Beli Aplikasi Android di Google Play Store Dengan Pulsa? Sekarang Bisa!

Beli-Aplikasi-Android-Di-Google-Play-Store-Dengan-Pulsa

Dengan makin menjamurnya penggunaan ponsel Android kini salah satu ladang bisnis yang ikut terdongkrak adalah pembuatan aplikasi #Android. Tidak dapat dipungkiri aplikasi Android yang menawarkan berbagai macam fungsi mulai dari hiburan hingga yang dapat membantu pekerjaan menjadi magnet penarik kian meningkatnya atensi pengguna si “robot hijau”.

Namun seperti yang kita ketahui bersama, #aplikasi Android resmi yang terdapat di Google Play Store terdiri dari dua jenis yakni yang bersifat freeware alias gratis dan ada yang hadir dalam versi berbayar. Kendalanya adalah sejak pertama kali diluncurkan, opsi utama pembelian aplikasi Android di Google Play Store hanya menggunakan  kartu kredit saja. Bagi mayoritas pegguna perangkat Android di Indonesia tentunya merasa kesulitan karena tidak semua orang memiliki kartu kredit.

Namun kini solusi pembayaran yang lebih mudah telah tiba, yakni cukup dengan pulsa operator seluler kita bisa mendapatkan aplikasi Android yang kita butuhkan. Opsi yang telah ditunggu-tunggu tersebut dikembangkan oleh salah satu operator seluler yakni Indosat. Untuk rekan-rekan yang ingin tahu proses lengkapnya, berikut ulasannya.

Beli Konten Aplikasi Android dengan Sistem Potong Pulsa

Pada artikel sebelumnya yakni tentang Cara Membeli Aplikasi Android, Maxmanroe memang hanya menyertakan 2 cara pembelian aplikasi Android yakni dengan kartu kredit serta VCC. Namun kini telah hadir alternatif bagi yang tidak mempunyai kartu kredit atau tidak mau repot membuat VCC yakni lewat sistem potong pulsa. Bagaimana cara kerjanya?

Layanan yang diberi nama Google Carrier Billing ini merupakan inovasi dari operator seluler Indosat. Meski kabar pengembangannya telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu, layanan seperti ini merupakan yang pertama yang difasilitasi oleh operator seluler. Secara umum proses Google Carrier Billing adalah dengan pemotongan pulsa yang terdapat pada kartu pelanggan Indosat.

Pemotongan pulsa tersebut akan diambil secara otomatis dengan tambahan beban biaya sebanyak 10 persen dari total harga aplikasi. Sebagai contoh kita tertarik membeli aplikasi Android yang dibandrol dengan harga Rp 20.000 maka setelah proses pembelian berhasil, pulsa yang terpotong menjadi Rp 22.000.

Dari laman resmi Google Carrier Billing, disebutkan ketentuan lain yang harus dilakukan pengguna untuk mengakses layanan ini adalah harus login ke akun Google Play Store dengan alamat email berekstensi Gmail. Setelah melakukan pendaftaran dan login, baru layanan ini dapat aktif dan bisa digunakan. Selain itu juga terdapat batas harga aplikasi yang bisa dibeli yakni mulai dari harga Rp 12.000 hingga Rp 2 juta.

Saat ini pihak #Google memang belum memasukkan secara tertulis metode pembayaran dari Indosat ini. Namun bagi rekan-rekan yang menggunakan opsel tersebut seperti IM3, Mentari serta Matrix sudah bisa menikmatinya mulai saat ini. Selain prosesnya yang sangat simple, beberapa kelebihan lain dari layanan Google Carrier Billing yakni terdapat juga sistem refund atau pengembalian biaya.

Untuk mendapatkan refund, kita harus melakukan pembatalan pembelian aplikasi dalam masa yang telah ditetapkan pengembang aplikasi tersebut. Nanti permintaan akan diproses dalam 2 jam dan setelahnya pulsa akan kembali ke nomor seluler kita dalam waktu 24 jam maksimal.

Langkah-Langkah Pembelian Aplikasi Android dengan Google Carrier Billing

Sebelumnya harus rekan-rekan pastikan selama menjalankan proses pembelian, jaringan paket data internet yang digunakan adalah paket data opsel Indosat (IM3, Mentari atau Metrix) bukan paket data opsel lain atau jaringan Wifi. Nah lebih detil langkah-langkahnya pembeliannya yakni :

  • Setelah mempunyai akun Gmail, kita bisa masuk dan login ke Google Play Store.
  • Sign In, kemudian cari menu Payment Option / Opsi Pembayaran.
  • Lalu Tab pilihan  ‘Enable Indosat Billing’
  • Lalu masuk ke laman aplikasi berbayar yang ingin dibeli dan klik pada Harga nya.
  • Setelah itu masukan Pasword akun Google.
  • Terakhir bukti pembayaran akan di kirim melalui pesan singkat.

Walla.. aplikasi yang kita inginkanpun akan mulai terunduh dan dapat digunakan. Cukup mudah bukan!




Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Seputar OS Android

Dengan adanya layanan Google Carrier Billing dari Indosat ini tentunya kini kita dapat menikmati konten premium dengan lebih mudah. Semoga kedepan inovasi ini dapat merambah pada operator seluler lain sehingga makin mempemudah banyak penggunan perangkat Android. Selamat mencoba :D




5 total comments on this postSubmit yours
  1. kartu saya dulu indosat sekarang sudah ganti simpati tapi billingnya kok masih indosat terus, padahal sudah di hapus billing indosatnya tapi yg keluar indosat terus.
    tolong di bantu.

  2. Saya punya pulsa 24.500, app yang mau saya beli itu harga total nya 22.500(sudah termasuk PPN dan jasa) tapi saat saya beli katanya masih “insufficient balance”, mohon arahannya ya

  3. Bisa gak pake pulsa 3

  4. Kok ga ada opsi enable indosat billing ya di tabletku? Apa cuma tersedia di smartphone?

  5. sayang tapi pulsanya mending buat isi paket internet huhu

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud