Inilah 4 Jurus Jitu untuk Cegah Pelanggan Anda Melirik Toko Online Sebelah

pelanggan toko online

Image dari Ekmpowershop.com

Menilik perkembangan dunia online saat ini memang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, hampir setiap bisnis yang ada kini melirik pasar yang potensial ini. Maka dari banyaknya pebisnis yang menerjunkan dirinya ke dunia online ini maka persaingan pun akan juga makin menjadi ketat. Persaingan yang ketat ini pun pada akhirnya menjadikan para pengusaha online ini saling menaruh kekhawatiran akan pindahnya para pelanggan ke #toko online lainnya.

Sebagaimana bisnis-bisnis offline yang lain, banyaknya usaha sejenis yang muncul memang akan membuat persaingan dan potensi berpindahnya pelanggan ke toko lain semakin membesar. Namun Anda harus paham bahwa berpindahnya pelanggan ke toko online lain ini bukan tanpa sebab. Bisa jadi pelanggan yang melirik dan berpindah ke toko online lain ini merasa kecewa dengan Anda.

Maka dari itu untuk mencegah para pelanggan Anda berpindah ke toko online lain, Anda harus berusaha keras untuk mencegah pelanggan melirik toko online lain. Bagaimana caranya? Berikut beberapa jurus jitu yang bisa Anda jalankan.

1. Jangan Sekadar Jualan

Cara atau jurus jitu pertama untuk bisa mencegah pelanggan melirik atau berpindah ke toko online lain adalah dengan menerapkan bisnis yang bukan hanya sekedar jualan. Bagaimana maksudnya? Bukankah toko online akan selalu bertajuk utama penjualan. Lalu selain berjualan memang apa lagi yang bisa dilakukan?

Tentu saja ada, dengan menghadirkan blog dalam toko online Anda maka Anda bisa melakukan kegiatan blogging untuk membagi wawasan, info dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pengunjung dan netizen. Nah dari menampilkan blog berarti Anda akan mampu membuat bisnis Anda lebih kuat dan bernilai.

Artikel lain: Tips Sederhana Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

Lalu mengapa harus blog? Dengan blog maka situs web Anda akan lebih cepat untuk terlihat di mesin pencari. Bahkan berdasarkan riset dari Hubspot, sebuah perusahaan penyedia layanan marketing di Amerika Serikat, toko online atau #ecommerce yang dilengkapi dengan blog akan mampu mendapatkan pengunjung 55 persen lebih banyak dari pada toko online tanpa blog. Maka dari itu cobalah merancang blog sebaik mungkin untuk tujuan pelanggan mencari informasi sehari-hari.

2. Tidak Ribet

Setiap manusia pastinya tidak ingin mendapati keribetan dalam hidupnya. Pun dalam mengunjungi sebuah toko online saat akan berbelanja, tentu saja mereka lebih menyukai online shop yang simpel dan tidak ribet. Lalu seperti apakah kategori situs toko online yang simple dan tidak ribet itu? Salah satu indikator yang bisa Anda terapkan adalah responsif (sesuai dan praktis).

Lalu bagaimana cara membuat situs toko online yang responsif? Anda bisa menggunakan warna yang sederhana dan tidak berlebihan. Tampilan situs pun harus harus Anda buat sesimpel mungkin dan menarik serta menekankan kemudahan navigasi dan membaca untuk pengguna. Terakhir, cobalah dan usahakan semaksimal mungkin konsep responsif situs online shop Anda ini pada penerapan semua platform utama, yaitu desktop dan mobile.

3. Jangan “Lemot”

Jangan biarkan pengunjung yang mengakses situs toko online Anda harus menunggu lama untuk bisa melihat keseluruhan situs. Lamanya waktu yang digunakan untuk mengakses situs ini memang akan sangat berdampak buruk bagi pengunjung atau pelanggan. Pasalnya, menunggu dalam waktu yang lama memang akan membuat siapapun jadi jengkel dan kesal. Dari rasa kesal dan jengkel ini akan membuat pelanggan berpeluang melirik dan berpindah ke toko online lain.




Lalu bagaimana caranya untuk membuat situs toko online bisa diakses cepat? Anda bisa mencoba tes kecepatan waktu akses website memakai layanan seperti YSlow dan Page Speed. Cara lain Anda juga bisa memaksimalkan dengan dukungan server yang memberikan kemudahan untuk penyimpanan data dalam kapasitas besar.

Baca juga: Tips Agar Toko Online Semakin Populer di Facebook

4. Bangun kepercayaan

Karena belanja secara online tidak membuat pembeli leluasa untuk melihat dan mencoba produk secara langsung, maka tak jarang hal ini akan membuat kecemasan pada calon pembeli. Maka dari itu untuk membuat pengunjung atau konsumen ini tidak cemas pada toko online Anda maka sudah seharusnya Anda mampu membangun kepercayaan.

Anda bisa melakukan hal ini dengan membangun keterikatan dan interaksi yang baik dengan konsumen melalui kolom komentar ulasan produk atau melalui media sosial. Dari sini, maka hadirlah sebuah testimoni yang kuat dan akan mendukung toko online Anda. Jangan lupa juga untuk memberikan deskripsi yang lengkap dan jelas pada setiap barang yang Anda jual di toko online Anda agar mampu membuat konsumen atau pelanggan makin percaya dan tidak lagi melirik toko online lainnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud