5 Tips Sulap Tampilan Blog Anda Dengan Tool dan Efek Animasi Menawan

mengubah tampilan blog

Image dari Adhelper.biz

Memiliki sebuah blog yang tampilannya menarik dan enak untuk dilihat menjadi dambaan bagi setiap orang yang memiliki blog. Namun proses untuk mewujudkannya itu memanglah bukan perkara yang mudah. Khususnya jika kita membicarakan blogger pemula yang notabenenya masih awam dengan bahasa HTML dan CSS. Padahal kedua faktor tersebut merupakan hal yang paling penting dan mendasar untuk mendesain tampilan blog sedemikian rupa. Berbeda hal jika anda termasuk mahir dalam bidang ini pasti tidak menemukan masalah yang berarti dalam proses pembuatannya.

Banyak orang yang ingin mencoba membuat sebuah blog sederhana tetapi terkesan mempunyai nilai jual yang tinggi jika di lihat dari segi tampilannya. Tapi justru cara untuk mengaplikasikannya banyak yang masih salah. Itu mungkin karena faktor tidak mengetahui ilmunya atau hanya asal-asalan saja dalam pembuatannya.

Artikel lain: Mau Jadikan Blog Tampil Lebih Fresh? Pastikan 6 Tips Ini Sudah Anda Lakukan

Untuk tidak membuang waktu lebih lama lagi, dibawah ini akan dibahas 5 cara agar tampilan blog menjadi keren dengan tool dan efek animasi. Maka dari itu simak penjelasannya berikut ini.

1. Background Image

Menambahkan background image pada body template sebenarnya tidak dianjurkan karena akan berpotensi untuk membuat load situs blog menjadi lebih berat alias lemot. Itu dikarenakan background image membutuhkan tempat yang lebih pada desain body blog sehingga ketika akan di buka menjadi terasa berat. Tenang disetiap permasalahan pasti ada solusinya dengan menggunakan background image repeat, yaitu sebuah kode CSS yang berfungsi menduplikat gambar secara berulang-ulang.




Jadi intinya nanti di dalam pembuatan blog menggunakan gambar dengan ukuran yang kecil, lalu menduplikat gambar tersebut hingga memenuhi satu halaman penuh. Perlu dicatat juga cara ini digunakan hanya untuk gambar berjenis pattern atau pola garis seperti persegi. Untuk mengaplikasikannya terhadap sebuah blog siapkan terlebih dahulu gambar yang akan anda sisipkan nantinya. Dan yang akan dijadikan sebagai background utama.

2. Backgroud Collor

Cara yang kedua untuk membuat tampilan blog anda terlihat keren dengan mengganti warna backgroud collor. Dan yakin bahwa kebanyakan template blog, di setiap bagiannya hanya menggunakan satu warna saja. Nah untuk membuat blog anda menjadi lebih berwarna, bisa dengan cara menggabungkan berbagai macam warna misalnya antara cream dan putih, merah tua dan merah muda dan yang lainnya. Dan untuk hasilnya nanti akan terlihat warna background blog yang anda miliki perpaduan antara dua warna yang berbeda.

3. Efek Hover

Mungkin bagi sebagian Anda yang mempunyai sebuah blog, cara ini terdengar langka dan asing. Sebenarnya apa itu efek hover ? singkatnya efek hover adalah efek yang akan muncul apabila kursor berada di atas selector. Sehingga pada saat anda mengarahkan kursor ke bagian tertentu maka efek yang kita tambahkan sebelumnya pada proses pembuatan blog akan muncul dengan sendirinya. Karena telah diatur secara otomatis jika bagian itu tersorot maka efek yang anda buat akan terlihat dengan sendirinya.

4. Social Share Button

Social share button selain memiliki fungsi untuk mempercantik tampilan blog anda, widget social button juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan traffic dan juga #SEO yang berfungsi sebagai social signal. Jadi bagi anda yang memiliki blog tidak ada salahnya jika memasang social share button agar tampilan blog anda menjadi keren. Untuk langkah pembuatannya sebenarnya cukup mudah dengan secara otomatis di situs ShareThis.

Baca juga: Tips Bagaimana Cara Membuat Logo Keren Untuk Blog Anda




5. Efek Animasi Bergerak

Pada cara ini terbagi menjadi dua bagian yaitu ada yang harus disentuh (hover) dulu baru efek animasinya bekerja dan ada juga yang otomatis langsung bergerak. Maka dari semua itu intinya adalah jika anda menginginkan blog yang eye sketching langkah ini tepat anda aplikasikan agar tampilan blog Anda tidak membosankan bagi orang-orang yang mengunjunginya. Dan bahkan jika Anda seorang pengusaha online tapi belum mempunyai #toko online dan masih mengandalkan media blog cara ini ampuh untuk mendatangkan pengunjung yang lebih banyak.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. mas maxmanroe mau tanya ni, saya baru belajar ngeblog ( newbie ) , mas kasi tips donk atau cara yang baik , untuk menulis awal pembukaan artikel sebelum masuk ke topik yang mau di tulis ? tolong ya mas ,, Makasih

  2. Slmat siang mas.
    Aku mau tanya dong mas, menurut mas mana yg lebih baik bikin blog via wordpress atau blogger?

    • Kalau menurut saya masih menang WordPress, ini pendapat pribadi ya

  3. Boleh juga tuh dicoba toolsnya bang, biar tampilan blog makin menarik disamping kualitas kontennya diperbaiki juga. Terimakasih banyak n izin share

  4. Sedikit sedikit aku mulai ngerti om max… blog aku kayaknya udah menerapkan beberapa dari 5 tips sulap nya :) hasil dari sering nya berkunjung kemari, nyuri ilmu nya om max. pii ya itu tadi ada sedikit kesulitan buat memahami bahasa HTML ama CSS nya.. ya sering tak utak atik aja buat eksperimen.. hehehe.
    makasih banyak max manroe.com (y)

  5. cara sulapnya keren om, tapi yang ane ngerti cuma nomor 4 sama nomor 5 aja, kalau yang lain ane gak ngerti istilahnya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud