Inilah 5 Gadget yang Memiliki Pengaruh Besar Versi Majalah Time

gadget canggih

Image dari Bgr.com

Sebagai salah satu perangkat yang paling digunakan oleh manusia, gadget tentunya akan memiliki keutamaan dan peranan yang penting dalam sebuah peradaban. Dari keadaan inilah kemudian majalah Time yang sering menulis dan mengulas soal pencapaian ini kali ini kemudian merilis daftar gadget yang memiliki pengaruh paling besar (most influential gadget).

Lalu apa saja #gadget yang mempunyai pengaruh paling besar dan kuat tersebut selama ini? Berikut ulasannya.

1. Apple iPhone

Image dari Canada.com

Image dari Canada.com

Gadget pertama yang memiliki pengaruh besar dan kuat menurut majalah Time adalah #Apple iPhone. Jika Anda mengalami perubahan dari ponsel tombol tuts ke generasi ponsel layar sentuh maka Anda harus selalu mengingat perangkat yang satu ini yaitu Apple iPhone. Apple iPhone yang pertama kali dirilis tahun 2007 ini memang tercatat sebagai perangkat yang mengantarkan pada era baru ponsel layar sentuh datar.

Tidak hanya itu perangkat ini juga merupakan salah satu perangkat yang menjadi pionir ponsel dengan tombol yang muncul di layar saat Anda membutuhkannya. Setelah hadir sebagai pionir maka Apple kemudian memperkenalkan dan menghadirkan perangkat lunak dan toko aplikasi yang begitu luar biasa. Pada akhirnya perangkat Apple iPhone dengan aplikasi mobile-nya saat itu telah menjadikan pola pikir kita mengalami perubahan dalam hal komunikasi, permainan, bekerja, belanja dan menyelesaikan banyak aktivitas lainnya sehari-hari.




Artikel lain: Inilah 5 Gadget Gahar Sahabat Petualang Alam Liar

Dalam perkembangannya sendiri iPhone menjadi produk yang terbilang sangat sukses. Dan pada hal yang lebih mendalam, perangkat produksi Apple ini telah banyak mengubah pola interaksi dan keterkaitan manusia dengan komputasi dan informasi.

2. Sony Trinitron

Image dari Wikimedia.org

Image dari Wikimedia.org

Berikutnya gadget yang paling berpengaruh menurut majalah Time adalah Sony Trinitron. Sony Trinitron sendiri adalah produk televisi berwarna yang pertama kali dihadirkan perusahaan asal Jepang pada tahun 1968. Saat produk ini diluncurkan sendiri televisi ini menjadi pionir produsen televisi berwarna.

Tidak hanya itu Sony Trinitron kemudian dinobatkan sebagai penerima televisi (TV receiver) pemenang Emmy Award pertama di dunia. Selanjutnya, lebih dari seperempat abad kemudian, Sony Trinitron telah mampu terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia.




3. Apple Macintosh

Image dari Telegraph.co.uk

Image dari Telegraph.co.uk

Dengan menghadirkan tampilan antarmuka pengguna grafis dan mouse yang mudah digunakan, Apple Macintosh menjadi harapan terbaik Apple untuk menyaingi IBM. Meski biaya produksi Macintosh terbilang tinggi namun dengan kerja keras dan perjuangan tim serta dukungan perangkat lunak #Microsoft Windows, membuat Mac menjadi runner-up abadi di kompetisi ini.

Untuk membuat Macintosh lebih banyak menarik konsumen sendiri saat itu Steve Jobs membuat iklan Macintosh yang menarik yang berbunyi “Akankah Big Blue mendominasi seluruh industri komputer? Seluruh era informasi? Apakah George Orwell benar tentang 1984?”.

4. Gadget Sony Walkman

Image dari Dirjournal.com

Image dari Dirjournal.com

Selain produk televisi Trinitron, Sony juga memiliki produk lain yang masuk dalam kategori gadget berpengaruh versi majalah Time. Produk tersebut sendiri adalah Sony Walkman. Perangkat yang berfungsi untuk media pemutar musik ini ternyata menjadi yang pertama dalam sejarah. Dalam beberapa fitur yang dihadirkan sendiri, Sony Walkman mampu menggabungkan portabilitas, kesederhanaan dan keterjangkauan. Padahal piringan hitam saat itu masih menjadi format musik terpopuler pada saat itu.

Namun ketika Sony Walkman memainkan kaset yang jauh lebih kecil dan praktis maka perangkat ini menjadi pilihan favorit konsumen. Hal ini terbukti dari penjualan Sony Walkman yang tercatat terjual lebih dari 200 juta gadget. Dari perangkat ini sendiri kemudian muncul perangkat pemutar musik lainnya seperti CD player dan iPod.

Baca juga: 10 Gadget Canggih ini Mampu Meningkatkan Produktivitas Penggunanya

5. IBM Model 5150

Image dari Extremetech.com

Image dari Extremetech.com

Terakhir, perangkat gadget yang memiliki pengaruh besar menurut majalah Time adalah IBM model 5150. Sebelum IBM muncul memang sudah ada komputer pribadi yang muncul tahun 1981. Namun membahas riwayat perangkat #komputer maka dunia memang tak bisa melupakan IBM PC, terutama IBM Model 5150.

Apa yang membuat IBM model 5150 ini begitu spesial? Tentu saja karena faktor penjualannya yang terbilang sukses. Pengaruh yang lebih besar dari IBM 5150 sendiri adalah keputusan Big Blue atas lisensi sistem operasinya, DOS, untuk produsen lain. Hal inilah yang kemudian memunculkan “IBM Compatibles” dan menjadi cikal bakal PC non-Apple hari ini.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Ternyata barang jadul juga masuk ya…hehehehe..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud