Ingin Mengerjakan Kerja Remote dengan Sukses? Persiapkan 5 Komponen Dasarnya Berikut Ini

kerja remote

Image dari Nature.com

Pekerjaan dengan jarak jauh atau kerja remote saat ini memang banyak beredar di beberapa job list atau situs pencarian kerja. Seiring dengan perkembangan teknologi dan jaringan #internet saat ini pekerjaan remote memang sangat mungkin dilakukan. Tak ayal bila banyak perusahaan terutama #startup yang memiliki modal terbatas untuk menyewa atau membeli lahan untuk kantor kemudian merekrut karyawan secara remote.

Dari sini maka antara pemilik pekerjaan dan pekerja sendiri akan sama-sama diuntungkan. Namun untuk Anda yang memang sedang mencari lowongan kerja remote atau jarak jauh Anda perlu memperhatikan dan mempersiapkan beberapa komponen dasar pendukung pekerjaan remote berikut ini.

1. Niat dan Mental yang Kuat

Kompoen dasar pendukung kerja remote yang pertama yang harus Anda persiapkan adalah niat dan mental yang kuat. Ya semuanya memang berasal dan bergantung dari niatnya. Jika Anda memang sudah lama mengincar pekerjaan ini dengan niat yang sungguh –sungguh maka Anda pun akan bisa sukses menjalankannya.

Setelah niat, Anda juga perlu memperhatikan mental Anda. Meski terkesan nyaman karena bisa dikerjakan di mana saja, namun pekerjaan ini mempunyai beberapa tantangan yang cukup serius untuk dihadapi. Beberapa kendala serius ini bisa berwujud kemalasan, kedisplinan dan juga fokus dan konsentrasi. Pada saat kita mengerjakan tanpa pengawasan seperti di kantor memang umumnya akan membuat para freelancer ini agak melambat kinerjanya.

Artikel lain: 5 Trik Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja di Rumah




Maka dari itu pada pekerjaan yang bersifat remote ini yang menjadi musuh utama adalah diri kita sendiri. Dalam menjalankan pekerjaan ini pekerja diharuskan untuk selalu memiliki mental disiplin yang kuat agar pekerjaan atau proyek tidak ada yang terabaikan atau terbengkalai.

2. Kerja Remote Membutuhkan Skill Tinggi

Setelah niat dan mental yang kuat telah Anda miliki, selanjutnya kompoen yang harus Anda miliki adalah skill atau keahlian. Telusuri apa kehalian yang bisa Anda tawarkan untuk pekerjaan remote ini. Jika dulu mungkin hanya seorang web developer yang mseringkali muncul di job list pekerjaan remote, namun sekarang telah banyak keahlian yang diminta.

Semakin tahun memang semakin banyak keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan atau startup untuk pekerjaan remote ini. Beberapa pekerjaan seperti menulis, mengajar dan lain sebagainya kini juga makin ramai dibutuhkan di dunia pekerjaan remote.

3. Komputer atau Laptop Serta Koneksi Internet

Karena pada umumnya kerja remote ini adalah berhubugan dengan teknologi, maka mau tak mau Anda harus menyiapkan hal ini. Beberapa perangkat seperti #komputer atau laptop berserta koneksi internetnya adalah komponen wajib yang harus Anda sediakan. Bagaimana dengan spesifikasinya? Anda bisa menyesuikan spesifikasi komputer atau latop Anda dengan proyek atau pekerjaan remote yang Anda ambil.

4. Rekening Bank atau Akun PayPal

Berikutnya, komponen dasar pendukung pekerjaan jarak jauh atau remote yang perlu dipersiapkan adalah rekening bank atau akun PayPal. Untuk apa rekening bank atau akun PayPal ini? tentu saja untuk menerima fee atau bayaran dari pekerjaan atau proyek yang telah kita kerjakan.




Lalu seperti jenis rekening  apakah yang harus kita buat? Tentu saja hal ini tergantung pada kesepakatan antara Anda dan pemberi kerja. Jika memang Anda dibebaskan memiliki rekening apapun maka Anda bisa memilih bank yang Anda sukai untuk membuat rekening.

Namun bila Anda dituntut untuk memiliki rekening bank tertentu maka mau tak mau Anda harus memenuhinya. Selain rekening bank, akun PayPal juga terkadang dibutuhkan saat Anda mengerjakan proyek remote dari luar negeri.

Baca juga: Lakukan 5 Trik Berikut Jika Terpaksa Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah

5. Komitmen dan Disiplin

Terkahir, komponen dasar pendukung kerja remote yang perlu disiapkan agar sukses adalah komitmen dan disiplin. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa  Anda harus menerapkan kedisiplinan dalam bekerja secara remote ini. Jika Anda merasa bahwa bekerja secara remote ini akan menyenangkan dan memudahkan, maka Anda perlu memperbaiki pola pikir Anda.

Pekerjaan ini lebih tepatnya sangat menjebak. Sebab di balik kenyamanan pada pekerjaan remote tersebut ada hambatan besar bernama diri sendiri yang akan membuat pekerjaan atau proyek jadi terbengkalai dan terabaikan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud