Pengguna Pemula Perangkat Android? Hindari Beberapa Kesalahan Berikut Ini

perangkat Android

Image dari Thedroideffect.com

Salah satu produk teknologi yang semakin banyak digunakan dewasa ini adalah perangkat telepon pintar alias smartphone. Smartphone kini menjadi layaknya barang wajib bagi masyarakat utamanya yang berada di kawasan perkotaan. Tidak mengherankan memang, selain harganya yang kian hari semakin terjangkau, perangkat jenis ini memang dirasa penting karena segudang fungsi yang dapat membantu para penggunanya.

Lalu jika berbicara tentang sistem operasi yang “mendiami” perangkat smartphone, nama Android tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna. Sistem operasi robot hijau ini bahkan secara statistik berhasil mengungguli para pesaingnya dalam jumlah penggunaan. Hal tersebut bisa terjadi tentu karena sistem operasi Android bersifat terbuka dan mudah untuk diadaptasi pada beragam merek #smartphone.

Namun bagi rekan-rekan sekalian yang mungkin masih tergolong baru dalam menggunakan perangkat berotak Android, nampaknya harus memperhatikan beberapa kesalahan umum berikut ini agar tidak menimbulkan kerugian bagi Anda di kemudian hari.

1. Kurang Memaksimalkan Fitur Locking

Kesalahan pertama yang umum dilakukan para pengguna #Android pemula adalah tidak menggunakan fitur locking atau penguncian secara maksimal. Padahal seperti kita tahu, perangkat smartphone tidak seperti ponsel konvensional yang mungkin hanya menyimpan beberapa data pribadi. Pada perangkat ini lebih banyak lagi informasi serta data pribadi yang tentunya harus kita jaga dengan baik.

Dan bagi mereka yang masih pemula atau bahkan yang sudah lama menggunakan perangkat Android, terkadang menyepelekan hal tersebut dan tidak menggunakan fitur locking dengan baik. Padahal ancaman tangan-tangan jahil hingga kemungkinan perangkat kita hilang, tentu akan membuka gerbang pencurian informasi personal dari perangkat smartphone kita.

Artikel lain: Inilah 5 Cara untuk Mengenali Ciri Smartphone Android Palsu

Oleh karena itu kita sebaiknya menggunakan fitur logging ini sebagai langkah antisipasi. Terdapat beberapa alternatif seperti penggunaan pola, kode password hingga teknologi sidik jari yang telah diterapkan di beberapa jenis smartphone.

2. Terlalu Banyak Memasang Widget

Kesalahan berikutnya yang dilakukan para newbie perangkat Android adalah memasang terlalu banyak widget. Bagi mereka yang sebelumnya menggunakan ponsel konvensional, tentu akan merasa excited melihat beragam widget yang bisa dipasang di area halaman muka smartphone. Padahal beberapa fungsi widget tersebut sebenarnya tidak terlalu penting.

Dampaknya yang pertama tentu bisa menghabiskan lebih banyak daya baterai, sehingga Smartphone kita lebih mudah lowbat. Selain itu dari sisi tampilan, penggunaan pernak-pernik yang terlalu penuh tentu tidak sedap dipandang mata.

3. Tidak Mempunyai Akun Gmail

Ini menjadi sebuah masalah umum, bahkan bukan hanya untuk para pemegang perangkat Android. Masih banyak dari kita yang tidak mempunyai atau bahkan masih asing dengan layanan Gmail. Dan khusus untuk Android, seperti diketahui untuk mengoperasikan seluruh fungsi dengan optimal diperlukan akun Gmail pribadi dari pemiliknya.




Meski masalah yang satu ini tidak terlalu krusial, Namun kita tetap harus mulai membiasakan diri dengan fasilitas #email seperti Gmail. Karena selain digunakan sebagai “KTP” online, layanan Gmail nantinya juga akan menjadi tempat di mana informasi-informasi personal kita masuk.

4. Kurang Memperhatikan Peringatan Ketika Menginstal Aplikasi

Bagi para pengguna perangkat Android, tentu bisa menggunakan ribuan bahkan puluhan ribu #aplikasi berbeda baik yang gratis hingga aplikasi premium. Namun yang terkadang gagal difahami adalah pentingnya memperhatikan peringatan yang muncul ketika kita sedang menginstal aplikasi.

Untuk aplikasi yang diunduh toko aplikasi resmi seperti #Google Play Store, mungkin tidak terlalu bermasalah karena aplikasi-aplikasi tersebut telah disaring terlebih dahulu oleh pihak pengembang. Masalah mungkin saja datang jika kita menginstal aplikasi pihak ketiga dari lokasi yang tidak terpercaya. Tak jarang aplikasi tersebut membawa virus ataupun malware yang dapat merusak perangkat bahkan merugikan diri kita di kemudian hari.

Baca juga: Ini Dia Menu Rahasia Smartphone Android, Sudah Tahu Belum?

5. Menginstal Aplikasi Secara Berlebihan

Masih sejalan dengan poin sebelumnya, para pengguna pemula tentu akan mudah tertarik dengan berbagai jenis layanan aplikasi yang sebelumnya belum pernah mereka temui. Namun meskipun kita masih awal menggunakan perangkat #Android, kita harus tetap cerdas dan bijak ketika akan menginstal aplikasi pilihan.

Umumnya masalah muncul pada pengguna yang gemar bermain game. Mereka akan menginstal belasan aplikasi game tanpa memperhatikan kuota memori serta kemampuan RAM dari perangkat Androidnya. Jika kondisinya sudah parah, selain akan terasa berat ketika dijalankan bukan tidak mungkin perangkat Android kita akan lebih cepat rusak.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud