Mari Bernostalgia, Inilah 4 Fitur Ponsel yang Saat ini Akan Sangat Sulit Kita Jumpai Lagi

fitur ponsel jadul

Image dari Huffpost.com

Semakin bertumbuh dan berkembangnya zaman pada akhirnya memang membuat muncul beberapa atau bahkan banyak perubahan. Bentuk perubahan ini sendiri bisa jadi membuat hal yang lama itu mengalami modifikasi atau juga bisa jadi hilang sama sekali. Fenomena perubahan dan hilangnya suatu hal akibat dari  sendiri bisa kita jumpai pada perangkat telekomunikasi ponsel.

Ya, sejak ditemukan pada tahun 1973 oleh Martin Cooper, ponsel atau telepon genggam terus bertransformasi menjadi beragam bentuk dan jenis hingga saat ini muncul model ponsel pintar (smartphone). Nah dari perkembangan ponsel inilah kemudian membuat beberapa fitur ponsel lama ada yang berubah, berganti bahkan menghilang ditelan zaman.

Saya sendiri adalah orang yang juga mengalami dan merasakan fenomena hilangnya fitur ponsel lama yang dulu pernah saya nikmati. Nah saat membahas hal ini sebenarnya saya secara tidak langsung juga bernostalgia atau mengenang masa lalu saya bersama ponsel-ponsel lama yang pernah saya miliki. Lalu fitur-fitur ponsel apa saja yang memang telah sulit dan bahkan beberapa tidak bisa kita jumpai lagi tersebut? Berikut ulasannya.

1. Flip Phone

Fitur pertama dari ponsel yang telah sulit kita jumpai lagi saat ini adalah flip phone (ponsel lipat). Ya, ponsel atau tepatnya smartphone saat ini memang tidak ada yang menggunakan fitur flip. Mulai hilangnya fitur flip ini sendiri berawal dari adanya keyboard QWERTY yang dipopulerkan oleh BlackBerry. Nah dari sinilah perlahan ponsel flip mulai ditinggalkan. Dan akhirnya saat ini dengan munculnya smartphone maka fitur flip pun sudah lenyap. Karena memang seperti tidak mungkin alias mustahil bila smartphone kemudian menggunakan fitur lipat ini.

Fitur lipat atau flip ini sendiri dulu di awal abad 21 memang sangat populer. Namun apa boleh dikata, kecanggihan touch screen menjadikan fitur lipat tak lagi digunakan dalam produksi ponsel untuk dijual ke pasaran.




Artikel lain: Inilah 7 Hal yang Seringkali Membuat Kita Kangen Pada Ponsel Jadul

2. Fitur Ponsel Radio FM

Radio adalah barang yang memang sangat lawas bila kita mendengarnya. Perkembangan perangkat televisi yang sangat massif membuat radio memang terus menerus tergerus zaman dan akhirnya terbuang. Tidak hanya pada perangkat utamanya sendiri, sebab pada perangkat ponsel fitur radio ini juga mengalami nasib yang sama yaitu terlupakan dan terbuang. Kehadiran smartphone yang mengusung kecanggihan dan konsep modern di dalamnya inilah yang kemudian fitur radio ini tersingkirkan.

Entah apa penyebabnya, yang jelas inilah yang sekarang terjadi. Salah satu produsen ponsel pintar ternama yaitu Samsung sendiri sudah tidak lagi menyematkan fitur radio ini sejak tahun 2012 di lini atau seri Galaxy S sejak Galaxy S3.  Bahkan produsen ponsel lainnya yaitu Apple bahkan mengakui bahwa pihaknya tak pernah menyematkan Radio FM di seri ponsel iPhone besutannya.

3. Web OS

Operating Sytem (OS) untuk menjalankan program yang ada pada smartphone juga mempunyai nasib yang sama dengan fitur flip dan fitur radio. Dan OS yang harus ditinggalkan oleh para produsen ponsel yaitu Web OS. Tentu Anda masih ingat ketika produsen Personal Digital Assistant (PDA) Palm merilis OS Web OS.

Saat itu OS ini menjadi sangat populer pada zamannya. Namun meski mempunyai desain dengan kualitas baik dan inovasi yang baru seperti interface card ternyata WebOS tetap saja gagal meraih popularitas di pasaran. Kegagalan web OS ini sendiri diakibatkan karena munculnya OS Android dan iOS yang lebih banyak dipilih konsumen. Akibat kalah bersaing ini pada akhirnya OS berbasis platform open source ini pun harus merelakan OS-nya menjadi sistem operasi smart TV.




Baca juga: Barang Antik Berharga Mahal, Mungkinkah Handphone Jadul Juga Jadi Mahal?

4. Infrared

Terakhir, fitur ponsel yang telah sulit kita jumpai lagi saat ini adalah infrared. Pada zaman dulu kita sudah sangat senang sekali jika memiliki ponsel yang memiliki fitur infrared yang bisa kita gunakan untuk melakukan transfer file berupa gambar atau lagu.

Meski harus menunggu lama dan harus mendekatkan perangkat dengan jarak yang sangat-sangat dekat namun fitur ini menjadi pilihan dan keutamaan ketika akan membeli ponsel (handphone). Tapi saat ini jika Anda pergi ke tempat penjualan ponsel terbaru, Anda tidak akan lagi bisa menemui dan menjumpai fitur infrared ini. Karena dengan adanya fitur yang lebih canggih yaitu Bluetooth maka fitur infrared pun dianggap tak lagi berarti.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud