Ikuti Para Rival, Pinterest Hadirkan Format Periklanan Video

pinterest video ads

Image dari Degdigital.com

Saat ini salah satu konten digital yang paling banyak diburu dan digemari oleh netizen adalah konten video. Alasannya tentu sudah jelas bahwa konten video lebih bisa menghibur karena ditampilkan tidak hanya dari sisi visual namun juga audio. Selain itu konten video juga dinilai lebih mampu menyampaikan pesan dibanding dengan konten lain seperti teks atau gambar.

Alasan inilah yang mendasari, semakin banyak layanan digital yang menerapkan sistem periklanan video. Dan yang terbaru, seakan tak mau kalah dengan para pesaingnya, media sosial berbagi foto #Pinterest, juga menghadirkan format periklanan video yang telah mulai aktif sejak pekan lalu.

Langkah untuk merangkul lebih banyak pengiklan

Seperti diketahui saat ini Pinterest menjadi salah satu #media sosial yang paling banyak digemari di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan kelasnya yakni di ranah foto sharing, memang Pinterest masih kalah dengan pesaingnya yakni Instagram. Namun secara umum, media sosial yang satu ini tetap mempunyai beberapa kelebihan yang menarik bagi para pencintanya.

Potensi inilah, yang saat ini sedang dikembangkan dengan dihadirkannya konsep format periklanan baru yakni menggunakan video. Nantinya video yang ditampilkan akan menggunakan seperti format GIF, dan akan memunculkan suara setelah pengguna mengklik video tersebut.

Artikel lain: 5 Trik Efektif Meningkat Follower Pinterest

Keputusan Pinterest untuk memasukkan format periklanan video ini bisa dibilang sebagai langkah ikut-ikutan, setelah banyak perusahaan digital lain melakukannya. Dan untuk pelanggan awal yang menggunakan format video ini yakni, brand apparels Kate Spade dan perusahaan kosmetik bareMinerals.

Iklan video dari kedua brand tersebut sudah mulai muncul dan menghiasi laman Pinterest feed kurang lebih seminggu setelah masa peluncuran. Dan pihak pengembang Pinterest sendiri, berharap ke depan akan semakin banyak brand lain yang menggunakan format periklanan ini.

Fitur Pelengkap Iklan Video Pinterest

Seperti yang telah disampaikan di atas, format #video periklanan yang dihadirkan Pinterest menggunakan jenis seperti konten gift yang nantinya akan mengeluarkan audio ketika pengguna melakukan klik pada video tersebut. Selain adanya video, pengguna juga bisa melakukan penjelajahan pada sejumlah gambar, pins atau bahkan berbelanja langsung pada gambar produk milik brand yang bersangkutan.

Fitur ini tentu sangat menarik bagi mereka yang terbiasa melakukan belanja online. Tanpa harus meninggalkan akun Pinterest nya, pengguna bisa langsung berbelanja dari band yang meng iklankan produknya. Fitur ini akan secara otomatis muncul di samping konten iklan video.

Ketatnya Persaingan Periklanan Video

Dalam 2 tahun belakang, Facebook dan juga Twitter tengah bersaing menjadi media sosial yang paling banyak melakukan pengembangan format periklanan video. Langkah tersebut tentu diupayakan untuk menyanyi dominasi #YouTube yang masih sangat kuat untuk urusan konten video.




Persaingan yang sebegitu besar tentu bukan tanpa alasan. Karena banyak pihak memandang bahwa konten video mampu diasosiasikan pada bentuk periklanan premium untuk brand ataupun bisnis kelas atas. Selain itu, budget marketing yang dimiliki oleh perusahaan besar yang sebelumnya lebih banyak dialokasikan untuk periklanan televisi, nampaknya juga mulai digeser untuk keperluan marketing dalam bentuk iklan video online.

Sehubungan dengan langkah terbaru yang dilakukan oleh Pinterest, pihak pengembang menyatakan saat ini mayoritas konten video yang diunggah pada layanannya merupakan milik brand bisnis atau perusahaan. Terutama untuk produk keperluan rumah dan juga memasak, banyak sekali pemilik bisnis yang menggunakan Pinterest sebagai alternatif media promosi.

Selain itu potensi untuk mengembangkan periklanan video juga nampak dari fakta bahwa penyumbang terbesar fitur Pinterest’s Save button, ternyata justru datang dari YouTube. Yang artinya, ke depan kemungkinan peningkatan traffic Pinterest yang berasal dari YouTube, juga semakin besar.

Baca juga: Pinterest Ungkap Konsep Tombol Buy Button yang Pertama

Keyakinan Pihak Pengiklan

Di sisi lain salah satu pengiklan yang mendaftarkan diri sebagai perintis format iklan video Pinterest, BareMinerals, menyatakan bahwa potensi besar dimiliki oleh Pinterest karena mampu memberikan sasaran pasar yang sempurna untuk segmentasi produk BareMinerals.

Disampaikan oleh Rebecca Boston selaku Global Director of Social Marketing bareMinerals, perusahaannya sedang mengembangkan produk baru dalam bentuk foundation yang mempunyai target pasar utamanya para gadis generasi milenial.

Generasi milenial yang lebih akrab dengan berbagai perangkat online dan digital, bisa dibilang mulai meninggalkan generasi penonton televisi. Secara tidak langsung, bareMinerals juga harus lakukan “migrasi” dengan memusatkan perhatian upaya marketing dari media televisi kepada media digital dan online.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud