Lakukan 5 Trik Berikut Jika Terpaksa Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah

Image dari Plasticitylabs.com

Image dari Plasticitylabs.com

Menjalani profesi sebagai pekerja kantoran meskipun mempunyai jam kerja yang sudah ditentukan, namun kadang-kadang ada beberapa keadaan yang datang tiba-tiba tanpa terkendali. Hal ini yang biasanya sering membuat kita merancang ulang jadwal pekerjaan yang sudah kita planning sebelumnya. Keadaan yang seperti ini yang mengharuskan kita untuk lembur dan bekerja dengan waktu yang lebih lama. Dan mungkin membawa pekerjaan itu pulang ke rumah.

Meskipun banyak dampak negatif yang didapatkan dengan membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah, namun jika keadaan memaksakan itu, maka Anda juga harus pintar menyikapinya. Ada beberapa tips agar semua pekerjaan yang Anda bawa pulang ke rumah menjadi lebih terkendali dan Anda masih bisa bekerja dengan fokus dan tidak mengganggu aktifitas Anda yang lain. Perhatikan tips sederhana di bawah ini.

1. Seyogyanya Anda Beritahu Keluarga Sebelumnya

Ini sangat penting Anda lakukan supaya keluarga di rumah nantinya tidak kaget. Apalagi jika ada kebiasaan dalam keluarga yang menjadi aktifitas rutin setiap pulang kerja, maka memberitahu adalah hal yang harus Anda lakukan.

Dengan memberi tahu sebelumnya paling tidak mereka akan mengetahui bahwa untuk sementara waktu, rumahnya sebagian akan difungsikan sebagai kantor. Selain itu, hal ini juga penting untuk keluarga di rumah nantinya mempersiapkan segala sesuatu yang sekira dibutuhkan. Seperti ruang kerja khusus (sementara) agar tidak terjadi saling mengganggu.

Artikel lain: Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan Bisnis Dengan Cara Ini




2. Persiapkan Tempat Khusus

Untuk menjaga fokus Anda dalam bekerja di rumah, sebaiknya Anda menyiapkan tempat khusus untuk itu. Jangan sampai tempat kerja Anda bercampur dengan tempat keluarga atau tempat yang lainnya. Selain Anda akan terganggu dengan anggota keluarga yang lain, juga untuk menghindari berkas-berkas penting pekerjaan Anda tercecer dan tidak tertata.

Jika Anda terpaksa tidak mempunyai tempat khusus, sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat jarak antara ruang Anda bekerja dengan ruang yang biasanya digunakan untuk keluarga yang lain. Atau Anda juga bisa dengan memanfaatkan ruang yang jarang dipakai.

3. Anda Harus Mampu Mengatur Waktu Bekerja

Jika Anda terpaksa membawa pekerjaan kantor ke rumah, sebaiknya Anda juga harus bijak mengatur waktu bekerja di rumah. Anda harus bisa membuat alokasi waktu seberapa lama Anda butuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Dan yang paling penting adalah Anda juga harus menepatinya, jangan hanya dibuat saja.

Karena Anda juga harus menghargai diri sendiri yang juga membutuhkan waktu untuk membuat hidup lebih seimbang. Jangan terlalu memforsir diri setelah seharian bekerja di kantor, tubuh Anda juga memerlukan istirahat yang cukup. Orang-orang dan keluarga di sekitar Anda juga membutuhkan perhatian Anda. Ingat, mereka juga lah yang menjadi penyemangat Anda dalam bekerja, jangan sampai Anda mengecewakan mereka.

4. Sebelum Pulang, Buatlah Daftar Yang Harus Anda Kerjakan di Rumah

ini sangat membantu Anda dalam membuat prioritas utama untuk pekerjaan yang harus didahulukan di rumah. Jangan mengerjakan pekerjaan yang sekiranya bisa dikerjakan di kantor. Itu sangat menguras energi dan akan menghabiskan waktu Anda saja.




Sebisa mungkin buatlah daftar yang penting-penting saja agar Anda bisa secepatnya menyelesaikan pekerjaan tersebut. Atau bisa juga Anda membuat rancangan secara kasar yang nanti di rumah hanya tinggal penyempurnaan saja. Sehingga pekerjaan yang harus Anda selesaikan di rumah tidak terlalu berat.

Baca juga: Ingin Menjalani Pekerjaan Tanpa Beban? Coba Terapkan 5 Prinsip Ini

5. Bedakan Pekerjaan Kantor Dengan Pekerjaan Rumah

Anda harus membedakan antara bekerja di rumah dan bekerja di kantor. Jangan terlalu keras ketika menjalankan pekerjaan di rumah, sesekali ambil waktu istirahat barang sebentar untuk menghilangkan penat. Hilangkan kejenuhan dengan sekedar membaca majalah, atau koran sebentar bisa sangat membantu membuat Anda kembali fresh.

Atau bisa juga dengan berjalan-jalan ke luar rumah dengan melihat lingkungan dan menghirup udara luar. Tapi yang perlu saya tekankan adalah, jangan sampai refreshing Anda membuat Anda terlena sehingga justru membuat pekerjaan Anda terbengkalai.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika harus membawa pekerjaan di kantor ke rumah. Semoga dengan tips di atas bisa tetap menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan keluarga Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud