Ingin Miliki Disiplin Kerja? Kenali Dulu 5 Strateginya Berikut Ini

disiplin kerja

Image dari Personneltoday.com

Umumnya ada banyak aspek yang akan mempengaruhi pencapaian seseorang dalam menggapai sebuah kesuksesan, salah satunya adalah menanamkan sikap disiplin dalam bekerja. Sikap disiplin yang diterapkan dalam bekerja akan membentuk pola kerja yang teratur dan memberi dampak positif bagi hasil dan kualitas kerja nantinya.

Tapi nyatanya tak sedikit orang pula yang mengalami kesulitan dalam menjalankan disiplin di dalam kesehariannya, karena disiplin berkaitan erat dengan kebiasaan dan gaya hidup yang selama ini dijalankan di dalam diri masing-masing orang. Apabila pada dasarnya Anda telah terbiasa disiplin di dalam keseharian, maka secara otomatis Anda juga akan dengan sangat mudah menerapkannya di saat bekerja.

Artikel lain: Sulit Mendapat Promosi Di Kantor? Mungkin Ini Penyebabnya

Namun bagi Anda yang selama ini tidak terbiasa untuk menjalani segala sesuatunya dengan disiplin, bukan berarti Anda tidak dapat melaksanakan segala macam pekerjaan Anda dengan disiplin sejak dari sekarang. Maka dari itu, jika Anda ingin mulai terbiasa mendisiplinkan diri pada setiap aktifitas yang dikerjakan, kenalilah beberapa strategi berikut ini yang dapat merubah kebiasaan Anda ketika sedang bekerja. Simak ulasan lengkapnya.

1. Menyusun Jadwal Kerja dan Aktifitas Lainnya

Langkah pertama mulailah dengan cara menulis daftar tugas dan seluruh aktivitas keseharian Anda. Tentukan bagian-bagian mana saja yang menjadi prioritas di dalam daftar tersebut dan lakukan semuanya dengan terjadwal dan tepat waktu, sehingga Anda dapat melalui hari dengan lebih menyenangkan.

Karena dengan memiliki jadwal harian akan membuat Anda lebih teratur dan mampu membagi waktu yang ada dengan sangat baik, sehingga tidak ada lagi waktu yang terbuang dengan percuma. Anda perlu menerapkan aturan kerja dan aktivitas lainnya dengan baik, gunakan waktu yang ada dengan se-efisien mungkin sehingga pekerjaan Anda dapat selesai tepat pada waktunya.

Selain itu juga hindari untuk berhenti bekerja dengan alasan apapun di saat pekerjaan Anda masih berjalan. Biasakan juga untuk dapat melakukan pekerjaan Anda dengan tuntas dan sesuai dengan jadwal yang telah Anda buat sebelumnya. Bila di tengah jalan Anda merasa bosan atau jenuh, maka Anda dapat beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga dan melanjutkan kembali pekerjaan Anda hingga selesai.

2. Mempunyai Target Pada Setiap Pekerjaan

Hakikatnya setiap pekerjaan itu dilakukan untuk mencapai sebuah target tertentu bukan? Maka dari itu, jangan lupa untuk menentukan target kerja yang ingin Anda capai. Cobalah untuk menyusun strategi yang akan Anda lakukan untuk bisa mencapai target tersebut. Anda dapat menentukan target yang tinggi dalam setiap pekerjaan Anda, tapi jangan lupa untuk tetap membuatnya dalam batasan yang masuk di akal dan tidak mustahil untuk diwujudkan.

Oleh karena itu, tetap sesuaikan target Anda dengan kemampuan kerja yang Anda miliki. Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan segala usaha semaksimal mungkin, capai target tersebut dengan cara bekerja keras.

3. Bertanggung Jawab Pada Pekerjaan

Dalam hal bekerja, tanggung jawab adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Maka tunjukkanlah kedewasaan Anda dalam bekerja dengan cara bertanggung jawab terhadap segala tindakan dan perilaku Anda selama proses bekerja. Hal paling penting jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang Anda lakukan dalam pekerjaan. Karena itu lakukan segala sesuatunya dengan disiplin sehingga kesalahan dapat diminimalisir.




4. Upayakan Untuk Mengurangi Kebiasaan Negatif

Biasakan untuk mulai melakukan hal-hal positif dan kurangi segala bentuk kebiasaan negatif Anda dalam bekerja. Ada banyak orang yang memiliki kebiasaan negatif di dalam diri mereka, salah satunya adalah kebiasaan dalam menunda pekerjaan dan bermalas-malasan di saat jam kerja masih berlangsung. Anda tentu saja tidak ingin dicap sebagai seorang pemalas bukan? Karena itu mulailah meninggalkan kebiasaan buruk dan negatif tersebut ketika Anda masih bekerja.

Baca juga: Merasa Kelelahan Sepulang Kerja, Tips Ini Bisa Anda Coba Untuk Menguranginya

5. Terus Melatih Diri Supaya Bisa Berubah

Pada dasarnya disiplin bukanlah sebuah hal yang mudah untuk diterapkan di dalam keseharian, terutama bagi Anda yang belum terbiasa melakukannya. Namun Anda dapat melakukannya secara perlahan dengan rajin melatih diri dan memiliki keinginan yang kuat dalam mengubah kebiasaan Anda selama ini.

Pada awalnya latihan ini tentu akan sangat sulit untuk dilakukan, karena itu pastikan Anda telah memiliki sebuah #motivasi dan juga tekad kuat dalam memperbaiki diri sehingga Anda dapat menerapkan disiplin dengan cara yang menyenangkan dan tidak akan terasa berat lagi.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. tips dari maxmanroe ini emang mantap-mantap.

  2. menjadi orang yang disiplin, apalagi disiplin dengan pekerjaan memang cukup sulit. butuh kesungguhan dan terus melatih diri agar bisa konsisten kedepan nya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud