Inilah 5 Cara untuk Mengenali Ciri Smartphone Android Palsu

smartphone android palsu

Image dari Androidauthority.net

Smartphone atau ponsel berplatform Android saat ini memang sangat populer dan marak digunakan. Popularitas ponsel Android ini akhirnya kemudian membuat banyak vendor tertarik untuk memproduksi smartphone jenis ini. Kabar terbaru adalah kabar bahwa #BlackBerry yang juga sangat tertarik untuk membuat ponsel dengan sistem operasi Android ini.

Namun keberadaaan ponsel #Android yang semakin hari semakin banyak ini membuat beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan situasi ini untuk sesuatu yang tidak pantas yaitu membuat ponsel Android palsu. Dengan memanfaatkan brand yang telah punya nama dan harga yang miring mereka coba menarik konsumen untuk membeli produknya. Tentu saja hal ini sangat ilegal dan terlarang, karena hal ini jelas akan merugikan konsumen.

Karena keadaan ini sudah sebegitu massifnya maka mau tak mau kita sendiri yang harus memiliki pengetahuan dan kewaspadaan saat ingin membeli ponsel Android. Lalu bagaimanakah caranya untuk bisa membedakan antara ponsel Android yang asli dan yang palsu ini? Berikut ulasannya.

1. Mengecek Langsung Bentuk Fisik

Cara pertama untuk bisa membedakan ponsel Android asli dan palsu adalah dengan mengecek langsung bentuk fisik. Meski oknum si pembuat ponsel Android palsu ini membuatnya dengan sangat mirip namun tetap saja kita bisa melihat perbedaannya dari bentuk fisiknya. Caranya sebelum membeli Anda harus mengerti atau kalau bisa melihat bentuk ponsel Android yang asli. Nah dari sini ketika Anda pergi ke counter, Anda bisa memeriksa ponsel Android yang Anda inginkan.

Artikel lain: 5 Jenis Aplikasi Android Yang Bisa Merugikan Bagi Smarthone Anda




2. Pastikan Nomor IMEI

Pada setiap #smartphone pastinya akan memiliki nomor IMEI. Nah dari sini Anda bisa mengecek keaslian ponsel Android yang akan Anda beli dengan mengecek nomor IMEI. Caranya adalah dengan menekan tombol *#06# dari ponsel tersebut.

Dari situ, nomor IMEI ponsel akan keluar. Nah disini Anda bisa mencocokkan dengan nomor yang tertera di kotak atau box penjualan. Selain dengan tombol *#06# Anda juga bisa mengecek nomor IMEI lewat situs imei.info. Jika nomor IMEI yang muncul dari kedua cara ini berbeda, bisa jadi ponsel tersebut adalah smartphone Android palsu.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi yang ada di Play Store juga bisa Anda manfaatkan untuk mengecek keaslian ponsel Android. Salah satu aplikasi yang bisa melakukannya adalah AnTuTu Benchmark. Aplikasi AnTuTu ini memang umumnya digunakan untuk menguji benchmark sebuah ponsel.

Saat Anda memanfaatkan aplikasi ini maka Anda akan diberikan data dan juga performa ponsel yang akan Anda beli. Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian ponsel Android yaitu CPU-z. Pada aplikasi ini kita akan mampu mengetahui informasi dan spesifikasi seputar ponsel yang akan kita beli.

Dari data dan informasi yang diberikan oleh dua aplikasi ini, Anda bisa membandingkannya dengan informasi dari laman resmi vendor atau situs internet yang pernah mengulasnya. Jika terdapat ada yang berbeda maka Anda harus patut curiga, karena bisa jadi ponsel Android yang Anda akan beli adalah paslu.




4. Uji Kamera

Berikutnya cara untuk mengecek keaslian smartphone Android adalah dengan menguji #kamera yang dimiliki ponsel tersebut. Smartphone Android yang memiliki fitur kamera bisa Anda cek terlebih dahulu spesifikasinya. Nah dari sini Anda bisa mencoba dan membandingkan gambar hasil tangkapan dari ponsel dengan spesifikasi kamera yang telah Anda ketahui tersebut.

Jika ternyata Anda tidak mendapati kesesuaian antara hasil jepretan dan spesifikasi maka Anda patut curiga dengan keaslian ponsel tersebut. Pengujian lebih lanjut bisa juga Anda lakukan dengan cara memindahkan gambar jepretan ke komputer berbasis #Windows.

Di sana Anda bisa mengklik properties dan details foto. Jika didapati keterangan dari details foto tersebut memiliki data exif (metadata foto) yang juga berisi informasi tentang ponsel yang digunakan maka bisa dipastikan ponsel itu orisinil. Jika tidak sesuai maka bisa jadi ponsel Android itu palsu.

Baca juga: Ini 5 Cara Hacker Membobol Smartphone Android Anda, WASPADALAH

5. Cek dan Bandingkan Harganya

Terakhir, cara untuk membedakan ponsel Android asli dan palsu adalah dengan mengecek harganya. Sebelum membeli, cobalah untuk mengecek harga di situs resmi atau tabloid atau majalah yang bisa dipercaya.

Maka saat Anda mendapati harga ponsel yang jauh berbeda dengan harga di situs resmi maka Anda patut curiga. Jadi dari sini Anda tidak boleh langsung tergiur dengan harga yang murah, karena bisa jadi ini adalah teknik para oknum untuk menjual ponsel Android yang palsu.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud