Inilah 5 Fitur Tersembunyi Google Play Store yang Seringkali Terlupakan Penggunanya

Inilah 5 Fitur Tersembunyi Google Play Store yang Seringkali Terlupakan Penggunanya

Fitur Google Play Store

Google Play Store adalah salah satu #aplikasi paling penting bagi para pengguna smartphone Android untuk mencari dan mengunduh aplikasi. Fitur yang berwujud toko aplikasi ini memang akan selalu dibutuhkan para pengguna Android untuk melengkapi smartphone mereka dengan beragam aplikasi. Dengan beberapa aplikasi gratis dan berbayar yang sangat lengkap, maka fitur Google Play Store ini seakan tak tergantikan.

Dalam penggunaan dan pemanfaatan Google Play Store ini sayangnya banyak pengguna yang belum mengetahui beberapa fitur tersembunyi yang ada di dalam toko aplikasi ini. Untuk apa fitur tersembuyi tersebut? Tentunya dengan penggunaan fitur tersembunyi maka penggunaan Google Play Store Anda pun akan semakin maksimal dan optimal.

Lalu apa saja fitur tersembunyi yang ada pada Google Play Store tersebut? Berikut ulasannya.

1. Beta Communities

Fitur tersembunyi pertama yang ada pada Google Play Store adalah Beta Communities. Umumnya beberapa aplikasi yang dihadirkan oleh para pengembangnya di Play Store memang ada yang masih menghadirkan versi beta (Beta Communities). Versi beta ini memang sengaja ditampilkan oleh para pengembang untuk melakukan uji coba fitur.

Namun, dalam penggunaan Google Play Store masih banyak pengguna yang bisa melihat fitur Beta Communities ini. Padahal dengan mengetahui fitur Beta Communities ini pengguna dapat mengakses versi beta dari aplikasi baru dan mulai menjelajah aplikasi baru dari teman komunitas. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang fitur ini maka mereka harus bergabung dengan beta community di Google+ Community.

Artikel lain: Inilah 5 Aplikasi Android Terpopuler Buatan Anak Negeri Versi Google

2. Wishlist

Jika Anda ingin menyimpan film, buku, serta aplikasi dari Play Store untuk Anda instal di lain waktu maka Anda bisa melakukannya dengan menggunakan fitur Wishlist. Dengan melihat kemampuan dan manfaatnya, maka sebenarnya fitur ini sangat berguna untuk menunjang aktivitas para pengguna saat menggunakan Google Play Store.

Tapi sayangnya belum banyak pengguna #Android yang bisa memanfaatkannya. Untuk Anda yang tertarik dengan fitur ini maka Anda bisa menggunakan fitur ini Anda bisa melakukannya dengan mudah. Cukup dengan menggeser pilihan yang ada di panel sebelah kiri dan pilih ‘Wishlist’, Anda pun sudah bisa menggunakan fitur ini.

3. The People Section

Berikutnya, Fitur tersembunyi yang ada pada #Google Play Store adalah The People Section. Dengan memanfaatkan fitur ini Anda akan terbantu untuk mengetahui penilaian aplikasi berdasarkan rekomendasi dari orang lain.

Dengan demikian Anda akan mengetahui aplikasi yang aman dan bagus tanpa perlu di-install terlebih dahulu. Sayangnya sekali lagi banyak pengguna Android yang belum mengetahui adanya fitur Tha People Section yang berguna ini.

Untuk Anda yang tertarik untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa melakukannya sama seperti pengaktifan fitur Wishlist yaitu dengan menggeser panel di sebelah kiri dan kemudian memilih ‘People’.

4. Explicit Content

Bagi Anda para orang tua yang tidak ingin anak-anak Anda mendownload serta mengakses aplikasi yang tidak pantas sesuai dengan umurnya, Anda bisa memanfaatkan fitur Explisit Content pada Google Play Store. Sekali lagi sayangnya banyak orang yang masih jarang menggunakan fitur ini, dikarenakan ketidaktahuan mereka tentang keberadaannya.

Padahal fitur ini cukup penting terutama bagi para orang tua yang ingin menjadikan smartphone anak-anak mereka aman dari konten yang buruk. Untuk mendapatkan dan menggunakan fitur Explicit Content ini Anda dapat membuka dan memilih pengaturan Play Store dengan menyalakan fungsi ‘Parental Controls’.

Baca juga: Beli Aplikasi Android di Google Play Store Dengan Pulsa? Sekarang Bisa!

5. Automatic Updates

Berikutnya, fitur tersembunyi yang ada pada Google Play Store adalah Automatic Updates. Jika Anda sering tak punya waktu untuk mengupdate beberapa aplikasi yang ada pada #smartphone Android Anda.

Dengan adanya fitur Automatic Update ini, Anda akan terbantu untuk memperbarui aplikasinya secara otomatis. Rasa malas dan enggan untuk menelusuri setiap detail dari Google Play Store memang seringkali membuat fitur yang bisa mengupdate dengan dengan jaringan Wi-Fi dan jaringan selular ini terlupakan.

Padahal dengan adanya fitur ini Anda akan terbantu untuk selalu mengupdate pembaruan pada setiap aplikasi yang Anda miliki. Untuk Anda yang ingin proses  update akan berjalan lebih ‘hening’, Anda juga bisa mengaturnya pada fitur ini dengan mematikan notifikasinya.

1 KOMENTAR

  1. Saya baru tahu ternyata.. di play store juga ada menu wishlist yg bisa menyimpan apa aja yang akan diakses nantinya.. jika bener menu ini bisa digunakan sangat membantu banget..

    Thanks you bang Max’s

Tinggalkan Balasan