Sudah Efisienkah Cara Membangun Blog Anda? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Image dari Fearlesseating.net

Image dari Fearlesseating.net

Membangun sebuah blog itu menurut hemat saya hampir sama dengan membangun sebuah bisnis. Jika kita membangun blog dari nol, maka kita juga dituntut untuk mampu memberikan perlakuan yang efisien pada blog yang kita bangun. Jangan sampai apa yang kita lakukan justru akan membuat kita kehilangan banyak waktu dan energi. Dari pengalaman beberapa teman #blogger, bertindak cerdas dan sistematis lebih memungkinkan untuk mendapatkan sukses dari pada hanya asal-asalan dalam mengembangkan sebuah blog.

Saya rasa lebih baik bekerja secara efektif dan efisien ketimbang harus menghabiskan waktu dan energi kita dalam bekerja namun tidak menghasilkan sesuatu yang kita inginkan. Dengan bekerja secara teratur dan sistematis saja belum tentu bisa menghasilkan blog yang maksimal, apalagi yang mengerjakannya secara asal.

Artikel lain: Panduan Belajar Blogging Untuk Pemula, Tips Membangun Blog



Namun demikian, tidak sedikit juga blogger yang mengerjakan blognya dengan sekehendak hati saja, ada ide langsung dikerjakan begitu saja. Untuk membangun sebuah blog dengan efisien, menurut hemat saya ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Tentu masing-masing orang mempunyai cara yang berbeda dalam hal ini.

1. Memetakan Daftar yang Harus Dikerjakan 

Setiap kali akan mengerjakan atau membangun blog dari nol, yang harus dilakukan menurut saya adalah memetakan dan membuat daftar pekerjaan. Ini bisa bebas, tergantung Anda. Bisa diawali dengan riset, atau bisa juga dengan apa yang menjadi passion Anda, atau mungkin tentang hobi Anda sendiri.

Yang ingin saya katakan adalah, membuat daftar yang harus dikerjakan itu sangat penting dalam membangun sebuah blog. Ini bisa dikatakan sebagai sebuah roadmap untuk blog yang akan Anda kerjakan itu sendiri.  Tanpa patokan yang jelas, saya rasa sangat sulit menentukan arah dari blog Anda. Yang ada nantinya akan membuat Anda menjadi tidak fokus dan bisa berhenti di tengah jalan.

2. Kerjakan Dengan Cerdas dan Sistematis, Jangan Asal

Ketika Anda sudah mempunyai daftar pekerjaan apa yang harus dikerjakan, selanjutnya Anda juga harus bisa mengerjakannya dengan cerdas dan sistematis. Patuhi dan lakukan daftar kerja yang sudah Anda buat, jangan menoleh ke pekerjaan yang lain sebelum selesai pekerjaan Anda.

Dengan bekerja secara sistematis sesuai dengan rencana, bisa membuat waktu lebih efisien dan tentunya akan membuat cara kerja Anda lebih ringan dan tidak yang pasti tidak kacau. Contoh sederhana misalnya, jangan blog masih belum ada artikel sudah Anda promosikan di berbagai media, itu adalah tindakan yang konyol.

3. Perhatikan Juga Perkembangan Blog, Lalu Lakukan Analisa

Setelah Anda melakukan apa yang ada dalam job list yang Anda buat, maka berikutnya adalah waktunya memperhatikan perkembangan blog Anda. Ini bisa Anda lakukan sesuai dengan rencana awal Anda membangun blog baru tersebut.

Lakukan analisa terhadap blog yang sudah Anda bangun, bisa dalam waktu satu bulan, dua bulan atau tiga bulan. Perhatikan perkembangannya, apakah cukup memuaskan dengan cara yang Anda lakukan, atau justru sebaliknya. Di sini nanti Anda mungkin saja akan menemukan berbagai masalah terkait blog yang Anda bangun.

4. Terapkan Metode yang Paling Efektif Ketika Membangun Blog

Karakter dari blog itu bisa bermacam-macam dan tidak sama antara satu blog dengan blog yang lain. Metode yang digunakan untuk membangun sebuah blog juga berbeda-beda. Metode satu mungkin bisa sukses terhadap sebuah blog, namun belum tentu berhasil pada blog yang lain.

Maka dari itu, di sinilah perlunya sebuah analisa. Dari hasil analisa yang Anda lakukan, pilihlah metode yang paling tepat dan sesuai untuk blog Anda. Lebih jauh lagi tentang promosi, #SEO dan lain-lain, juga sangat berpengaruh terhadap metode untuk mengembangkan sebuah blog.

Baca juga: 6 Teknik Membangun Otoritas Blog Mulai Dari Nol

5. Jangan Ragu Untuk Bertanya

Nah, ini adalah jurus yang paling ampuh menurut saya. Jangan ragu dan malu untuk bertanya, pada siapa saja yang Anda rasa berkompeten dalam bidang yang Anda butuhkan. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengambil kursus atau sekolah yang saat ini sudah banyak tersedia.

Yang paling penting, jangan sampai Anda salah dalam memilih guru. Untuk membangun sebuah blog, saya rasa di maxmanroe.com sudah sangat lengkap. Berbagai pertanyaan yang disampaikan pembaca melalui komentar juga banyak diberikan jawaban yang relevan dari admin. So, tetap semangat gaes!





15 total comments on this postSubmit yours
  1. Nice infonya gan, sangat bermanfaat semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan saya. Mohon kritik dan saranya di blog saya! Terima kasih

  2. mksh artikelnya mas, byk mebangun. terus terang saya gak punya pengalaman dalam hal blogging tp dg tulisan di ats cukup meberikan saya informasi yg dperlukn utk merintis blog saya nantinya. sx lagi trimakasih,,

  3. tips dan informasinya sangat membangun mas…
    sebagai pemula sy masih susah membagi waktu buat nulis artikel sama main..
    idealnya ngeblog dalam satu hari itu brp jam mas biar lebih maksimal blognya dan pengunjungnya juga banyak/rame…
    mksh mas.sy mohon sarannya…

    • Itu tergantung masing-masing om, ga ada waktu pastinya. Tapi kalau profesinya memang blogger, ya bisa 16 jam sehari di depan laptop.

  4. Maaf saya seorang Newbie sudah membuat blog dg banyak tema seperti KESEHATAN, TIPS, ILMU AGAMA dll. Yg ingin saya tanyakan apakah bagus membuat blog “gado-gado” seperti itu bagi pemula seperti saya? Mohon bimbingannya..Terimakasih…

  5. Terimakasih infonya, saya baru bikin blog baru kemarin dan masih bingung mau gimana lagi….?! Mungkin mas max bisa membimbing saya ug newbie ini

  6. Salam sejahtera mas..
    Jujur saya tidak pernah malu bertanya dan apa yg saya tidak tau dan saya bingung selalu saya tanyakan, tp yg jadi masalah adalah kbanyakan dari mereka tidak menjawab bahkan hanya utk skdar menjawab salam, padahal tanya juga sopan tpi malah di cuekin, itu yg kadang membuat saya yg seorang nubie kebingungan dan putus asa..
    Maaf kalo tdk nyambung dgn artikel di atas, kalo mas berkenan boleh lah saya di kasih masukannya..
    Terima kasih.

    • monggo mas, silahkan kalau mau tanya2, kalau saya mampu akan saya jawab, kalau tidak mampu mungkin mas Max nanti bisa membantu

  7. mas boleh saya tanya gk? gunta ganti tamplate dampaknya besar gk untuk blog? dan juga buat blog itu pilih 1 topik atau gado – gado yang bagus mas?

    • efek sering ganti theme setau saya bisa membuat blog sulit diindex, ada juga yang mengatakan bisa membuat broken link, dan tentunya akan menghabiskan waktu dan energi Anda sendiri.

      untuk tema blog, gado2 atau 1 topik saja, kalau saya lebih suka pada blog yang satu tema saja, karena kita bisa lebih fokus

  8. saya sangat ingin menjadi orang yang membangun blog dengan efisien dan saya suka belajar, belajar otodidak adalah sebuah keberuntungan namun belajar otodidak memakan energi yang besar dan waktu yang panjang, saya berharap mendapatkan tempat untuk belajar atau mendapatkan bimbingan lansung dari seorang sifu yang bisa membangun blog dengan baik, jika ada diantara sifu yang bersedia saya dengan senang hati akan datang.

  9. makasih atas tipsnya karena blog yang saya bangun belum terlalu efisien

  10. Aktivitas blogging itu menyenangkan dan menghasilkan. Jika melakukan apa yang dijabarkan pada artikel diatas. Setiap blogger berkesempatan dan berpeluang sama utk sukses. Terimakasih atas ilmunya. Salam

  11. Menurut saya 5 Point diatas memang harus menjadi pedoman bagi setiap blogger untuk mencapai kesuksesan.

  12. Terima Kasih banyak mas masukannya…
    Bisnis apapun yang dijalankan termasuk juga membangun blog kita untuk bisnis sangat membutuhkan tidak hanya skil menulis, kecakapan menjelaskan sebuah topik, tapi juga kedisiplinan kita dalam memngembengkan dan mengatur ritme blog…
    Tapi hal yang paling penting dalam berbinis menggunakan blog sebagai media bisnis adalah memiliki dasar yang sama dengan membangun bisnis pada umumnya, yakni kita adalah pelaku utama dan kita yang mengatur semua alur, dari mulai waktu, tempat, kecepatan perkembangan bisnis, kelambatan bisnis dan juga apa yang ingin kita bangin dengan bisnis itu. Ekspresi ini yang luar biasa jadi kekuatan di bisnis yang kita bangun. Semakin disiplin kita dengan apa yang menjadi komitmen kita ketika membuka bisnis, semakin nyata apa yang akan kita dapatkan dari bisnis kita…
    semangat terus para pebinsnis. Indonesia butuh orang-orang seperti kita untu selalu berkembang dan terus berkembang…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud