Inilah 5 Karya Ikonik Ponsel Nokia yang Akan Selalu Dikenang oleh Dunia

Inilah 5 Karya Ikonik Ponsel Nokia yang Akan Selalu Dikenang oleh Dunia

ponsel nokia
Image dari Liputan6.com

Siapa sih yang tak mengenal merk atau brand ponsel yang satu ini. Ya, Nokia memang merupakan salah satu merk handphone legendaris yang tak akan pernah bisa dilupakan siapapun orang di dunia ini, bahkan oleh dunia sendiri. Meski saat ini brand ini sudah mulai tersisih oleh adanya produk-produk ponsel pintar (smartphone) dengan berbagai merk, namun keberadaan ponsel Nokia akan selalu dikenang.

Ponsel asal Finlandia ini memang selalu menjadi pilihan konsumen pada era 1990-an hingga tahun 2000-an sebelum era smartphone menggantikannya. Kini Nokia yang telah diakuisisi #Microsoft terus masih berstrategi mencari solusi untuk bisa kembali meraih pasar. Nah saat Nokia saat ini bisa dibilang vakum, maka ada ada sesuatu yang tetap harus catat dari “sumbangan” Nokia untuk industri ponsel. Dan inilah beberapa karya ikonik Nokia yang seharusnya tetap diingat tersebut.

1. Nokia 1011

Karya ikonik Nokia yang pertama yang perlu diingat selalu adalah Nokia 1011. Ponsel yang diluncurkan pada tanggal 10 November 1992 ini memang sangat ikonik karena memiliki wujud yang sangat mirip dengan telepon rumah yang portabel atau bisa dibawa ke mana-mana.

Dan hal yang paling penting untuk catatan dunia adalah bahwa ponsel Nokia 1011 ini menjadi ponsel pertama GSM (Global System for Mobile communications) yang diproduksi secara massal. Dari sini Nokia 1011 pun sangat membatu penyebaran #teknologi seluler yang sangat banyak dibutuhkan dan dipakai di dunia saat itu.

Artikel lain: Inilah 7 Hal yang Seringkali Membuat Kita Kangen Pada Ponsel Jadul

2. Ponsel Murah Meriah

Keunggulan Nokia yang juga sering disebut publik adalah karena harganya yang terjangkau (murah). Karena inilah kemudian banyak orang memiliki perangkat handphone yang satu ini. Dari banyaknya orang yang menggunakan Nokia, maka kemudian muncul julukan “Handphone sejuta umat”.

Beberapa produknya seperti Nokia 3210, 3310 dan dan 5110 memang sangat banyak diminati karena harganya yang tidak terlampau mahal. Dengan pilihan warna yang beragam maka pemasaran Nokia pada saat itu menjadi makin meluas dan awareness terhadap merek membuat Nokia menjadi brand yang identik dengan ponsel.

3. Desain Unik dan Menarik

Satu hal ikonik selanjutnya yang juga tak bisa dilupakan oleh dunia dari Nokia adalah desain yang unik dan menarik. Kalau kita mau menelusuri beberapa produk dari Nokia ini memang kita akan menjumpai beberapa wujud atau bentuk. Dari model telepon rumah, flip, kalkulator hingga model lipstik dan daun semua bisa kita jumpai pada produk Nokia ini.

Diketahui ternyata perusahaan asal Finlandia ini memang selalu tak ragu menjalankan pola pikir “out of the box” guna menghasilkan ponsel yang memiliki produk yang memiliki desain yang unik dan menarik. Beberapa bentuk dan desain yang menarik dari Nokia ini sendiri kini bahkan tidak ada yang menyamainya bahkan oleh perangkat #smartphone sekalipun yang memiliki bentuk yang seperti itu-itu saja.

4. Mempelopori Teknologi

Anda boleh saja meyanjung produk smartphone yang menawarkan banyak kecanggihan teknologi di dalamnya. Namun sebelum Anda benar-benar menyanjungnya, ada baiknya Anda menengok ke belakang dari apa yang telah dihadirkan Nokia.

Ya, meski Nokia dianggap ponsel konvensional, namun pada beberapa produknya, produsen ponsel pernah mengusung beberapa fitur pelopor teknologi saat ini seperti browser mobile pada produk Nokia 7110. Selain itu ada juga fitur pemutar musik pada Nokia 5510, dan fitur teknologi Bluetooth pada Nokia 6310.

Baca juga: Mari Bernostalgia, Inilah 4 Fitur Ponsel yang Saat ini Akan Sangat Sulit Kita Jumpai Lagi

5. Pelopor Smartphone

Terakhir, karya ikonik dari Nokia untuk dunia yang seharusnya selalu diingat adalah kemampuanya menjadi pelopor ponsel pintar (smartphone). Ya, meskipun publik masih bersikukuh bahwa Nokia adalah ponsel konvensional, namun sebenarnya ada beberapa produknya yang sebenarnya sudah terkategori smartphone. Beberapa produk Nokia yang sejatinya adalah sebuah smartphone adalah seri E dan seri N, yang berpuncak pada tipe N95.

Nokia juga sempat meluncurkan model ponsel Windows Phone seperti Lumia 925 dan 1020 sebelum diakuisisi Microsoft. Model-model ini memang bisa dinyatakan sebagai sebuah produk smartphone karena ia menggunakan #OS pihak ketiga serta bisa menjalankan aplikasi-aplikasi. Sayangnya, model-model smartphone Nokia ini tidak banyak menjadi pilihan publik.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan