Ini Cara Mengetahui Akun Palsu di Facebook, Waspada Cybercrime!

Cara-Mengetahui-Akun-Palsu-di-Facebook

Semua masyarakat modern pengguna #internet pasti setuju kalau perkembangan internet telah membawa banyak kemudahan dalam aktivitas hidup. Ya, kini mempelajari suatu hal baru bukan lagi hal yang sulit sejak internet bisa memberitahukan banyak informasi untuk kita. Tidak hanya sekedar untuk mencari informasi, internet juga bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh penjuru dunia. Untuk urusan yang satu ini, tentu saja kita harus menggunakan media sosial sebagai sarana.

Salah satu #media sosial yang banyak digunakan oleh pengguna internet adalah Facebook. Kita bisa dengan mudah menemukan teman yang sudah lama tidak kita hubungi melalui Facebook. Karena penggunaannya yang mudah dan gratis, ternyata banyak sekali oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan Facebook untuk membuat akun palsu. Tujuan akun palsu tersebut juga sangat beragam mulai dari sekedar iseng, ingin memata-matai orang lain atau bahkan ingin melakukan penipuan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa terhindar dari jebakan yang dibuat oleh akun palsu di medsos Facebook? Berikut ini adalah cara mengetahui akun palsu di Facebook, kenali ciri-cirinya agar terhindar dari dari cybercrime yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab:

Artikel lain: 9 Aktivitas Super Menyebalkan Facebookers, Pernah Melakukannya?

1. Mereka Banyak Mencari Teman Baru

Akun #Facebook palsu biasanya dibuat dengan tujuan tidak baik seperti menipu atau sekedar iseng mencari teman-teman baru. Jadi, harap waspada ya bila akun Facebook kita di request oleh pengguna Facebook yang tidak kita kenal. Alangkah baiknya bila kita tidak melakukan approve terhadap akun Facebook yang tidak kita kenali.

2. Mereka Tidak Menggunakan Foto Asli

Untuk mengelabui pengguna Facebook lainnya, biasanya si pengguna akun palsu tidak memasang foto diri sendiri atau foto asli sebagai foto profil. Mereka lebih memilih menggunakan foto selebriti atau foto-foto yang sebenarnya merupakan kepunyaan orang lain. Hal tersebut tentu dilakukan untuk menutupi identitas asli dari si pengguna akun palsu.




Untuk mengecek apakah suatu akun Facebook menggunakan foto orang lain, kita bisa melakukan copy paste foto profilnya pada #Google Image. Jika hasil pencarian di Google Image menunjukkan ada gambar yang serupa dengan foto profil tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa akun Facebook tersebut adalah akun palsu.

3. Mereka Tidak Menyimpan Banyak Foto

Selain tidak menggunakan foto asli, akun palsu di Facebook biasanya juga tidak menyimpan atau tidak memiliki banyak tag foto. Akun Facebook yang asli tentu sering mendapat tag foto dari teman-teman lainnya. Berbeda dengan akun yang asli, akun palsu justru tidak memiliki banyak foto. Bila akun palsu di Facebook memiliki banyak foto, biasaya foto tersebut hanya berupa foto-foto produk yang ingin dipromosikan atau foto-foto yang bukan bersumber dari dokumentasi pribadi.

4. Mereka Bisa Sangat Pasif atau Sangat Aktif

Pengguna akun palsu di Facebook mungkin saja memiliki kebiasan yang berbeda-beda, ada yang sangat aktif atau ada pula yang sangat pasif. Akun yang aktif akan langsung mengajak kita chat sesaat setelah di approve. Tujuannya tentu sangat beragam, mulai dari mengajak berkenalan dan kencan atau untuk sekedar mempromosi produk yang ingin ia perkenalkan.

Namun ada juga akun Facebook palsu yang sangat pasif dan berniat melakukan pencurian data-data dari akun Facebook kita. Akun palsu seperti ini biasanya tidak banyak melakukan aktivitas atau komunikasi dengan teman—teman di Facebook.

Baca juga: Ini Tanda Seseorang Menderita Facebook Addiction Disorder, Waspadalah!




5. Mereka Jarang Update Status

Meskipun banyak sekali pengguna Facebook yang jarang melakukan update status, namun biasanya pengguna akun palsu di Facebook akan tampak lebih pasif dan berbeda dari akun Facebook yang asli. Bila pengguna akun Facebook yang asli sering melakukan share terhadap suatu link, gambar atau sekedar bermain game, maka akun palsu mungkin saja sama sekali tidak pernah melakukan aktivitas apa pun di Facebook. Akun seperti ini biasanya lebih sering mengamati pengguna-pengguna Facebook lain melalui akunnya. Cara ini sering dilakukan untuk mempersiapkan tindak pencurian data atau bentuk cybercrime lainnya.

Kelima ciri-ciri akun palsu di Facebook tersebut tentu menambah wawasan kita seputar penyalahgunaan Facebook yang sering dilakukan para pengguna internet. So, jangan pernah merasa eksis dan mulai menjalin pertemanan Facebook dengan orang-orang yang tidak kita kenal. Sebab kita tidak akan pernah tahu kapan cyber crime yang canggih dan mulus mulai mengintai kehidupan kita. Tonton juga video di bawah ini, tips cara mengetahui akun palsu di Facebook.




6 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya udah banyak liat akun2 palsu di Fb. Truz cara utk Copy paste foto profil ke Google Image itu gimana om?

  2. Kalau akun palsu cuma buat jalan usaha tapi dengan cara yang baik bagus juga, berarti kita bisa mengambil kesimpulan bahwa akun palsu itu tidak melakukan update status galau om :)

  3. tips nya persis apa yang saya alami…kadang ujung2nya ngajak berkenalan dan bla bla bla…

  4. Akun palsu sekarang dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha/bisnis. Makanya semakin hari semakin banyak. Thanks mas artikel ini sangat bermanfaat.

  5. Daftar nama-nama penipuan akun palsu Facebook silahkan share ke media social online seperti laporpolisi.com , jangan lupa juga disertai bukti screen supaya masyarakat tahu dan dapat antisipasi atas segala bentuk penipuan yang lagi marak di internet.

  6. biasanya yang sering itu ppnya pakai foto cewek cantik dan cabi mas,,, hehehehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud