Ingin Maksimalkan Fitur Google Now di Android? Cobalah 5 Cara Berikut Ini

fitur google now

Image dari Geek.com

Sebagai salah satu aplikasi dari #Google, fitur Google Now akan selalu hadir dalam setiap perangkat berbasis Android. Keberadaan Google Now sendiri adalah untuk memudahkan pengguna Android dalam berinteraksi dengan smartphone.

Dari sini Google Now akan sangat bermanfaat bila dimanfaatkan dengan baik. Sayangnya, ternyata tidak semua pengguna Android mampu memaksimalkan fitur Google Now ini. Mereka, para pengguna Android ini hanya mengetahui bahwa Google Now hanya sekadar mesin pencari di #internet ataupun aplikasi tambahan biasa dari Google yang ada di smartphone.

Padahal sebenarnya tidaklah demikian, dengan beberapa penyesuaian dan pembaruan yang ada, maka fitur Google Now ini telah menjadi #aplikasi yang lebih bermanfaat dan fungsional. Maka untuk itu seharusnya para pengguna Android wajib mengetahui, memahami serta menggunakan Google Now ini dengan maksimal. Lalu bagaimana cara untuk memaksimalkan penggunaan fitur Google Now di Android ini? Berikut ulasannya.

1. Pengaturan Fitur Google Now Terkait Bahasa

Cara pertama untuk bisa memaksimalkan fitur Google Now adalah dengan mengatur Google Now dan mengenali beberapa bahasa. Google Now memang memiliki fitur multi bahasa yang mampu mengenali bahasa yang diucapkan oleh pengguna.

Dengan fitur ini maka penggunanya akan terbantu untuk mengenali bahasa asing yang tak dikenalnya. Bagaimana cara menggunakannya? Caranya mudah hanya dengan membuka Settings di Google Now dan memilih Voice dan Languages, maka Anda sudah bisa mengaktifkan fitur multi bahasa dari Google Now ini. Dari menu Voice dan Language ini Anda tinggal memilih bahasa yang diinginkan. Pilihan bahasa pada Google Now sendiri cukup komplit yairu dari bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, dan lain sebagainya.




Artikel lain: Proactive Assistant ~ Asisten Virtual Terbaru Milik Apple

2. Akses Informasi Terbaru

Setiap pengguna #Android pastinya memiliki ketertarikan di bidang yang berbeda-beda. Hal ini sangat dipahami oleh Google. Maka ketika pertama kali memakai Google Now, pengguna akan ditanya mengenai bidang ketertarikannya. Dari sana Google Now akan langsung memberikan atau menyajikan beberapa informasi terbaru mengenai bidang yang digemari oleh pengguna tersebut.

Selain memberikan informasi terbaru terkait bidang yang digemari pengguna, Google Now juga mampu update informasi terbaru dari situs yang pernah dikunjungi pengguna. Namun, fitur yang terakhir ini bisa pengguna dapatkan bila mereka sudah pernah melakukan pencarian situs menggunakan Google Search.

3. Gunakan Sebagai Pembaca Pesan Masuk

Fitur unik lainnya dari fitur Google Now adalah membaca pesan masuk. Dengan fitur ini, Google Now akan membuka pesan masuk dan sekaligus membacakan pesan terbaru yang ada di kotak masuk. Caranya sangat mudah, pengguna hanya cukup mengucapkan “Show me my latest messages,” maka Google Now akan langsung membuka dan membacakan lima pesan terbaru pada kotak masuk yang ada.

Namun sayangnya karena fitur ini masih baru maka fitur ini belum bisa dinikmati oleh semua pengguna Android. Sebab, hanya beberapa perangkat Android yang telah mengupdate Google Now-lah yang bisa menggunakan fitur ini. Namun pihak Google sendiri menyatakan bahwa akan terus menggulirkan fitur ini secara bertahap.




4. Sebagai Pengingat Informasi Cuaca

Cuaca yang selalu berubah-ubah memang selalu menjadi perhatian Google. Maka dari itu untuk Anda yang tidak mau terlepas dari prakiraan cuaca, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Google Now. Google Now memang sudah mampu menghadirkan informasi keadaan cuaca terbaru dari suatu wilayah.

Maka jika Anda tertarik dengan ini, Google Now bisa Anda aktifkan langsung secara manual ketika awal penggunaan maupun secara manual. Caranya, cukup tap menu Settings, lalu pilih Now Card dan aktifkan Weather. Dari sini maka Anda telah mengaktifkan Google Now yang akan menampilkan kondisi cuaca terbaru dari lokasi yang sudah dipilih oleh penggunanya.

Baca juga: Teknologi Cortana ~ Fitur Personal Assitant Canggih di Windows 10

5. Dapat Digunakan Ketika Offline

Terakhir, cara untuk memaksimalkan fitur Google Now adalah dengan memanfaatkannya secara offline. Ya, Google Now memang sudah bisa digunakan secara offline (tanpa koneksi internet). Fitur terbaru ini memang akan banyak berguna dan bermanfaat bagi Anda yang selalu berada pada daerah yang kedap sinyal atau kesulitan untuk menambah kuota internet.

Meski kemudian kemampuan Google Now memiliki keterbatasan saat digunakan secara offline, namun, beberapa perintah dasar seperti membuka aplikasi, membuka pemutar musik, mengaktifkan Bluetooth, mematikan/menyalakan Wi-Fi, mengaktikfan airplane mode, termasuk meredupkan cahaya layar bisa berjalan dengan baik.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud