sangat identik dengan media sosial kicauan burung ini dengan sebuah kode hastag (#) tertentu.

Lihat dan cermatilah topik apa saja yang sedang tren atau sedang marak dibicarakan netizen di twitter. Anda disana memiliki dua pilihan trending topic yaitu TTWW (Trending Topic World Wide) dan TTI (Trending Topic Indoenesia). Pilihlah trending topic yang sesuai dengan minat dan tema blog Anda. Ambilah salah satu trending topic yang menarik bagi Anda untuk dijadikan postingan pada blog.

3. Mengamati Channel Berita

Kegiatan berikutnya untuk mendapatkan ide menulis postingan blog adalah mengamati channel berita yang ada. Anda bisa mengamati berita yang selalu baru ini pada beberapa channel dan perangkat seperti media cetak (koran, tabloid, majalah), media eletronik (televisi, radio) atau #media online (website). Dengan mengamati beberapa berita yang sedang disajikan media tersebut, maka peluang munculnya ide menulis akan semakin besar.

Namun karena saat ini beberapa media telah dipengaruhi unsur politik tertentu, maka Anda harus pintar-pintar menyeleksi channel dan berita yang akan Anda jadikan ide menulis. Pilihlah media yang benar-benar subjektif dalam pemberitaannya dan yang tidak terpengaruh kekuatan politik yang ada.

4. Jalan-Jalan dan Keluar Rumah

Jika Anda masih saja tak menemukan ide menulis dari beberapa hal tadi, maka saatnyalah Anda untuk keluar rumah. Entah apapun yang akan Anda lakukan diluar, yang pasti Anda harus keluar rumah. Ketika Anda diluar rumah tersebut, amati dan eksplorasilah apa-apa yang ada disekeliling Anda. Ingat diluar sana Anda tak harus menemukan kejadian yang luar biasa, namun hal-hal yang sederhana dan biasa saja bisa Anda jadikan bahan dan ide fantastis jika Anda jeli dan tajam menangkap ide tersebut.

Baca juga: 5 Konsep Judul Artikel Blog Yang Mampu Menarik Perhatian Pembaca

5. Mencari Partner Diskusi

Kegiatan atau aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ide menulis adalah mencari partner diskusi. Ingat yang Anda lakukan bukan hanya sekedar ngobrol, tapi diskusi. Mungkin awalnya bisa jadi berupa obrolan sana-sini, namun Anda harus mengendalikan pembicaraan pada sebuah diskusi tema. Dalam hal ini Anda bisa mengajak orang-orang terdekat disekitar Anda seperti anggota keluarga, teman atau pacar.

Ajaklah mereka diskusi mengenai satu atau beberapa topik pembahasan. Dengan diskusi akan terjadi tukar menukar pendapat dan transfer pemikiran dan ide. Dari sinilah ide menulis bisa Anda dapatkan untuk selanjutnya eksekusi menjadi sebuah konten pada blog Anda. Semoga bermanfaat.

10 KOMENTAR

  1. thanks gan, artikelnya membantu banget, soalnya benar-benar lagi gak tau mau nulis apa (:

  2. Saya biasanya melakukan blogwalking dan dari situ saya dapat ide, meskipun kadang sudah menemukan ide tapi saat ingin membuat artikel hilang lagi ide tersebut dan saya masih sering ragu untuk membuat postingan.

  3. Semua Tipsnya bermafaat semua. Jadi mudah deh dapat ide……

  4. menurut saya dengan memiliki partner diskusi merupakan hal yang bisa memberikan ide-ide baru untuk menulis, selain bertukar fikiran kita juga bisa menjalin silaturrahmi semakin erat.

  5. Penerbit Self Publishing

    Klo ide menulis itu kan berarti blog sudah ada. Saya malah lagi bingung bikin blog, temanya apa? traveling sudah banyak, fashion, kuliner. tolong dong klo bisa bikin tulisan tentang cara mencari tema blog.

    terima kasih

  6. Artikel yang menjadikan motivasi buat para blogger pemula seperti saya… Terimakasih maxmanroe

  7. saya kadang tidak jeli melihat fenomena sekitar jadi agak bingung untuk menemukan ide postingan

  8. Kalau saya seringnya jalan-jalan, tapi jalan-jalan mengunjungi blog.-blog, dan memang benar, dari hal ini saja ide menulis bisa di dapat dengan begitu mudahnya dan begitu banyaknya.

  9. saya sendiri biasanya menggunakan nomor 1 untuk cari inspirasi menulis. kalau keluar rumah seperti nya jarang soalnya pekerjaan saya banyak dihabiskan didalam ruangan dan depan komputer

  10. wah no 4 itu cocok banget sperti yg saya lakukan.

Tinggalkan Balasan