5 Trik Efektif Meningkat Follower Pinterest

Image dari Shinemyseo.com

Image dari Shinemyseo.com

Jika Facebook dikenal sebagai media sosial yang unggul dalam hal pembentukan komunitas dan Twitter lebih mantab sebagai media informasi singkat, di ranah photo sharing nyatanya persaingan jauh lebih ketat. Kita mengenal beberapa nama dan mungkin 2 yang teratas saat ini adalah Instagram dan #Pinterest.

Sejak awal dibangun, keduanya memang telah mengambil celah sharing konten visual sebagai layanan utamnya. Dan usaha menggarap lahan bahas tersebut terbukti sangat berhasil saat ini. Bahkan bisa dikatakan photo sharing justru menjadi tren di berbagai kalangan.

Khusus untuk Pinterest, bagi rekan-rekan yang sedang menjalankan optimasi pada #media sosial tersebut, faktor keterkaitan dengan follower Pinterest atau juga disebut engagement adalah hal sangat penting agar akun kita bisa terus berkembang. Dan berikut ini adalah beberapa trik mudah yang bisa dijalankan untuk meningkatkan jumlah follower dan faktor engagement akun Pinterest kita.

1. Konsisten Dalam Melakukan Pin

Aktifitas pinning atau mengunggah gambar merupakan langkah yang wajib diperhatikan bagi para pengguna Pinterest. Utamanya yang mempunyai tujuan bisnis, intensitas pin tak jarang menjadi kunci sukses sebuah akun.

Beberapa pengamat media sosial menyatakan bahwa ada waktu-waktu tertentu yang paling pas untuk mengunggah pin kita secara konsisten, kita juga pernah sedikit membahas pada artikel di sini. Nah, terlihat pemilihan waktu adalah hal yang sangat penting. Selain itu, terkait intensitas, untuk Pinterest sendiri di sarankan melakukan posting konten minimal 5 kali sehari. Namun untuk akun bisnis skala besar, 15-20 kali sehari adalah angka yang ideal untuk dijalankan.

Artikel lain: 5 Tips Manfaatkan Pinterest Untuk Meningkatkan Brand Bisnis Anda

2. Pin Konten Foto Dengan Kualitas Baik

Kualitas yang baik di sini bisa diartikan dalam beberapa hal, tidak hanya untuk dari resolusi gambar namun juga “isi” dari konten itu sendiri. Banyak foto yang beredar di situs Pinterest setiap harinya, namun tidak semua mendapatkan perhatian besar. Namun yang menarik adalah tak jarang ada konten yang nampak sederhana namun bisa mendapatkan perhatian besar bahkan jumlah repin hingga ribuan.

Apa rahasianya? Kuncinya adalah bagaimana kita bisa menawarkan bisnis kita lewat konten gambar yang mampu “bercerita”. Inilah pentingnya konsep sebelum kita memposting sebuah gambar. Perhatikan terlebih dahulu, dan sesuai dengan pesan yang ingin dibangun oleh bisnis kita.

3. Jangan Lupakan Kekuatan Keyword

Trik berikutnya ada pada kekuatan keyword yang ada pada deskripsi, baik deskripsi pin maupun board akun kita. Inilah salah satu sisi lain yang membedakan Pinterest dengan layanan media sosial yang lain. Tidak seperti #Facebook atau Twitter yang setiap posting-nya akan mudah timbul dan tenggelam, kebanyakan posting konten di Pinterest bisa selalu tampil bahkan bisa menjadi layaknya portofolio bisnis kita.

Hal ini bisa terjadi karena setiap hari, selalu saja ada banyak orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu di Pinterest. Nah, untuk bisa mendapatkan kunjungan dari calon pelanggan, kita bisa memaksimalkan keyword yang ada di deskripsi pin atau board kita. Masukkan kata-kata yang berhubungan dengan bisnis kita, serta kata-kata yang banyak dicari.




4. Tautkan Dengan Situs Anda

Ketika kita mengelola bisnis secara online, situs pribadi merupakan hal yang sangat penting. Jangan abaikan hal ini karena situs pribadi bisa menjadi salah satu rujukan serta sebagai bukti profesionalitas bisnis Anda. Jika alamat situs sudah siap, kita bisa menautkannya dengan akun Pinterest yang kita miliki. Nah, yang perlu diperhatikan adalah selanjutnya kita harus menkonfirmasi web tersebut dengan cara memasukkan kode HTML ke website.

Baca juga: Beberapa Mitos dan Fakta Penggunaan Media Sosial Pinterest

5. Optimasi Website Agar “Pinterest-Friendly”

Trik yang terakhir masih berhubungan dengan poin sebelumnya, setelah kita mengkonfirmasi #website kita selanjutnya adalah “mendandani” agar situs kita menjadi mudah terintergrasi dengan layanan Pinterest.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yang pertama dan paling praktis adalah memasang widget Follow and Pin pada situs kita. Dengan widget tersebut maka konsumen yang ada di situs bisa lebih dekat dengan akun Pinterest bisnis kita. Cara lain yakni dengan memasang fitur Pin it button, fitur ini akan membuat tiap pengunjung web bisa melakukan re-pin pada konten gambar yang ada di situs kita.

Perhatian setiap tips di atas dan jalankan sesuai dengan kebutuhan akun bisnis Anda. Terapkan dengan konsisten dan agar lebih manjur kombinasikan dengan upaya marketing di media sosial yang lain.



1 comment on this postSubmit yours
  1. artikel yang bermanfaat bagi banyak pengguna pinterest.
    terma kasih sudah di share

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud