Tokopedia ~ eCommerce Lokal Berkonsep Mall Online

Tokopedia ~ eCommerce Lokal Berkonsep Mall Online

Tokopedia

Kegiatan berbelanja secara online sudah bukan merupakan kegiatan yang asing dan baru untuk dilakukan. Dengan dukungan jaringan internet, anda dapat membeli berbagai produk secara online mulai dari produk fashion, produk kuliner, perlengkapan rumah tangga, peralatan elektronik hingga jasa. Prinsip yang paling utama dalam menjalankan transaksi jual beli online secara #ecommerce sebetulnya sangat sederhana dan bermodalkan saling percaya. Tanpa harus bertatap muka, anda akan terhubung dengan pihak penjual. Setelah anda melakukan konfirmasi pembayaran maka pihak penjual akan segera mengirimkan produk atau jasa ke tempat anda.

Sayangnya kemudahan proses transaksi e-commerce tersebut seringkali dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan upaya penipuan. Dengan iming-iming harga yang super murah serta kualitas barang terbaik, mereka kemudian menerima pembayaran yang masuk ke akun mereka namun tidak mengirimkan produk atau jasa yang dijanjikan. Hal ini kemudian melatarbelakangi munculnya berbagai ecommerce yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli secara praktis dan aman. Salah satu startup berkualitas tersebut adalah Tokopedia.

Artikel lain: Situs Belanja Online Terbaik di Indonesia

Konsep Tokopedia

Tokopedia (www.tokopedia.com) hadir sebagai e-commerce baru yang inovatif dan mengusung konsep kumpulan berbagai #toko online di Indonesia. Segala aktivitas jual beli dan proses transaksi akan dijamin keamanannya melalui perantaraan Tokopedia. Konsep ini diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk mall online yang memprakarsai dan mengkoordinasi sejumlah transaksi e-commerce.

Perjalanan Tokopedia dalam merintis startup hingga sukses seperti sekarang ini bukanlah suatu hal yang terbilang mudah. Awalnya dua orang anak muda bernama Leontinus Alpha Edison dan Wiliam Tanuwijaya terinspirasi dengan Rakuten (www.rakuten.co.id) , sebuah startup populer di Jepang yang mengusung konsep mall online. Rakuten sukses menjadi mall online terbesar di Jepang dengan mempekerjakan lebih dari 4000 karyawan serta memiliki lebih dari 50 juta user yang teregistrasi. Konten lokal buatan Jepang tersebut ternyata dapat meraih sukses besar dan mampu bersaing dengan website lainnya seperti eBay atau Amazon.

Berbekal semangat, modal dari investor serta perencanaan konsep yang matang, mulailah Leon dan Wiliam sepakat untuk bekerjasama dan mendirikan sebuah startup online dibawah bendera perusahaan PT. Tokopedia. Pemilihan nama Tokopedia juga melalui proses yang cukup panjang dan menyita waktu. Karena biasanya nama startup sekaligus dipergunakan sebagai nama domain dan menjadi salah satu ciri khas bagi keberadaan sebuah #startup. Sempat ingin menggunakan domain “belanjaaman.com”, namun akhirnya tercetuslah ide untuk menggunakan nama “Tokopedia” yang terkesan lebih unik, modern dan mudah diingat.

Artikel lain: 5+ Situs E-Commerce di Indonesia yang Paling Sukses

Keunggulan yang Diberikan Tokopedia

Menjadi penjual di Tokopedia tidaklah sulit. Anda dapat mulai membuka toko online Anda secara gratis dan anda juga akan mendapatkan sejumlah fasilitas dan fitur-fitur yang mendukung kemudahan berbisnis. Selain fasilitas berupa management toko,pengklasifikasian produk dan proses transaksi, anda juga akan mendapatkan sub domain untuk mempermudah akses menuju toko online anda.

Proses pemasaran produk di Tokopedia dapat dilakukan dengan memajang produk-produk Anda pada fitur Etalase. Dengan demikian kesempatan untuk memperoleh pelanggan-pelanggan baru menjadi semakin besar. Sebagai pihak penjual, anda juga akan diberikan fasilitas untuk menghitung ongkos kirim dan tracking order dengan mudah tanpa harus mengakses langsung ke website yang menyediakan jasa pengiriman paket. Hal ini dapat dilakukan karena Tokopedia sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan jasa delivery terbesar di Indonesia. Cukup masukkan informasi ukuran produk dan daerah tujuan pengiriman, maka Tokopedia segera membantu proses penghitungan ongkos kirim dengan cepat dan akurat.

Proses transaksi pembayaran juga akan berlangsung aman melalui escrow account resmi milik Tokopedia. Tim Tokopedia akan mengirimkan jumlah pembayaran kepada penjual setelah mendapatkan konfirmasi penerimaan barang dari pihak pembeli. Panduan lebih lanjut mengenai proses tersebut  bisa anda lihat di website Tokopedia.

Sementara bagi Anda yang ingin membeli produk dari Tokopedia, Anda tinggal mengetik nama produk di kolom pencarian atau menelusuri masing-masing kategori produk pada website Tokopedia. Melalui fitur komunikasi Tokopedia yang diberi nama “Talk About It”, Anda juga dapat berinteraksi secara komunikatif untuk membicarakan produk yang ingin anda beli.

Baca juga: Belajar Mengenali Tipe Konsumen dalam Bisnis Online

Saat ini startup yang berbasis di wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini menargetkan jaringan kerjasama yang lebih luas lagi dengan para pemilik toko online terkemuka di Indonesia. Dengan begitu, Tokopedia dapat membantu mewujudkan kondisi transaksi e-commerce yang aman, praktis dan terpercaya di Indonesia.

6 KOMENTAR

  1. Wah.., itu situs tempat Saya sering belanja online. Yang saya suka dari tokopedia selain keamanan transaksi juga fitur rating pada setiap toko dan item produk yang dijual.
    Pernah sih buka lapak disitu cuma belum satupun produk yang terjual.

  2. Minta tips nya dong, skrg kan mulai banyak nih toko online yang beragam, kadang aku jd suka bingung, layanan seperti apa sih yang harus kita jadikan pertimbangan sebelum mau menjual/menitipkan produk kita ke web #ecommerce tersebut?.. sebagai pengusaha jelas kita pingin brg kita cepat terjual kan , mohon pencerahannya yaa master :)

    • Wah ada komentar Adiska dari Sukamart. Kalau punya produk bagus dan ingin produknya cepat terjual ya wajib beriklan mba Adiska. Media periklanan yang paling bagus itu menurut saya Google Adwords dan Facebook Ads. Keduanya punya kelebihan masing-masing. Sambil menjalankan iklan, tentu kita juga wajib optimasi SEO untuk website bisnisnya untuk mendapatkan trafik pengunjung gratis dari mesin pencari.

  3. Mungkin sekarang sudah dimanage lebih baik daripada saat pertama kemunculannya dahulu

  4. Kayaknya tokopedia dapat dijadikan alternatif untuk membuka bisnis online mas, apalagi ada fitur gratisnya. Sebenarnya sudah lama ingin punya toko online cuma hasil produksinya kurang terorganisir. Mungkin tidak lama lagi mas aku buka toko di tokopedia. Mohon doanya, heehe..tk.

    • Iya pak, banyak lho yang berhasil jualan online di Tokopedia. Mudah-mudahan sukses pak bisnis onlinenya :)

Tinggalkan Balasan