Inilah 4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berlangganan Netflix

Inilah 4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berlangganan Netflix

Image dari Huffingtonpost.com
Image dari Huffingtonpost.com

Seperti kita ketahui bersama sejak Rabu (6/1/2016) kemarin layanan film streaming Netflix telah resmi meluncur di 130 negara baru, termasuk Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan yang melayanani dan menyuguhkan film berkualitas, Netflix tentu saja akan menjadi perhatian banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat ini memang sangat berpengalaman dalam bisnis film ini.

Didirikan sejak tahun 1997, Netflix terus mengembangkan usahanya. Bahkan pada tahun ini sendiri, Netflix akan menargetkan perluasan layanannya hingga ke 200 negara. Jika Anda memang tertarik dan berencana untuk berlangganan Netflix, maka Anda perlu mengetahui beberapa hal dari layanan berbasis film streaming ini. Berikut ulasannya.

1. Jenis Layanan Netflix

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan berlangganan Netflix adalah jenis layanan. Ya, di Indonesia sendiri Netflix menyediakan dan menawarkan tiga jenis layanan. Layanan itu sendiri adalah layanan Basic, Standard, dan Premium.

Untuk berlangganan paket basic sendiri, Anda diharuskan membayar Rp 109.000 per bulan. Sedangkan untuk langganan Standard maka Anda harus menyediakan biaya bulanan Rp 139.000. Dan untuk paket premium maka biaya bulanan yang harus Anda tanggung adalah Rp 169.000 per bulan.

Artikel lain: Netflix Sudah Hadir Di Indonesia, Ini Cara Berlangganannya

Lalu apa yang membedakan antara jenis layanan tersebut? Menurut informasi yang ada didapatkan sebuah data bahwa perbedaan paket tersebut terdapat pada resolusi gambar dari sebuah film dan juga jumlah perangkat yang bisa digunakan untuk menggunakan sebuah akun Netflix secara bersamaan.

2. Perangkat yang Dibutuhkan

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan sebelum berlangganan Netflix adalah perangkat. Ya untuk menjalankan layanan film dari Netflix, Anda memang diharuskan memiliki perangkat yang terhubung ke internet untuk kebutuhan streaming. Lalu perangkat seperti apa yang tepat untuk menjalankannya? Sebenarnya hampir semua perangkat yang terkoneksi internet bisa menjalankan layanan Netflix.

PC atau laptop dapat menjadi perangkat umum dan standar yang bisa Anda gunakan dengan memanfaatkan browser di perangkat tersebut. Namun selain PC atau laptop, Anda bisa menikmati layanan Netflix ini melalui #smartphone dan tablet. Pengguna iPad, iPhone, smartphone, dan tablet berbasis Android, serta smartphone Windows Mobile juga bisa langsung menikmati film dari Netflix dengan cara mengunduh aplikasi Netflix melalui toko digital masing-masing.

Jika Anda memiliki konsol game seperti Xbox 360, Xbox One, Playstation 3, dan Playstation 4, maka Anda juga bisa memainkan film Netflix. Perangkat lain yang juga bisa digunakan adalah SmartTV, streaming device (Apple TV dan #Google Chromecast), beberapa jenis set-top box, dan Blu-ray player dari vendor tertentu.

3. Butuh Bandwidth Besar

Berikutnya yang perlu Anda perhatikan sebelum berlangganan Netflix adalah bandwith internet. Ya saat menikmati layanan film streaming dari Netflix ini seseorang memang membutuhkan bandwidth internet yang cukup besar.

Menurut Netflix dalam situs resminya sendiri, perkiraan paket internet yang dipakai untuk menonton satu film di layanan Netflix adalah mencapai 300 MB per jamnya. Jumlah bandwith ini sendiri adalah estimasi untuk video dengan kualitas terendah, yakni di bawah Standar Definition. Apabila pelanggan memutuskan untuk menonton film berkualitas SD, maka dibutuhkan paket internet yang lebih besar lagi yakni sebanyak 700 MB hingga 1 GB per jamnya.

Sedangkan untuk film berkualitas HD, pelanggan dikatakan butuh paket data sebesar 3 GB per jamnya. Jadi semakin tinggi kualitas gambar dari sebuah film, maka akan semakin besar pula bandwith internet yang terpakai.

Baca juga: Resmi, Layanan “Streaming” Film Netflix Masuk Indonesia, Siap Berlangganan?

4. Pilihan Paket Internet

Terakhir, hal yang perlu diperhatikan sebelum berlangganan Netflix adalah pilihan paket #internet. Karena Netflix merupakan layanan film streaming yang bisa menyedot bandwith yang sangat besar, maka disarankan Anda menggunakan paket internet unlimited. Beberapa penyedia layanan internet unlimited yang bisa Anda pilih adalah Biznet, Firstmedia, dan MyRepublic yang menggunakan kabel optik.

Paket-paket internet unlimited sendiri bisa dinikmati dengan biaya kisaran Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per bulan. Untuk layanan mobile broadband, Anda bisa memilih Smartfren sebagai pendukung layanan Netflix Anda. Smartfren sendiri memiliki harga promosi Rp 75.000 per bulan (hingga April), dari tarif normal Rp 300.000 per bulan untuk paket unlimited. Tapi jika Anda memang benar-beanr tertarik dengan Netflix, maka Anda bisa memanfaatkan harga promo dari Netflix dengan layanan gratis hingga 7 Februari 2016.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan