Ini Lho Susahnya Ngeblog, Masih Minat Jadi Blogger?

Image dari Gettyimages.com

Image dari Gettyimages.com

Sampai saat ini, iming-iming mendapatkan uang dari #internet memang selalu menggoda siapa saja. Apalagi dengan embel-embel penghasilan yang luar biasa besar serta berbagai kemudahan yang ditawarkan bekerja dari internet. Salah satunya yang menjadi favorit para anak muda sekarang adalah dengan menjadi seorang Blogger. Dengan mengelola beberapa blog kemudian memonetisasi blog tersebut dengan harapan mendapatkan uang yang melimpah dengan usaha yang ringan atau bahkan tanpa usaha.

Padahal sejatinya kegiatan ngeblog itu adalah pekerjaan yang teramat berat. Terutama bagi kita yang masih awam dan pemula banget dalam dunia blogging, maka ketika tidak memiliki tekad yang kuat niscaya akan menghabiskan waktu dan energi Anda saja. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dianggap paling susah oleh blogger, terutama bagi para blogger pemula.

1. Sulitnya Mendapatkan Approve Google Adsense

Sepertinya ini adalah masalah klasik bagi para Blogger pemula, sulit mendapatkan approve dari #Google Adsense. Memang mendapatkan approve dari Google Adsense bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada beberapa poin yang harus dipenuhi terlebih dahulu agar sebuah blog bisa dianggap bagus oleh Google kemudian bisa diterima menjadi publisher Adsense.

Yang sering menjadi masalah adalah ketika blogger pemula ngebet ingin diterima menjadi publisher Adsense tanpa memperhatikan mutu dan kualitas dari blog itu sendiri. Para pemula cenderung terburu-buru dalam mendaftarkan blog untuk diterima menjadi publisher pemula. Yang paling bagus untuk dilakukan menurut saya adalah, buatlah blog sebaik mungkin dan konsistenlah dulu dalam mengelola blog tersebut, baru kemudian berpikir strategi selanjutnya.

Artikel lain: Waspadalah, Ini Keinginan Instan Yang Sering Menghambat Karir Ngeblog Newbie




2. Mendapatkan Banyak Visitor Itu Bukan Perkara Mudah

Dengan persaingan yang semakin ketat seperti saat ini, untuk mendapatkan visitor yang melimpah bukanlah perkara yang mudah. Banyak #niche atau bahasan yang saat ini begitu padat dipenuhi oleh para #blogger. Dan tentu saja hal itu akan membuat kita semakin sulit mendapatkan visitor.

Hal inilah yang seringkali membuat blogger menghalalkan segala cara untuk mendapatkan visitor seperti menyebar berita-berita hoax semacam artis populer meninggal dan sebagainya. Membutuhkan daya dan upaya yang ekstra untuk bisa bersaing dengan blog lain dan mendapatkan banyak visitor.

3. Harus Menulis Artikel Setiap Hari

Bagaimanapun juga, Anda sebagai blogger harus rajin menulis artikel untuk kemudian di-publish. Setiap hari Anda harus melakukan update blog agar pengunjung tidak meninggalkan blog Anda. Terbayan betapa lelahnya ketika harus menulis artikel setiap hari, belum lagi ketika Anda mengalami kebuntuan ide dalam menulis. Apalagi jika kebosanan mulai melanda Anda, pasti itu akan semakin menambah beratnya perjalanan Anda menjadi seorang blogger.

4. Bersaing Mendapatkan Page One Itu Sangat Melelahkan

Ini terkait erat dengan poin pada nomor dua, ketika Anda menargetkan kata kunci dan kemudian berhasil menduduki page one, maka itu bisa menjadi sumber visitor Anda. Namun jangan senang dulu, karena untuk mendapatkan posisi page one Anda harus mengalahkan banyak blog lain yang tentunya itu sangat sulit.

Apalagi pada kata kunci yang populer dan banyak dicari oleh orang, pasti itu akan menguras energi dan waktu Anda. Di sini banyak membuat para Blogger menyerah yang kemudian mematahkan semangat mereka dalam menekuni dunia blogging.




5. Mendapatkan Uang Dari Blog Itu Butuh Waktu

Tentu saja semuanya tidak bisa didapatkan secara instan, semuanya butuh proses dan waktu yang tak sebentar. Untuk bisa mendapatkan uang dari blog mungkin satu tahun adalah waktu yang bisa dikatakan sangat cepat.

Ada beberapa blogger yang mengatakan mereka baru bisa mendapatkan uang dari blog setelah ngeblog selama tiga tahun, empat tahun dan bahkan ada yang lima tahun. Jadi semuanya bukanlah pekerjaan yang instan dan tidak membutuhkan kerja keras, semuanya tergantung kerja keras Anda dalam menekuni dunia blogging ini.

Baca juga: Sudah Efisienkah Cara Membangun Blog Anda? Coba Lakukan 5 Hal Ini

6. Menyita Banyak Waktu dan Energi

Pasti akan menyita waktu dan energi Anda. Waktu Anda dengan keluarga dan orang-orang terdekat Anda pasti akan berkurang karena aktifitas ngeblog Anda. Dan itu adalah sesuatu yang berat, apalagi bagi Anda yang sudah berkeluarga. Dan bukan saja waktu dan energi yang akan terkuras, mungkin juga secara finansial akan berkurang. Dan itu semua tidak bisa menjamin Anda bakal mendapatkan uang dari aktifitas ngeblog Anda.

Bagaimana, masih minat menjadi seorang blogger? Atau berhenti sampai di sini saja. Semua itu tergantung Anda sendiri yang menentukan, tetap lanjut atau menyerah untuk menggapai kesuksesan sebagai seorang Blogger!



20 total comments on this postSubmit yours
  1. Jangan menyerah begitu saja…bagaimanapun juga blogging adalah pasive income yang dapat Anda petik dikemudian hari. Jika sudah berhasil menjadi blogger profesional pasti akan lebih nyaman.
    Biasalah kalau untuk menggapai sesuatu yang mulia itu harus berjuang keras terlebih dahulu.
    Ayo para blogger pemula. Jadikan posting max ini sebagai cambuk untuk blogging yang lebih serius lagi.
    Ingat, blogging itu jangan setengah-setengah, percuma nanti.
    Semangat Ngeblog Kawan…!

  2. numpang belajar mas..masih pemula ingin belajar ngeblog

  3. Susah sangat gannn

  4. Ngeblog itu butuh perjuangan, memang awalnya akan sangat menyakitkan tapi akhirnya akan bahagia nantinya.

  5. waah makasi maxmanroe, gw juga baru mulai ini. uda 3 bulanan blog terbengkalai krna gak ada ide untuk menulis. niat awal geblog emang mau cari duit si heheh. tapi setelah baca artikel ini mgkn harus banyak belajar lagi ya. emang benar semua utuh waktu. pengorbanan yang banyak :)

  6. Inti nya harus jadi orang yang serba sabar ya suhu, walau rada susah kayak ngedaki himalaya, ane akan coba terus berjuang buat ngeblog biar bisa sukses kayak blog maxmanroe juga…. hehehe

  7. saya sudah 4 tahun ngeblog dan menurut saya masalah yang paling besar sebenarnya adalah masalah menulis. menurut saya sendiri sebenarnya sebagus apapun teknik yang kita gunakan namun kalau konten tidak berkualitas sama saja dengan nol.

    jadi sedikit saran dari saya jika ada yang minat untuk ngeblog lebih baik fokus dulu dengan yang namanya menulis dari pada fokus ke nyari uangnya, toh kalau sudah bagus nulisnya nanti uang akan datang sendiri :D

  8. saya ngeblog untuk belajar karena saya rasa ngeblog banyak banget manfaatnya. selain belajar nulis, punya blog juga bisa buat berbagi informasi.

  9. Ane blogger dan sudah terbukti menghasilkan ratusan juta Bahkn ada lho yg bisa mendapatkan milyaran hnya dari blog. Yg penting Kalo mau mencari penghasilan dari blog intinya harus profesional menulis buat artikel yang bermutu gan…. Kita buat blog bikin artikel bermanfaat banyak dicari orang. Bukan blog pribadi yang hanya curhat,mngkn susah di aprove atau orang laen tdk ada yg menelusuri

  10. meski sulit tapi karena yakin bisa menghasilkan uang dari blog, saya bisa konsisten, dan Alhamdulillah merasakan juga penghasilan dari blog.
    ketika baru memulai sangatlah tidak mudah, apalagi kalau belum apa-apa sudah berpikir menghasilkan uang dari blog.

    Artikel bagus memberikan pemahaman tentang blogging

  11. namanya juga uang gan..
    kebanyakan berfikir kalau lebih cepat di terima google adsense, akan lebih semangat ngeblog.
    dan bisa ngumpulin uang dari adsense lebih awal gitu

  12. jadi bloger memang susah, apalagi saya newbie tetapi menurut saya menjadi bloger itu tantangan yang seru. mohon tuntunan untuk bloger yang sudah level expert

  13. Klo untuk saya yang paling sulit itu adalah konsisten, bukan hanya konsisten menulis, tetapi konsisten menentukan ide dan konsisten dalam menentukan fokus blog.

    Modal semakin menipis sementara blog yang kita urus belum juga menghasilkan…hahaha

  14. Sangat sulit memang ngeblog itu apalagi masalah konsistennya itu. terkadang kalau udah keterima adsense juga tiba” di blok itulah susah dan pahitnya ngeblog tetapi harus tetap semangat kawan :D

  15. Harus tetep semangat.. hehe

  16. thx gan atas mskanny bagi blogger pemula untuk mendapatkan pengalaman yang banyak

  17. Semuanya emang harus butuh kerja keras dan waktu. Kalo menurut ane, jadi blogger itu harus punya typing point, jika dilakukan dengan konsisten, maka lama-lama akan meledak dan menghasilkan hal yang maksimal buat kita,,,,

    intinya harus konsisten dan pantang menyerah

  18. Memang susah mas kalau memang ngeblog tapi nggak “ikhlas” ya mas? Kita harus membuang jauh rasa pamrih dulu ya mas. Kita harus tetap posting dan merawat blog tanpa harus memikirkan apa yang kita peroleh dari itu.

    Lakukan blog sebagai hobi, lakukan ngeblog layaknya kamu bermain sebuah game. Jika kamu tidak dapat menaklukkan, cobalah sampai bisa.

    Mas cek email ya, kemarin saya yang mau interview mas hehe

  19. Ngeblog itu emang butuh perjuangan, kalau ada blogger yang sukses sekarang memotivasi yang pemula itu hal yang wajar karena merintisnya bukan perkara mudah.

    Blogger pasti sukses kalau konsisten dan nggak masuk angin

  20. Blogging itu emang butuh perjuangan, bahkan ketika kita sudah punya trafik sekalipun masih ada aja kendala untuk mengkonversinya menjadi uang, ada banyak hal yang musti di pelajari.

    Tapi blogging itu menyenangkan terutama jika hobi menulis…saya sendiri udah hampir 2 tahun nulis dan makin lancar aja ngetik artikel….meskipun jangan bikin ide sendiri dan kebanyakan tulis ulang dan modifikasi total.

    Btw, dibawah enjoy aja sih, dan saya masih mau jadi blogger karena lumayan menjanjikan dan jangka panjang bisa jadi penopang hidup asalkan tau cara memaksimalkannya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud