Ingin Facebook Campaign Anda Berjalan Efektif? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Image dari Adweek.com

Image dari Adweek.com

Melakukan #strategi marketing lewat media sosial saat ini memang sesuatu yang sudah lazim dilakukan oleh sebuah bisnis atau usaha. Begitu besarnya pasar media sosial menjadi alasan mengapa para pengusaha ini tidak mau melewatkan potensi salah satu media promosi ini.

Salah satu #media sosial yang selalu menjadi incaran para pengusaha adalah Facebook. Dengan pengguna yang telah mencapai 1,5 miliar di seluruh dunia, Facebook memang selalu menjadi andalan untuk bisa mensukseskan pemasaran para entrepreneur di dunia digital. Meski sangat potensial, namun Facebok campaign juga tak melulu bisa sukses.

Jika pebisnis melakukan strategi yang keliru dalam promosi di Facebook ini maka bisa jadi Anda tak akan mendapatkan apa-apa dan merugi. Lalu bagaimanakah cara menciptakan Facebook Campaign yang bisa menguntungkan? Berikut ulasannya.

1. Ciptakan Ketertarikan

Cara pertama untuk menciptakan #Facebook campaign yang menguntungkan adalah dengan menciptakan ketertarikan. Apapun jenis promosi yang dilancarkan, termasuk Facebook campaign memang harus dan wajib bisa menarik perhatian orang. Dalam Facebook campaign sendiri ada beberapa unsur yang bisa membuat orang tertarik yaitu gambar, deskripsi dan headline.

Dari ketiga elemen itu yang paling terpenting adalah gambar. Untuk bisa menarik netizen, gambar yang ada pada iklan di Facebook ini harus menghiasi 50% dari keseluruhan konten dan berwarna. Dan perlu juga diingat bahwa gambar iklan sebelah kanan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan sebelah kiri. Ketika semua iklan menggunakan flashy picture gunakan gambar sederhana dan menonjol dibandingkan lainnya.

Artikel lain: Manfaatkan Facebook Ads Untuk Meledakkan Popularitas Fans Page Anda

2. Berinvestasilah Pada Gambar

Karena gambar merupakan sesuatu yang penting dalam Facebook campaign, maka jika perlu Anda harus berinvestasi pada hal ini jika memang Anda tidak memiliki kemampuan designer untuk mengurusi image atau gambar ads tersebut. Untuk membuat gambar yang tepat untuk Facebook campaign Anda ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu:




  • Gunakan ukuran yang tepat agar visitor merasa nyaman saat melihat dan tidak merasa terganggu. Facebook sendiri telah menyediakan berbagai ukuran gambar untuk berbagai tujuan.
  • Gunakan warna kontras yang sesuai dengan warna Facebook yaitu biru-putih untuk bisa menarik perhatian.
  • Berikan nilai proporsi terhadap gambar yang akan Anda gunakan. Ingat bahwa text menempati ukuran maksimal 20%. Jika lebih dari itu vistor cenderung untuk menghindarinya.
  • Gunakan gambar yang mudah di-share dan mampu meningkatkan jumlah likes dan comment.
  • Tunjukan jati diri perusahaan Anda sendiri agar terhindar dari kemiripan dengan kompetitor.

3. Ciptakan Iklan Sesuai Target Anda

Iklan yang Anda pasang di Facebook memang harus tepat mengena pada target yang Anda sasar. Untuk menentukan Facebook campaign Anda tepat sasaran dan bisa menguntungkan Anda maka Anda bisa melakukan:

  • Install tracking pixel dalam #website
  • Jika visitor loads halaman website Anda maka termasuk dari custom audience
  • Ciptakan Ads spesifik untuk visitor tersebut
  • Ciptakan custom audience berdasarkan email subscribers
  • Temukan beberapa orang yang sesuai dengan konsumen terbaik Anda dengan menggunakan targeting tools.

4. Tentukan Budget Facebook Ads

Meskipun Facebook Ads relative murah, tetap saja Anda harus cermat agar pengeluaran Anda tidak sia-sia dan Facebook campaign Anda menguntungkan. Untuk menentukan budget Facebook ads ini Anda harus menentukan Cost Per Click, Cost per Mile atau Optimized CPM. Dari ketiga teknik itu, Cost Per Click (CPC) dianggap paling tepat untuk penghematan biaya, karena Anda tidak tahu bagaimana Ads Anda akan muncul di publik.

Ketika Anda menciptakan campaign pertama kali, Anda diminta untuk memaksimalkan daily budget. Bagi sebagian besar orang menghabiskan $5/ hari cukup untuk melihat dan menentukan apakah campaign dapat dilanjutkan atau tidak.

Baca juga: Facebook Ads vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif?

5. Ads Efektif Memiliki Tujuan yang Spesifik

Terakhir, cara untuk menciptakan Facebook campaign yang menguntungkan adalah dengan mengefektifkan ads pada tujuan yang lebih spesifik. Tujuan dan target campaign memang harus dimiliki seorang pebisnis saat melakukan ads di facebook agar Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas di akhir.

Gunakan juga cara split testing dengan membagi Ads Anda ke dalam dua hal berbeda agar mengetahui cara yang paling efektif untuk mencapai target Anda. Test dapat dilakukan melalui gambar, deskripsi, target dan headlines.



1 comment on this postSubmit yours
  1. blm pernah coba pasang iklan di facebook. ulasannya sangat membantu bagi pemula yang ingin coba pasang iklan di fb

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud