Inilah 5 Fitur dan Keunggulan yang Akan Dihadirkan Pada Android N

Android N

Image dari Wccftech.com

Seperti kita ketahui bersama bahwa #operating system (OS) terbaru Google yaitu Android N telah mulai dikenalkan oleh Google jauh lebih cepat dari yang diperkirakan. Nantinya sistem operasi kelanjutan Android Marsmallow ini akan diumumkan pada acara konferensi developer pada Mei mendatang.

Menurut SVP Google untuk divisi Android, Chrome OS dan Chromecast, Hiroshi Lockheimer menyatakan bahwa pada perilisan Android N nanti, pengguna dan pengembang akan banyak mendapati beberapa perubahan besar. Perubahan besar ini sendiri ditujukan pada penciptaan sistem Android yang lebih kuat dan wadah untuk ide dan gagasan dari para developer. Lalu apa saja bentuk perubahan besar yang akan menjadi fitur andalan dan keunggulan dari Android N ini? Berikut ulasannya.

1. Tampilan Jendela Multi-Windows

Fitur andalan dan sekaligus menjadi keunggulan dari Android N yang pertama adalah adanya tampilan Jendela multi-windows. Apa itu fitur jendela multi-windows? Fitur jendela multi-windows adalah fitur untuk ‘membelah’ atau membagi tampilan layar sehingga menampilkan lebih dari satu #aplikasi secara bersamaan.



Dengan jendela multi-windows ini maka pengguna akan lebih mudah untuk melakukan multitasking untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Fitur sering juga disebut dengan split screen multitasking ini akan bisa dimanfaatkan pada perangkat #smartphone dan tablet. Fitur multi-windows ini memang telah dinanti-nanti oleh banyak pengguna, terutama pengguna perangkat tablet.

Artikel lain: Pengguna Pemula Perangkat Android? Hindari Beberapa Kesalahan Berikut Ini

2. Balas Pesan Langsung dari Notifikasi

Jika Anda selama ini mengalami kesulitan dan kerepotan dalam membalas pesan yang masuk karena harus membuka aplikasi, maka dengan Android N Anda tak perlu lagi kerepotan melakukannya. Dengan fitur yang ada pada Android N maka pengguna akan mampu untuk membalas pesan yang masuk langsung dari notifikasi. Dengan adanya fitur yang menggunakan API yang sama seperti Android Wear maka akan membuat setiap aplikasi yang sudah mendukung Android Wear ini tidak memerlukan perubahan kode sama sekali.

3. Fitur Penghemat Baterai Doze yang Ditingkatkan

Di Android Marsmallow, fitur penghemat baterai Doze ini memang sudah ada. Namun nantinya pada Android N fitur penghemat baterai ini akan makin ditingkatkan. Pada seri Android terbaru ini nantinya Doze akan menghemat daya ketika layar berada dalam keadaan mati (standby).

Dalam perancangan Android N ini Google juga berupaya dengan keras untuk membuat aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa berjalan lebih efisien dalam penggunaan memori. Dengan adanya kemampuan tersebut maka Android N dianggap akan sangat berguna dan bermanfaat pada kinerja ponsel pintar yang memiliki spesifikasi low-end.

4. Android N Fokus Penghematan Kuota Internet

Selanjutnya fitur andalan yang akan hadir di Android N adalah kemampuan untuk menghemat kuota internet. Seperti kita tahu bahwa selama ini pada OS Android sebelumnya aplikasi di ponsel secara otomatis akan pengunduhan data dari server  jika membutuhkan update. Tentu saja saat aplikasi melakukan pengunduhan secara langsung dan otomatis maka tanpa kita sadari kuota #internet yang kita miliki akan cepat habis.

Nah dari sinilah maka Android N dihadirkan untuk bisa mencegah pengunduhan otomatis dari server. Di Android N sendiri nantinya Google akan menyediakan fungsi bernama Data Saver dengan akses dalam menu pengaturan cepat di Android N. Dengan menggeser bar notifikasi ke bawah, maka pilihan Data Saver untuk menonaktifkan pengunduhan otomatis ini akan muncul. Data Saver sendiri memang akan bekerja dengan cara menghalangi aplikasi mengunduh data di belakang layar.

Baca juga: Inilah 5 Cara untuk Mengenali Ciri Smartphone Android Palsu

Buat Anda yang ingin ada sebuah opsi yang lebih terbuka maka pengguna sebenarnya akan juga diizinkan untuk memasukkan sejumlah aplikasi untuk pengecualian dalam menghalangi update data otomatis. Pengunduhan secara otomatis memang di satu sisi akan berguna untuk terus memperkuat aplikasi yang ada, namun bila hal ini berjalan terus-menerus tanpa pengontrolan maka bukan saja akan membuat baterai boros, namun kuota internet pengguna juga bakal cepat terkuras.

5. Memutar Konten Video Melalui TV Android

Terakhir, fitur andalan sekaligus keunggulan dari Android N yang akan tersedia untuk perangkat Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9, dan perangkat Pixel C adalah pemutar konten video melalui TV Android. Android N yang banyak diyakini akan bernama Nutella ini dianggap akan mampu menjalankan konten aplikasi video yang bisa ditampilkan di bagian ujung layar pada perangkat Android TV.






5 total comments on this postSubmit yours
  1. tambah sippp… pluss222…
    kira kira sampai Z gak ya????

  2. Lah sebenernya fungsi-fungsi di Android N yang akan datang. Gak heboh-heboh banget masih bisa diakali dengan mudah dengan Android 4 Kit-kat.
    – Multi task diandroid 4 Kit-kat sudah ada tinggal wipe ke bawah pilih applikasi yang akan diaktifkan.
    – Balas notifikasi tinggal Wipe ke bawah.
    – Penghemat Battrey tinggal matikan sj aplikasi background dan service berjalan yang tak guna manual juga mudah.
    – Masalah penghemat kuota internet hanya menonaktifkan auto update misalnya itu juga mudah…

    I love Kit-kat bukan kolot saya suda coba-coba yg lain dng spek HH yang sama tetep KIt-Kat lebih ringan, user firendly, cepat, mudah…. yah seperti windows lah klo sudah Familiar dengan Windows 7 misalnya mau ganti ke 8,10 coba tp ada yang kurang nyaman ya gk jadi beralih.

  3. Wah keren juga, apalagi bisa hemat kuota dan hemat baterai. Jadi nggak sabar pengen nyicipin android N.

  4. wih, mantab juga ya

  5. Tambah berkelas saja ya Android, jadi makin suka pakainya. Apalagi ada penghematan kuota internet.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud