5 Trik Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja di Rumah

Image dari Totstotravel.co.uk

Image dari Totstotravel.co.uk

Jika kemarin kita membahas bagaimana menjadikan pagi hari yang besemangat dan produktif, kali ini kita akan membahas tips dan trik bagaimana bisa produktif saat kita bekerja di rumah. Bekerja di rumah yang umumnya dilakukan oleh freelancer dan para pebisnis adalah hal yang memang butuh konsentrasi dan fokus yang lebih.

Hal ini karena bekerja di rumah akan membuat Anda mendapat banyak gangguan daripada bekerja di kantor. Apalagi jika Anda adalah para orang tua yang sedang memiliki anak yang masih kecil dan belum sekolah, tentu tantangannya akan jauh lebih besar.

Selain gangguan konsentrasi, bekerja di rumah juga memiliki tantangan lain yaitu tingkat kejenuhan yang tinggi. Maka dari hal-hal ini umumnya para pekerja rumah seringkali mengalami produktivitas yang menurun. Namun meskipun demikian, bekerja di rumah bukan tidak bisa menjadikan Anda lebih produktif.

Artikel lain: Cermatlah Sebelum Memutuskan Bekerja dari Rumah

Dengan beberapa langkah, trik dan strategi, Anda bisa menjalankan pekerjaan di rumah dengan lebih efektif dan produktif, bahkan jauh lebih produktif daripada bekerja di kantor. Untuk itu, bagi Anda para pekerja di rumah, Anda bisa menjalankan beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat tinggal Anda.




1. Fokus Menciptakan Nilai di Tempat Kerja

Trik pertama untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja di rumah adalah dengan fokus menciptakan nilai di tempat kerja. Rumah yang mungkin sejauh ini masih diinterpretasikan sebagai tempat tinggal untuk pelepas penat dan istirahat tentu harus Anda ubah pandangan tersebut menjadi sebuah tempat yang nilainya jauh lebih tinggi.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan mengubah persepsi yang kuat tentang interpretasi rumah ini akan membawa Anda pada pandangan baru tentang sebuah nilai hunian. Pandangan dan nilai yang baru ini tentunya nantinya akan menjadikan Anda jauh lebih produktif.

2. Konsisten Menghilangkan Rasa Malas

Rasa malas adalah hal yang paling sering melanda para pekerja rumah. Ini karena persepsi yang sangat kuat tentang pandangan rumah sebagai tempat beristirahat akan selalu mendorong para pekerja rumah untuk terbawa pada rasa malas.

Untuk itu menghilangkan rasa malas saat bekerja di rumah ini harus Anda lakukan secara konsisten. Dengan konsistensi ini maka Anda akan terbawa pada suatu kebiasaaan atau habit yang akan membawa Anda pada produkstivitas yang tinggi.

3. Berani Berkata “Tidak”

Bekerja di rumah yang pastinya akan membawa pada kebebasan yang lebih daripada bekerja di kantor umumnya akan membawa seseorang pada budaya permisif atau terbuka dan serba membolehkan. Anda memang akan menjadi orang paling berkuasa di rumah, namun ingat Anda sedang bekerja untuk meningkatkan karir dan penghasilan.




Jika Anda terlampau permisif pada diri Anda untuk melakukan hal-hal yang mengganggu kerja Anda, maka bukan tidak mungkin produktivitas Anda akan mengalami penurunan yang drastis.

4. Asupan yang Baik Untuk Meningkatkan Produktivitas

Jangan remehkan faktor makanan yang Anda konsumsi dan pola istirahat Anda di rumah. Ini adalah sua faktor yang juga akan menentukan tingkat produktivitas kerja Anda. Maka dari itu konsumsilah makanan yang berigizi dengan kadar lemak dan karbohi drat yang berlebih. Ini karena kandungan karbohidrat yang berlebih sangat berpeluang membuat cepat mengantuk dan akhirnya terlelap.

Faktor pola istirahat juga perlu Anda perhatikan. Pola istirahat yang kacau dengan mengerjakan pekerjaan terlalu larut malam, bisa membuat pekerja rumah akan kelelahan dan akhirnya tidak produktif di pagi bahkan hingga siang hari.

Disiplin adalah kata kunci untuk mencapai kesuksesan dibidang dan pekerjaan apapun. Dengan mendisiplinkan diri pada waktu, pekerjaan yang dikerjakan di rumah akan jauh lebih menghasilkan dan produktif.

Baca juga: 5 Tips Menjalankan Bisnis dari Rumah, Coba Terapkan Sekarang

5. Jangan Terlalu Reaktif

Terakhir, untuk bisa lebih produktif saat bekerja di rumah, Anda harus mengerjakan pekerjaan dengan efisien. Jangan mengerjakan pekerjaan atau aktivitas dengan tergesa-gesa yang justru bisa membuat kualitas pekerjaan Anda jadi buruk. Meski Anda tidak boleh tergesa-gesa dan terburu-buru, Anda juga tidak boleh terlalu lambat pula dalam proses pengerjaannya, pastikanlah  semuanya berjalan tidak lambat namun juga berkualitas dalam hasil pekerjaan Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Trik yang bagus untuk membantu pekerja dari rumah…….yang ngantor juga masih oke tipsnya. o Iya mas, mau tanya nih, gimana cara menghilangkan kebiasaan reaktif?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud